x

3 Fakta Harvey Elliott, Pemain Baru Liverpool yang Serupa Gareth Bale

Minggu, 28 Juli 2019 18:26 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM - Masih berusia muda, pemain baru Liverpool Harvey Elliott disebut-sebut serupa Gareth Bale dan juga memiliki fakta-fakta menarik lainnya.

Liverpool secara resmi mengumkan Harvey Elliott sebagai pemain rekrutan barunya di bursa transfer musim panas 2019 ini, Minggu (28/07/19).

Baru berusia 16 tahun, nama Harvey Elliott memang belum banyak diketahui para penggemar klub asal Merseyside tersebut. Namun dengan skill dan beberapa catatan rekor yang dimilikinya, rasannya optimisme tinggi layak diganungkan suporter Liverpool terhadapan sosok Harvey Elliott.

Baca Juga

Beberapa alasan bisa menjadi pertimbangan tersebut, mulai dari gaya bermainnya yang serupa bintang asal Wales, Gareth Bale. Hingga catatan rekor yang hingga kini masih dipegangnya. Maka dari itu, untuk lebih mengenal siapa sosok Harvey Elliott, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkumkan tiga faktanya.


1. The Next Gareth Bale

Harvey Elliott Jadi Pesepak bola Termuda di Liga Inggris.

Berposisi sebagai winger, Harvey Elliott diketahui mengidolakan sosok bintang asal Wales Gareth Bale. Dan entah sebuah kebetulan atau tidak, posisi dan gaya bermain pemuda asal London itu memang serupa dengan apa yang ditunjukan Bale.

Mengandalkan kaki kiri, Harvey Elliott fasih ditempatkan pada posisi sayap, kanan maupun kiri. Gaya permainannya pun serupa, Harvey Elliott senang melakukan aksi soloran yang diakhiri tusukan ke kotak penalti lawan, selain juga dirinya cakap dalam mencetak gol.

“Dia pemain dengan dribel yang hebat, dia juga sangat tajam dan memiliki (kemampuan) kaki yang bagus,” kata Danny Murphy, legenda Liverpool yang juga pernah menjadi kapten Fulham, dinukil dari Goal.

Baca Juga

Selain itu kesamaan lainnya Harvey Elliott dengan Bale adalah dirinya sudah merasakan bermain sepak bola di tim utama, saat dirinya belum menginjak usia 17 tahun.

Rekor Liga Primer Inggris

Bicara mengenai bermain di tim utama sebelum usia 17 tahun. Hal itu juga terasa spesial untuk Harvey Elliott. Karena saat dipercaya bermain di tim utama klubnya terdahulu, Fulham, membuat dirinya memegang rekor sebagai pemain termuda yang pernah bermain di Liga Primer Inggris.

Itu terjadi pada 4 Mei 2019 dalam laga Wolves vs Fulham. Saat itu Harvey Elliott yang berusia 16 tahun 30 hari dipercaya bermain pada menit ke-88 mengantikan Andre-Frank Zambo Anguissa.

Setelah debutnya itu, bersama Fulham secara keseluruhan Harvey Elliott mampu mencatatkan tiga caps. Termasuk juga di tiga lainnya namanya masuk daftar pemain cadangan, meski tak diturunkan.

Andalan Timnas Junior Inggris

Dengan skil yang dimilikinya, Harvey Elliott bukan hanya dipercaya tampil di tim senior meski usainnya masih snagat muda. Namun di level Timnas, dirinya juga terus menjadi andalan.

Harvey Elliott diketahui sudah merasakan berseragam Timnas Inggris sejak U-15, berturut-turut ke U-16 dan U-17. Bermain dengan delapan caps, yang diantaranya di Piala Eropa U-17, Harvey Elliott mampu melesatkan total lima gol secara keseluruhan di tiga level umur tersebut.

Bursa TransferLiverpoolInggrisGareth BaleFulhamLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini