x

Ranking AFF di FIFA dalam 10 Tahun Terakhir, Bagaimana Posisi Indonesia?

Selasa, 2 Juli 2019 18:15 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
Ranking AFF di FIFA dalam 10 tahun terakhir

INDOSPORT.COM – Dalam sepuluh tahun terakhir, terjadi pergeseran yang cukup mencolok dalam peringkat FIFA masing-masing negara AFF (Asia Tenggara). Bagi Indonesia, pergeseran ini tak bermakna positif mengingat peringkat Timnas Garuda yang merosot tajam.

Dilansir dari situs FOX Sports, Indonesia turun 22 peringkat sejak rilisan peringkat FIFA pada 3 Juni 2009. Saat itu, Indonesia menjadi negara ASEAN terbaik keempat dengan menempati nomor 138 dunia. Tim asuhan Simon McMenemy ini baru saja dipastikan turun ke peringkat 160 dunia usai kekalahan uji coba internasional melawan Yordania (11/6/19).

Indonesia menjadi salah satu dari empat negara AFF yang turun peringkat dalam satu dekade terakhir. Tiga negara lainnya adalah Singapura, Timor-Leste, dan Brunei Darussalam.

Baca Juga

Penurunan drastis terjadi dengan Singapura yang kini menempati peringkat 162. Negeri Singa memperlihatkan penurunan prestasi dan harus rela turun 28 peringkat. Selain itu, Brunei turun sepuluh peringkat (183 menjadi 193) dan Timor Leste turun dua peringkat menjadi nomor 200 dunia.

Tak hanya penurunan, ada juga yang stagnan dan meningkat pesat. Thailand dan Malaysia menunjukkan keunikan karena tak beranjak dari peringkatnya pada Juni 2009 lalu. Thailand bertahan di nomor 116 dan Malaysia tetap di peringkat 159.

Baca Juga

Peningkatan terjadi pada Vietnam, Filipina, Myanmar, Kamboja. Dua negara pertama melonjak tajam usai berhasil mengelola dengan baik tim nasional masing-masing.

Vietnam menjadi satu-satunya yang berada di posisi 100 besar saat ini dengan kenaikan 38 peringkat, tepatnya menduduki nomor 97 dunia. Filipina kemudian berada di belakangnya dengan naik 34 peringkat, dari 160 ke 126 dunia. Myanmar naik 17 peringkat dengan menduduki peringkat 138, serta Kamboja 10 peringkat dengan menempati nomor 169 dunia.

FIFAIndonesiaMalaysiaVietnamThailandSingapuraTimnas IndonesiaIndonesia - FIFABola InternasionalASEAN Football Federation (AFF)Sepak Bola

Berita Terkini