x

Calon Pemain Naturalisasi Indonesia Ini Pernah Permalukan Rashford di Man United

Jumat, 12 Juli 2019 16:54 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Jaell Hattu dan Marcus Rashford.

INDOSPORT.COM – Calon pemain naturalisasi Indonesia, Jaell Hattu nyatanya memiliki pengalaman berharga saat bermain bersama PSV Eindhoven U-19 beberapa tahun lalu. Karena ia pernah mempermalukan Marcus Rashford di Manchester United U-19.

Itu terjadi ketika PSV U-19 berhadapan dengan Manchester United U-19 di babak penyisihan grup UEFA Youth League 2015/16 lalu. Secara mengejutkan, PSV U-19 berhasil menghancurkan Setan Merah muda dengan skor telak 5-0.

Padahal saat itu, Manchester United U-19 masih diperkuat oleh bintang muda Liga Primer Inggris, Marcus Rashford. Sayangnya, pemain masa depan Timnas Inggris tersebut gagal menciptakan satupun gol ke gawang lawan.

Pada pertandingan yang berlangsung di Leigh Sports Village Stadium, Manchester, Jaell Hattu dipercaya untuk memainkan pertandingan selama 90 menit penuh. Kala itu ia dimainkan sebagai gelandang tengah.

Baca Juga

Meski tidak memberikan kontribusi berupa gol dan assist, pemain keturunan Indonesia tersebut memiliki peran yang krusial di lini tengah. Itu terbukti ketika sang pelatih lebih memilih menarik gelandang lain (Dante Rigo) keluar lapangan daripada harus mengganti Jaell Hattu.

Keputusan pelatih PSV U-19 saat itu, Geert Brusselers, cukup membuktikan bahwa Jaell Hattu mampu membuat lini tengah tim begitu seimbang. Itu terbukti ketika tak ada pemain Manchester United U-19 yang merusak pertahanan PSV U-19.

Jaell Hattu, calon pemain Timnas Indonesia yang disia-siakan oleh PSV Eindhoven ini, punya sejumlah kehebatan. Foto: Aaron van Zandvoort/Soccrates/Getty Images

Ini pun menjadi salah satu pengalaman dan prestasi yang cukup membanggakan bagi pemain yang memiliki darah Indonesia. Karena bukan hal muda membantai tim legendaris Inggris, yang juga diperkuat bintang muda mereka, Rashford.

Pengalaman itupun bisa menjadi nilai tambah Jaell Hattu di mata pecinta sepak bola Indonesia. Apalagi ia mengaku sudah siap menjalani proses naturalisasi untuk tampil di Timnas Indonesia.

Baca Juga

"Tentu saja (ingin dinaturalisasi dan gabung Timnas Indonesia). Tetapi tidak mudah untuk bergabung (Timnas)," ucap Jael Hattu kepada redaksi INDOSPORT.

Kembali ke pertandingan Manchester United U-19 vs PSV U-19, lima gol yang didapatkan tim tamu berhasil dilesatkan Albert Gudmundsson, Ramon Lundqvist, Dirk Abels, Sam Lammers, dan Joey Konings.

PSV U-19 sendiri hanya mampu melangkah hingga babak 16 besar di ajang UEFA Youth League 2015/16. Mereka harus disingkirkan AS Roma U-19 lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Manchester UnitedLiga EuropaPSV EindhovenNaturalisasiUEFA Youth LeagueMarcus RashfordBakat Muda IndonesiaJaell Hattu

Berita Terkini