x

Perjalanan Calon Pemain Naturalisasi Joey Pelupessy, dari Timnas Belanda Hingga Gabung Klub Liga Inggris

Jumat, 26 Juli 2019 17:32 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pemain berdarah Indonesia Joey Pelupessy, sata memperkuat klub Liga Inggris Sheffield Wednesday.

INDOSPORT.COM - Kembali menjadi sorotan sebagai pemain yang dirumorkan akan dinaturalisasi Indonesia, Joey Pelupessy pernah memperkuat Timnas Belanda hingga klub Liga Inggris.

Nama pemain berdarah Indonesia Joey Pelupessy kembali menjadi sorotan setelah namanya masuk dalam daftar delapan pemain yang disebut media Vietnam akan segera dinaturalisasi Indonesia.

Tersiarnya nama Joey Pelupessy sendiri sebenarnya bukan hal baru. Namanya pernah disebut-sebut akan dinaturalisasi Timnas indonesia, setelah masuk rilis Kementrian Pemuda Olahraga (Kemenpora), sebagai yang bisa dinaturalisasi karena memiliki darah keturunan Indonesia. 

Baca Juga

Hingga kini, kabar tersebut memang masih terus menjadi rumor belakang. Belum ada kabar terbaru apakah pemain sepak bola yang kini bermain di Liga Inggris itu akan segera menjalani proses naturalisasi.

Padahal jika sampai benar akan dinaturalisasi, akan menjadi sebuah keuntungan buat Timnas Indonesia. Mengingat Joey Pelupessy memiliki catatan dan perkembangan karier yang sangat menjanjikan.

Timnas Belanda Hingga Liga Inggris

Lahir di Nijverdal, Belanda 15 May 1993, Joey Pelupessy mengawali kariernya di tim junior U-17 FC Twente pada Juli 2010. 

Berposisi sebagai gelandang bertahan, karier Joey Pelupessy terus meranjak hingga terus naik ke tim U-19, U-20, U-21 dan menembus tim senior Twente di musim 2012/13.

Karier cemerlang Joey Pelupessy di level junior, membuatnya mendapatkan panggilan Timnas Junior Belanda. Di Timnas U-18 dirinya sempat main enam kali, dan dua kali masing-masing di Timnas U-19 dan U-20.

Bersama Twente, Joey Pelupessy sempat tiga kali bermain di Eredivisie Belanda. Setahun berselang saat Twente terdegradasi ke divisi dua atau Jupiler League dirinya bahkan menjadi andalan dnegan koleksi 30 caps selama semusim.

Peningkatan penampilan itupu layang kemudian membuat Joey Pelupessy disunting klub sepak bola Belanda lainnya Heracles Almelo.

Baca Juga

Di Heracles Almelo, Joey Pelupessy pun menjadi andalan di Eredivisie 2015/16. Dua Caps di Europa League pun sempat dilakoninya semusim berselang.

Semakin matang bersama Heracles, di usia tahun, Joey Pelupessy mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan karier di Liga Inggris, bersama klub Championship Sheffield Wednesday.

Dua musim di Sheffield Wednesday, total 50 caps berhasil dikemasnya di Divisi Championship, dua di Piala FA dan total satu gol serta dua asist berhasil disumbangkannya hingga kini.

BelandaSheffield WednesdayNaturalisasiHeracles AlmeloTwenteLiga InggrisBola InternasionalLiga BelandaSepak Bola

Berita Terkini