x

Profil Tim LaLiga Spanyol 2019/20: Real Mallorca, Menjawab Penantian Enam Musim

Rabu, 14 Agustus 2019 08:40 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Profil tim RCD Mallorca.

INDOSPORT.COM – Berikut ini merupakan profil tim LaLiga Spanyol 2019/20 yang baru saja promosi, Real Mallorca, setelah menanti enam musim lamanya di kasta bawah.

Momen dramatis harus dilalui oleh Real Mallorca untuk promosi ke LaLiga Spanyol 2019/20 mendatang. Mereka mengalahkan salah satu tim historis di sepak bola Spanyol, Deportivo La Coruna pada babak final play-off promosi, 26 Juni 2019 lalu.

Real Mallorca memastikan satu tiket promosi ke LaLiga Spanyol 2019/20 usai mengalahkan Deportivo La Coruna dengan skor 3-0 di pertandingan leg kedua final play-off di Son Moix.

Baca Juga

Sungguh dramatis, karena Mallorca harus kalah 2-0 di markas Deportivo La Coruna pada leg pertama final play-off. Namun mereka bisa membalikkan dan mengamankan tiket ke LaLiga 2019/20.

Menanti enam tahun lamanya dan sekarang bisa kembali lagi ke kasta teratas sepak bola Spanyol, usai terakhir kali mentas di LaLiga Spanyol pada musim 2013/14 lalu, tentu ini sebuah kabar gembira.

Kabar gembira bukan hanya dirasakan oleh para fans Mallorca, tapi seluruh pecinta sepak bola dunia juga merasa antusias. Banyak yang penasaran melihat kiprah tim yang sejak musim 1997/98 hingga 2012/13 lalu itu mewarnai LaLiga Spanyol.

Baca Juga

Ya, Mallorca sejak musim 1997/98 selama 16 tahun berturut-turut memang turut meramaikan kompetisi teratas sepak bola Spanyol. Bahkan mereka pernah menggebrak dunia sepak bola, dengan empat kali berada di lima besar klasemen akhir LaLiga kala itu (1997/98, 1998/99, 2000/01 dan 2009/10).

Kembali ke kasta teratas sepak bola Spanyol, Real Mallorca pun mencoba membangun tim mereka dengan mendatangkan sebanyak 10 pemain anyar di bursa transfer musim panas 2019. Lima dari 10 pemain anyar tersebut bermain di posisi lini serang. Dengan sisanya dua bek tengah, satu bek kiri dan dua pemain gelandang tengah. 

Melihat dari aktivitas belanja Real Mallorca di bursa transfer, mereka mempermanenkan para pemain yang dipinjam sepanjang LaLiga2 musim 2018/19 lalu. Kita lihat saja, striker asal Kroasia, Ante Budimir yang dipermanenkan dari FC Crotone. Budimir musim lalu tampil sebanyak 18 kali starter dengan mencetak lima gol.

Baca Juga

Cerita yang sama dengan centre back asal Slovakia, Martin Valjent yang juga dipermanenkan setelah musim lalu dipinjam dari Chievo Verona. Musim lalu, Valjent memperkuat Mallorca sebanyak 29 pertandingan sebagai starter di LaLiga2.

Selain mempertahankan para pemain pinjaman yang punya peran besar dalam tiket promosi Real Mallorca ke LaLiga 2019/20, klub juga memperpanjang kontrak manajer Vicente Moreno hingga 2022 mendatang.

Melihat kebijakan manajemen klub mempermanenkan para pemain yang punya andil besar dalam promosinya mereka, dan juga telah memainkan semua laga pra musim, Vicente Moreno merasa yakin dengan skuat yang dimiliki.

"Kami tidak sabar memulai liga pekan ini menghadapi Eibar. Kami tahu akan ada tim-tim yang lebih mapan di depan kami, dan kami harus menembus batas kemampuan kami. Tapi kami yakin dan sangat senang untuk bekerja dengan para pemain ini, mereka selalu memberikan segalanya," ucap Moreno di situs resmi klub.

Baca Juga

Ya, Real Mallorca akan menghadapi klub semenjana lainnya, yakni Eibar di pekan pertama LaLiga Spanyol 2019/20. Menghadapi klub yang musim lalu hanya bertengger di urutan ke-12, tentu akan menjadi ujian pertama yang cukup berimbang untuk Mallorca.

Berikut kami sudah rangkum segalanya tentang Real Mallorca menyambut musim berat di LaLiga Spanyol 2019/20, mulai dari taktik, skuat, pelatih hingga pemain yang akan bersinar musim depan.


1. Bedah Taktik dan Skuat Real Mallorca

Tim RCD Mallorca tengah bahagia berhasil mengamankan tiket promosi LaLiga Spanyol.

Melihat dari pergerakan mereka di bursa transfer, Real Mallorca tentu mengharapkan adanya konsistensi yang berkelanjutan pasalnya komposisi skuat mereka tidak banyak berubah dari musim lalu.

Kiper yang sudah cukup veteran, Manolo Reina nampaknya akan diberikan kesempatan untuk mengawal gawang Real Mallorca di LaLiga Spanyol 2019/20 mendatang. Mengingat sepanjang pra musim, dirinya sering diturunkan.

Sementara untuk posisi di jantung pertahanan, Real Mallorca memiliki empat bek tengah yang bisa dipakai secara bergantian. Hanya Martin Valjent yang sejauh pra musim dipercaya sering mengisi jantung pertahanan.

Pemain RCD Mallorca merayakan kemenangan melawan Depotivo Coruna di Iberostar Stadium.

Duet Valjent di jantung pertahanan pun terus bergantian, dua pertandingan persahabatan terakhir, Antonio Raillo bahkan dipasang dan memegang ban kapten. Padahal musim lalu, bek tengah senior mereka, Xisco Campos mengemban tanggung jawab tersebut.

Sementara di barisan pertahanan sisi sayap, bek kiri anyar dari Sporting Lisbon yakni Lumor Agbenyenu mulai dipercaya oleh Vicente Moreno. Dia baru saja gabung pada tanggal 12 Juli 2019 lalu, dengan status pinjaman semusim.

Baca Juga

Bergeser ke lini tengah, Aleix Febas yang didatangkan dari Real Madrid Castilla patut diberi kesempatan untuk unjuk gigi di Real Mallorca. Belum lagi para gelandang yang sudah perkuat tim musim lalu, seperti Iddrisu Baba, Salva Sevilla dan Dani Rodriguez.

Real Mallorca juga mendatangkan gelandang serang yang sudah cukup berpengalaman di sepak bola Spanyol, yaitu Josep Sene yang didatangkan dari Cultural Leonesa. Sene juga sudah pernah tampil di LaLiga Spanyol bersama Celta Vigo pada musim 2015/16 dan 2016/17 lalu.

Lini depan juga tampak sangat sesak, di mana beberapa penyerang anyar didatangkan oleh Real Mallorca guna mengatasi sengitnya LaLiga Spanyol 2019/20. Ada Ante Budimir yang dipermanenkan, Aleksandar Trajkovski yang berposisi second striker didatangkan dari Palermo.

Ada Alex Alegria yang didatangkan dari klub LaLiga Spanyol, Real Betis. Pengalamannya dipinjamkan ke klub-klub di berbagai kasta sepak bola Spanyol, membuatnya memiliki pengalaman yang dibutuhkan oleh Mallorca.

Baca Juga

Daftar Skuat Real Mallorca di LaLiga Spanyol 2019/20:

Kiper: Manolo Reina, Miquel Parera

Bek: Martin Valjent, Aleksandar Sedlar, Antonio Raillo, Xisco Campos, Lumor Agbenyenu, Pierre Cornud, Joan Sastre, Fran Gamez

Gelandang: Aleix Febas, Dani Rodriguez, Iddrisu Baba, Marc Pedraza, Salva Sevilla, Josep Sene

Penyerang: Lago Junior, Ariday Cabrera, Sergio Moyita, Aleksandar Trajkovski, Pablo Chavarria, Ante Budimir, Igor Zlatanovic, Alex Alegria, Abdon Prats


2. Pelatih dan Rising Star Real Mallorca di LaLiga Spanyol 2019/20

Vicente Moreno pelatih Mallorca.

Pelatih: Vicente Moreno

Melihat penampilan Real Mallorca sejak ditangani oleh Vicente Moreno di musim panas 2017 lalu hingga berbuah promosi ke LaLiga Spanyol 2019/20, nampaknya keputusan manajemen mempertahankannya cukup tepat.

Moreno merupakan mantan pemain sepak bola di Spanyol yang di awal kariernya pernah bermain untuk Valencia. Namun dia tak mampu menembus skuat senior Valencia di peridode 1995-1998.

Hingga pada musim panas 1998, dirinya menerima pinangan klub semi profesional yaitu Ontinyent FC. Hanya bertahan semusim, klub semenjana lainnya jadi pelabuhan Moreno yakni Guadix FC.

Baca Juga

Semusim bersama Guadix FC, Moreno pindah ke Xerez CD pada musim panas 2000. Dan dia bertahan hingga 2011 sebagai pemain di Xerez sebelum memutuskan untuk pensiun.

Karier kepelatihannya pun dimulai bersama Xerez saat dirinya ditunjuk menjadi asisten manajer klub musim 2011/12, Juan Merino. Saat Merino dipecat pada paruh musim, dirinya pun naik menjadi manajer Xerez.

Hanya bertahan satu setengah musim hingga musim panas 2012 di Xerez, Moreno memutuskan untuk mengembangkan sayapnya dengan berlabuh ke Gimnastic. Di klub kasta ketiga itu, dia melatih selama tiga tahun dari 2013 hingga 2016 lalu.

Baca Juga

Setahun berselang, Real Mallorca menunjuknya dan kini berbuah manis. Promosi kembali ke LaLiga Spanyol setelah menanti enam tahun lamanya di kasta terbawah.

Pelatih yang sama dengan musim lalu, memang wajar para pemain yang punya kontribusi besar atas tiket promosi ke LaLiga Spanyol 2019/20 dipertahankan oleh manajemen klub Real Mallorca.

Calon Pemain Bintang: Aleix Febas

Aleix Febas gelandang Mallorca.

Berhasil mendatangkan seorang pemain muda berbakat yang baru berusia 23 tahun dalam diri Aleix Febas mungkin banyak yang menyebut bahwa Real Mallorca sangat beruntung.

Bagaimana tidak, mengawali karier di akademik klub lokal asal Catalonia yaitu Lleida Youth, Febas berani mengasah mentalnya dengan menerima pinangan Real Madrid U-17 yang tertarik dengan bakatnya pada tahun 2009 silam.

Dia pun terus mengalami peningkatan hingga dipromosikan ke Real Madrid Castilla pada tahun 2015 lalu. Dia bahkan pernah tampil selama tiga musim di kompetisi UEFA Youth League, semacam Liga Champions untuk level junior bersama Real Madrid.

Musim 2013/14, 2014/15 dan 2015/16, Febas mencatat 20 penampilan dan mencetak sebanyak lima gol dan dua assist di kompetisi junior sepak bola Eropa itu.

Tapi Aleix Febas yang menginginkan jam terbang di skuat utama harus rela meninggalkan Real Madrid dan dipinjamkan ke berbagai klub kasta bawah, yang tentu tidak jauh berbeda dengan Mallorca sekarang.

Baca Juga

Sempat bermain untuk Real Madrid Castilla, Real Zaragoza, Albacete hingga pindah secara permanen dan gratis ke Real Mallorca, Febas punya catatan menarik. Yakni, di usianya yang baru menginjak 23 tahun, dirinya sudah mencatat lebih dari 150 penampilan di kompetisi resmi sepak bola Spanyol.

Penampilannya tentu sangat dinantikan, apalagi Aleix Febas pastinya memiliki hasrat untuk membuktikan bakatnya yang tenggelam bersama Real Madrid. Menarik untuk dilihat.

Starting profil tim RCD Mallorca.

Prediksi Formasi Real Mallorca (4-4-2):

Manolo Reina; Joan Sastre, Martin Valjent, Antonio Raillo, Lumor; Iddrisu Baba, Salva Sevilla, Dani Rodriguez, Aleix Febas; Lago Junior, Ante Budimir

Real MadridBarcelonaLaLiga SpanyolSegunda Division SpanyolReal MallorcaLiga SpanyolprofilSepak Bola

Berita Terkini