x

Mengenal Stephanie Frappart, Wasit Perempuan di Piala Super Eropa Liverpool vs Chelsea

Kamis, 15 Agustus 2019 07:15 WIB
Editor: Coro Mountana
Wasit wanita asal Prancis, Stephanie Frappart saat memimpin jalannya pertandingan. Foto: FRANCK FIFE/AFP/Getty Images

INDOSPORT.COM – Bukan Liverpool atau Chelsea, melainkan sosok Stephanie Frappart yang mendadak menyita perhatian usai menjadi wasit di Piala Super Eropa, siapa dia?

Liverpool baru saja mengangkat trofi Piala Super Eropa 2019 usai mengalahkan Chelsea dalam drama adu penalti. Jalannya laga sendiri berlangsung dengan sangat ketat di mana kedua tim saling membalas gol.

Baca Juga

Selama 120 menit yang termasuk babak tambahan, Liverpool dan Chelsea bertanding sama kuat 2-2. Di babak adu penalti, kiper gratisan Liverpool, Adrian mendadak menjadi pahlawan usai menggagalkan penalti Tammy Abraham, The Reds menang 5-4.

Baca Juga

Meski yang menang adalah Liverpool, sejatinya sosok yang sukses mencuri perhatian para pecinta sepak bola adalah wasit Stephanie Frappart. Siapa sebenarnya Wasit perempuan pertama di Piala Super Eropa itu?


1. Siapa Stephanie Frappart?

Wasit wanita asal Prancis, Stephanie Frappart saat memimpin jalannya pertandingan. Foto: FRANCK FIFE/AFP/Getty Images

Lahir di Prancis pada 14 Desember 1983, Stephanie Frappart tumbuh dan berkembang sebagai wasit perempuan pencetak sejarah sebagai yang pertama memimpin di Piala Super Eropa. Saat ditunjuk menjadi wasit Piala Super Eropa, Stephanie Frappart mengaku senang dapat memimpin laga sebesar itu.

“Saya sangat senang dan itu benar-benar sebuah kejutan. Saya harap ini akan menjadi contoh bagi wasit perempuan dan bagi setiap gadis muda yang mungkin memiliki cita-cita sama,” ungkap Frappart di laman resmi UEFA.com.

Frappart sendiri jatuh cinta pada dunia wasit sepak bola saat masih remaja. Tepatnya pada usia 13-14 tahun, Frappart mulai tertarik dengan aturan permainan dan mulai mempelajarinya.

Baca Juga

Jika menilik rekam jejaknya, sejatinya Frappart sudah memiliki jam terbang tinggi dalam memimpin pertandingan besar dengan tensi tinggi. Frappart diketahui sempat memimpin final Piala Dunia Wanita awal tahun ini.

Selain itu, ia juga dikenal sebagai perempuan pertama yang mengadili ajang Ligue 1 Prancis antara Amiens vs Strasbroug. Berbekal pengalaman itu, Frappart pun bisa dikatakan sukses dalam mengadili duel Liverpool vs Chelsea.

Meski beberapa keputusannya sempat dipertanyakan karena kerap dianggap terlambat tapi secara keseluruhan ia masih bisa mengendalikan jalannya pertandingan. Keberhasilan Frappart tentu tak lepas dari para asistennya.

Uniknya para asistennya dalam duel Liverpool vs Chelsea merupakan perempuan juga. Mereka adalah Manuela Nicolosi dan Michelle O’Neill yang juga dibantu oleh wasit berpengalaman Cuneyt Cakir sebagai ofisial keempat.

LiverpoolChelseaWasitPiala Super EropaIn Depth SportsWasit Perempuan

Berita Terkini