x

Tren Debutan Liga Champions Jebolan Playoff, Akankah Berlanjut Musim Ini?

Rabu, 21 Agustus 2019 17:11 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
Klub dari Rusia Krasnodar dan Lask Linz dari Austria.

INDOSPORT.COM - Dari musim ke musim, Liga Champions Eropa selalu mampu menghadirkan tim debutan. Apakah musim ini akan kembali terulang?

Sejak musim 2009/10, di Liga Champions Eropa selalu ada minimal satu klub debutan yang berhasil menembus babak utama fase grup lewat jalur playoff. 

Musim lalu bahkan ada dua klub sekaligus yang berhasil menjalani debut di Liga Champions 2018/19, yakni klub asal Swiss BSC Young Boys dan wakil Serbia, Crvena Zvezda.

Di musim ini, peluang untuk munculnya dua debutan di Liga Champions kembali terbuka. Karena setelah melewati kualifikasi pertama, kedua, ketiga, hingga kini babak playoff, masih tersisa dua klub yang belum sekalipun pernah berkiprah di Liga Champions. Yaitu Krasnodar dari Rusia dan LASK Linz dari Austria.

Baca Juga

Krasnodar

Berstatus sebagai runner-up Liga Rusia 2018/19, Krasnodar mengawali perjuangannya menembus Liga Champions 2019/20 dari babak kualifikasi ketiga.

Lawan berat pun langsung dihadapi Kransnodar saat itu, yakni klub yang sudah malang melintang di Eropa, FC Porto.

Sempat kalah di kandang sendiri dengan skor tipis 0-1, Krasnodar kemudian mampu mengejutkan dengan berhasil meraih kemenangan 3-2 di kandang FC Porto. Hasil ini sekaligus membuat mereka melaju ke babak playoff dengan keunggulan produktivitas gol tandang.

Berkaca pada hasil tersebut, meski tak mudah, di atas kertas semestinya Krasnodar bisa melanjutkan tren positifnya di babak playoff nanti, untuk menjadi klub debutan di Liga Champions 2019/20. 

Karena lawan yang akan dihadapinya adalah Olympiakos, klub yang relatif tak memiliki nama besar melebihi FC Porto.

Baca Juga

LASK Linz 

Selayaknya Krasnodar, LASK Linz yang juga berstatus runner-up Liga Austria 20118/19, mengawali perjuangannya menembus babak utama Liga Champions 2019/20 mulai dari babak kualifikasi ketiga.

Di babak itu, klub yang dihadapi LASK Linz juga memiliki pengalaman dan kualitas yang sebenarnya relatif lebih unggul, FC Basel.

Namun secara mengejutkan, LASK Linz berhasil tampil dominan dengan memenangkan dua pertandingan yang dilalui pada babak itu. Baik laga tandang yang berujung kemenangan 2-1 dan juga laga kandang dengan skor 3-1.

Sayangnya kesempatan LASK Linz untuk menjadi debutan Liga Champions 2019/20 menjadi cukup sulit, seiring kekalahan yang mereka dapat di leg pertama fase playoff melawan Club Brugge dengan skor 0-1. Padahal laga tersebut berlangsung di kandang mereka sendiri, Stadion Linzer.

Namun kesmepatan LASK Linz belum sepenuhnya tertutup untuk menjadi debutan Liga Champions 2019/20. Mereka masih bisa berharap kembali bisa menghadirkan kejutan di leg kedua playoff, yang akan dihelat pada Kamis (28/08/19).

Untuk itu, menarik untuk menanti, apakah LASK Linz dan juga Krasnodar bisa berbicara banyak dan melanjutkan tren klub debutan yang selalu hadir tiap musimnya di babak utama fase grup Liga Champions Eropa.

Berikut Daftar Klub Debutan Liga Champions Lewat Jalur Playoff Sejak Musim 2009/10

Liga ChampionsFC PortoClub BruggeKualifikasi Liga ChampionsPlayoff Liga ChampionsKrasnodarBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini