x

Dari Yunan Helmi Hingga Jacksen Tiago, Ketika Geliat Pelatih Pengganti Liga 1 Bikin Hati Lega

Selasa, 16 Juli 2019 20:44 WIB
Editor: Coro Mountana
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, merangkul salah satu suporter Persipura di latihan perdana.

INDOSPORT.COM – Keberhasilan Jacksen F. Tiago memetik kemenangan bagi Persipura Jayapura menambah rapor positif bagi para pelatih pengganti Liga 1.

Jacksen F. Tiago yang baru saja kembali lagi ke Persipura Jayapura usai dipercaya untuk menggantikan posisi Luciano Leandro. Tadinya sempat ada kekhawatiran bagi pendukung Persipura, apakah sentuhan Jacksen masih tokcer atau tidak.

Baca Juga

Ternyata tim sekelas Madura United yang belum pernah kalah di Liga 1 mampu dilibas Persipura tadi sore di Stadion Mandala berkat gol tunggal Boaz Solossa. Berkat kemenangan itu, Persipura pun sukses menuai kemenangan perdananya di Liga 1.

Baca Juga

Tak pelak keberhasilan Jacksen semakin menambah deretan pelatih pengganti di Liga 1 yang sukses bikin hati lega. Selain Jacksen, masih banyak pelatih pengganti Liga 1 yang sukses menuai hasil positif di awal masa baktinya, bagaimana kisahnya?


1. Julio Banuelos – Persija Jakarta

Jumpa pers Persib Bandung jelang lawan Persija Jakarta yang dihadiri pelatih Julio Banuelos dan perwakilan pemain Tony Sucipto di Media Center Stadion GBK, Selasa (09/07/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Pertama ada Julio Baneulos yang baru saja datang menangani Persija Jakarta menggantikan Ivan Kolev. Meski baru masuk di awal musim ketika liga sudah dimulai, Julio sadar betul apa yang perlu diperbaiki dari Persija usai hancur lebur bersama Ivan Kolev.

Alhasil, Persija sempat dibuat tak terkalahkan di berbagai ajang dalam 5 laga awal sebelum akhirnya kalah juga 3-5 dari Tira-Persikabo tadi sore. Tiket final Kratingdaeng Piala Indonesia juga menjadi capaian membanggakan Julio Banuelos di awal petualangannya bersama Persija.

Yunan Helmi – Barito Putera

Yunan Helmi, pelatih Barito Putera

Selanjutnya ada Yunan Helmi yang ditunjuk oleh manajemen Barito Putera untuk mengambil posisi kursi pelatih yang kosong akibat ditinggal oleh Jacksen F. Tiago. Dengan cekatan Yunan Helmi pun menganalisa apa yang perlu diperbaiki Barito Putera.

Hasilnya mengejutkan, Barito Putera berhasil dibawa tak terkalahkan dalam 4 laga awal dengan catatan tak terkalahkan. Lebih menakjubkan lagi Barito Putera adalah karena bersama Yunan Helmi, mereka mampu memberi kekalahan perdana bagi calon juara Liga 1, Bali United.

Nilmaizar – Persela Lamongan

Pelatih Persela, Nilmaizar

Terakhir ada Nilmaizar yang ditunjuk untuk memperbaiki masalah yang ada di tubuh Persela Lamongan selama masa Aji Santoso kemarin. Nilmaizar awalnya sempat alami kesulitan dengan mengalami 2 kekalahan tandang di awal.

Tapi begitu main di kandang sendiri, Persela Lamongan sukses dibawa Nilmaizar meraih kemenangan untuk pertama kalinya di Liga 1. Kini Nilmaizar sedang menyasar kemenangan berikutnya bagi Persela Lamongan tentunya.

Mengganti pelatih di awal musim memang bukan kebijakan yang populis tapi jika itu membawa perbaikan yang baik, mengapa tidak. Setidaknya 4 pelatih pengganti Liga 1 tadi sudah membuat para pendukung masing-masing klub menjadi lega.

Barito PuteraPersija JakartaPersipura JayapuraNilmaizarPersela LamonganPelatihJacksen F. TiagoLiga IndonesiaYunan HelmiLiga 1Bola IndonesiaJulio Banuelos Saez

Berita Terkini