x

Clean Sheet Terbanyak Liga 1 2019: Konsistensi Wawan Hendrawan, Dwi Kuswanto Anomali

Kamis, 25 Juli 2019 17:34 WIB
Editor: Coro Mountana

INDOSPORT.COM – Salah satu statistik yang dapat menggambarkan bagus atau tidaknya seorang kiper di Liga 1 2019 adalah jumlah clean sheet.

Nirbobol atau clean sheet adalah sebuah statistik yang mencatat ketika seorang kiper mampu menjaga keperawanan gawangnya dari kebobolan. Di Liga 1 2019 sendiri, terhampar begitu banyak kiper-kiper yang sangat handal di bawah mistar gawang.

Baca Juga

Oleh karena itu, tak mengherankan Timnas Indonesia tidak pernah kehilangan sosok kiper yang dapat diandalkan. Setidaknya dalam kurun waktu 10 tahun terakhir selalu muncul sosok kiper tangguh yang bisa mengawal gawang Timnas Indonesia secara bergantian.

Mulai dari Kurnia Meiga, Andritany Ardhiyasa, Muhammad Ridho Djazulie, hingga Awan Setho merupakan deretan kiper yang handal. Mereka semua merupakan kiper yang sudah mendapatkan tempaan di Liga 1.

Baca Juga

Di Liga 1 2019 sendiri, telah lahir sejumlah kiper yang sanggup mencatatkan rekor clean sheet yang mengagumkan. Dari sekian banyak kiper berbakat yang ada di Liga 1 2019, siapa kiper yang miliki catatan clean sheet paling memesona?


1. Wawan Hendrawan

Wawan Hendrawan saat akan melawan PSIS

Pertama ada kiper Bali United, Wawan Hendrawan yang memiliki catatan clean sheet terbanyak bersama Dwi Kuswanto yaitu 4. Wawan Hendrawan adalah salah satu alasan di balik pertahanan yang sangat tangguh dari Bali United.

Dari 9 laga yang telah dimainkan, Bali United baru kebobolan sebanyak 7 kali saja di Liga 1 2019. Itu artinya tidak sampai satu gol bersarang di gawang Bali United yang dijaga oleh Wawan Hendrawan, atau kerap dijuluki sebagai spiderwan berkat ketangkasannya.

Segala pencapaian yang didapat oleh Wawan Hendrawan dalam 10 pekan pertama Liga 1 dapat dikatakan sebagai bentuk konsistensinya sebagai seorang kiper.

Seperti yang kita tahu salah satu syarat untuk menjadi kiper yang baik adalah konsistensi, sehingga bukan tak mungkin ia bakal dipanggil Timnas Indonesia.

Dwi Kuswanto

Dwi Kuswanto berhasil mengamankan bola ketika masih memperkuat Arema FC.

Memiliki catatan 4 clean sheet sama seperti Wawan Hendrawan, Dwi Kuswanto adalah anomali bagi kiper Bali United itu. Wawan Hendrawan adalah kiper pemegang rekor clean sheet terbanyak dengan berada di tim yang kebobolan sedikit.

Berbeda dengan Wawan, Dwi Kuswanto justru berada di Persela Lamongan yang miliki catatan kebobolan cukup banyak di Liga 1. Persela Lamongan tercatat telah kebobolan sebanyak 18 kali dalam 10 pekan Liga 1 2019.

Tapi sebenarnya itu bukan kesalahan Dwi Kuswanto, karena dalam 7 laga yang ia mainkan, Persela hanya kebobolan 7 gol saja. Berkaca pada statistik itu, bisa diambil kesimpulan kalau bukan Dwi Kuswanto kipernya, Persela bisa kebobolan lebih banyak lagi.


2. Muhammad Ridho Dzajulie

Penjaga gawang Madura United, Muhammad Ridho saat konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu (22/06/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Sejatinya Muhammad Ridho Dzajulie tidak hanya mencatatkan clean sheet sebanyak 3 kali saja, ada suatu alasan mengapa namanya masuk dalam daftar ini. Alasannya adalah rasio clean sheet yang dimiliki oleh Ridho menakjubkan.

Bisa dibayangkan, Ridho memang baru bermain dalam 5 laga bersama Madura United di Liga 1 2019. Tapi dirinya telah mencatatkan clean sheet sebanyak 3 pertandingan sehingga menjadikan rasionya mencapai 60%.

Jika dikulik lebih dalam, Ridho hanya kebobolan dua kali dalam 5 pertandingan yang ia jalani. Melihat statistik seperti itu, rasanya Ridho sedang mengincar posisi kiper utama Timnas Indonesia untuk menggeser Andritany Ardhiyasa.

Rivky Mokodompit

Kiper PSM Makassar, Rivky Mokodompit.

Rasio 60% yang dimiliki oleh Muhammad Ridho ternyata tidak apa-apanya dibanding dengan capaian kiper PSM Makassar, Rivky Mokodompit. Hanya tampil dalam 4 pertandingan, Rivky Mokodompit ternyata hanya kebobolan di satu laga saja.

Itu artinya sebanyak 3 pertandingan, Rivky Mokodompit catatkan clean sheet dengan rasio mencapai 75%. Di bawah arahan pelatih baru, Darije Kalezic, Rivky Mokodompit berkembang menjadi salah satu kiper yang tangguh di bawah mistar.

Sebenarnya saat PSM masih dilatih Robert Rene Alberts musim lalu, penampilan Rivky Mokodompit sudah menunjukan tanda-tanda yang baik.

Tapi musim ini tampak Rivky lebih matang lagi yang membuatnya bisa saja semakin dekat ke pemanggilan Timnas Indonesia berkat catatan clean sheet mengagumkan.

Persela LamonganPSM MakassarKiperMadura United FCBali UnitedLiga IndonesiaRivky MokodompitLiga 1Muhammad Ridho DjazulieWawan HendrawanFeatureBola IndonesiaShopee Liga 1

Berita Terkini