x

Sebelum Otavio Dutra, Ini 4 Bek Naturalisasi yang Pernah Bela Timnas Indonesia

Kamis, 25 Juli 2019 20:13 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
Otavio Dutra, pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM – Bek klub sepak bola Persebaya Surabaya, Otavio Dutra, selangkah lagi menyelesaikan proses naturalisasi dan mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI).

Otavio Dutra kini tinggal menunggu surat Keputusan Presiden (Keppres) dari Presiden Joko Widodo untuk penetapannya sebagai WNI.

Kehadiran Otavio Dutra sebagai pemain naturalisasi tentu memberi angin segar di lini pertahanan Timnas Indonesia jelang pertandingan pertama putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Malaysia, Kamis (05/09/19) mendatang.

Baca Juga

Otavio Dutra berpeluang langsung menjalani debut mengingat ia pernah dipanggil Simon McMenemy ketika menjalani pemusatan latihan di Australia, namun tidak ikut beruji coba melawan Myanmar karena terkendala proses naturalisasi yang belum rampung.

Bek berusia 35 tahun itu telah mengungkapkan keinginannya untuk membela Timnas Indonesia bahkan tidak menutup kemungkinan saat melawan Malaysia nanti.

"Kita sudah tau ada rivalitas tinggi. Tapi kita main di kandang dan coach bisa panggil saya ini harapan besar saya," ucap Otavio Dutra.

Baca Juga

Indonesia telah memiliki banyak pemain naturalisasi di berbagai lini, termasuk di sektor pertahanan. Sebelum Otavio Dutra, setidaknya sudah ada empat bek naturalisasi yang membela Timnas Indonesia.

Siapa sajakah mereka? Berikut portal berita olahraga INDOSPORT menghadirkan 4 bek naturalisasi yang pernah membela Timnas Indonesia sebelum Otavio Dutra.


1. Victor Igbonefo

Victor Igbonefo pada saat latihan bersama timnas di lapangan SUGBK, Jakarta.

Victor Igbonefo tercatat telah 10 kali membela Timnas Indonesia di ajang resmi. Ia mengawali debut pada Kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi.

Pemain yang kini berkiprah di Thai Premier League ini selalu tampil membela Timnas Indonesia melawan tim-tim kuat, antara lain Belanda, China, dan Kamerun.

Bek berusia 32 tahun ini terakhir dipanggil Timnas Indonesia saat uji coba melawan Islandia pada awal tahun 2018. Setelah itu, ia jarang lagi mendapatkan panggilan Timnas Indonesia.

Baca Juga

Bio Paulin

Bek tengah naturalisasi Bio Paulin saat jalani latihan.

Resmi dinaturalisasi pada 23 Maret 2015, Bio Paulin menjalani debut bersama Timnas Indonesia beberapa hari setelahnya dalam uji coba melawan Myanmar.

Debut Bio Paulin berjalan manis sebab Timnas Indonesia mengalahkan Myanmar dengan skor 2-1. Gol tim asuhan Benny Dollo kala itu dicetak Raphael Maitimo dan Cristian Gonzales.

Debut Bio Paulin rupanya merupakan penampilan terakhirnya bersama Timnas Indonesia. Setelah itu, ia tidak pernah lagi tampil bersama Timnas Indonesia.


2. Raphael Maitimo

Raphael Maitimo dan Robin van Persie

Raphael Maitimo memang berposisi sebagai gelandang bahkan pernah dimainkan sebagai striker. Namun demikian, siapa sangka debutnya bersama Timnas Indonesia ternyata berposisi sebagai bek sayap.

Pemain keturunan Belanda ini tampil pertama kali pada Piala AFF 2012 saat menghadapi Laos. Ia langsung mencetak gol di laga debut lewat sundulan kepala.

Raphael Maitimo tercatat mengemas 12 penampilan bersama Timnas Indonesia dan berhasil mencetak 3 gol. Penampilan terakhir terjadi 30 Maret 2015 saat beruji coba melawan Myanmar.

Baca Juga

Diego Michiels

Nama Diego Michiels naik ketika membawa Timnas Indonesia U-23 meraih perak di SEA Games 2011. Ia ternyata juga tercatat pernah membela Timnas Senior.

Diego Michiels dua kali membela Timnas Indonesia. Salah satu penampilannya adalah ketika Timnas Indonesia kalah telak 0-10 melawan Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Bio Paulin PierreDiego MichielsRaphael MaitimoVictor IgbonefoNaturalisasiTimnas IndonesiaOtavio DutraBola InternasionalTRIVIABola Indonesia

Berita Terkini