x

Menerka Formasi Timnas Indonesia dengan 3 Pemain Naturalisasi Baru yang Ditakuti Vietnam-Malaysia

Minggu, 4 Agustus 2019 12:58 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
Osas Saha, Marc Klok, Otavio Dutra dan reformasi untuk Timnas Indonesia. Grafis: Indosport.com

INDOSPORT. COM - Timnas Indonesia sepertinya akan punya sebuah formasi maut bersama sejumlah pemain naturalisasi baru. Seperti apa kira-kira rupanya?

Nama Timnas Indonesia belakangan disorot oleh negara-negara tetangga kawasan Asia Tenggara. Vietnam dan Malaysia contohnya, mereka mengawasi pergerakan Timnas Indonesia dalam melakukan kebijakan naturalisasi.

Media Vietnam, Dantri, mencermati kiprah pemain naturalisasi yang kini merumput bersama Tira Persikabo, Osas Saha. Menurut Dantri, Osas merupakan tipe pemain yang memiliki kecepetan dan wajib diwaspadai Vietnam.

Osas Saha saat melakukan selebrasi.
Baca Juga

Sementara media Malaysia, Vocketfc, memberikan sorotan kepada dua nama, Otavio Dutra dan Marc Klok. Menurut Vocketfc, Dutra yang segera disusul Klok, akan segera merampungkan proses naturalisasi dan dimainkan Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Penampilan gemilang Otavio Dutra bersama Persebaya diharapkan terus terjaga hingga bisa menjadi panutan dan inspirasi kepada pemain muda.

Melihat sorotan yang diberikan, ketiga nama pemain naturalisasi tadi mungkin punya makna spesial. Ketiganya bukan mustahil akan memberikan kontribusi luar biasa kepada Timnas Indonesia.

Pertanyaannya, bagaimana kira-kira rupa formasi Timnas Indonesia jika jadi dibela oleh Osas Saha, Dutra, dan Klok? Berikut INDOSPORT coba menerkanya ke dalam rangkuman ini.

Formasi Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia, Simon Mcmenemy saat memasuki lapangan pada ofisial training jelang laga uji coba melawan Timnas Vanuatu di Stadion GBK, Jakarta, Jumat (14/06/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Timnas Indonesia belakangan santer dikabarkan akan mendapat amunisi baru dari para pemain naturalisasi. Setidaknya ada tiga nama yang jadi sorotan belakangan, yakni Osas Saha, Klok, dan Dutra.

Andai ketiganya benar jadi memperkuat Timnas Indonesia, sepertinya akan ada sebuah skema anyar yang diterapkan pelatih Simon McMenemy. Osas, Klok, serta Dutra, bakal mendapat perannya masing-masing di barisan pemain inti.

McMenemy dalam tiga laga uji coba terakhir, mencoba untuk memakai skema 3-4-3. Hasilnya, Timnas Indonesia menang sekali atas Myanmar 2-0, dan dibantai 1-4 oleh Yordania.

Skema ini pun mungkin akan tetap dipakai McMenemy ketika nanti diperkuat oleh para pemain naturalisasi baru. McMenemy ingin mengusung pola permainan menyerang yang juga bertumpu pada keseimbangan lini tengah serta belakang.

Baca Juga

Pada posisi penjaga gawang, nama Andritany Ardhiyasa nampaknya masih akan jadi pilihan utama. Peran Andritany di bawah mistar gawang, bakal dibantu oleh tiga bek, Otavio Dutra, Yanto Basna, dan Hansamu Yama.

Berlanjut sektor tengah, Klok kemungkinan besar akan mendapat tempat utama. Klok yang berperan sebagai gelandang box to box, nampak cocok bila diduetkan dengan sosok yang lebih bertahan, seperti Rizky Pellu.

Marc Klok, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia.

Peran pemain tengah, akan didukung pula oleh dua sayap yang tugasnya aktif menyerang dan juga membantu pertahanan. Kedua pemain sayap mungkin cocok bila diberikan kepada Ruben Sanadi di kiri, dan Novri Setiawan di sisi kanan.

Tiga nama terakhir yang mengisi lini serang, sepertinya layak bila diberikan kepada Osas Saha, Riko Simanjuntak dan Beto Goncalves. Osas Saha dan Riko lebih banyak bergerak di sektor sayap, lalu Beto akan menjadi juru gedor yang mencari ruang di kotak penalti.

Formasi Timnas Indonesia dengan tambahan pemain naturalisasi.

Begitulah perkiraan versi INDOSPORT terkait formasi Timnas Indonesia bila jadi memanggil tiga pemain naturalisasi baru. Tinggal ditunggu saja, bagaimana kiprah Simon McMenemy selanjutnya, memanggil Osas Saha, Dutra, dan Klok sekaligus?

Osas SahaTimnas IndonesiaOtavio DutraLiga IndonesiaMarc KlokBola Indonesia

Berita Terkini