x

Faktor Wasit Asal China Buat Timnas Indonesia Bakal Bisa Kalahkan Thailand?

Selasa, 10 September 2019 16:56 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Wasit asal China, Ma Ning akan memimpin laga antara Timnas Indonesia vs Thailand dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - Setidaknya ada satu faktor yang tampaknya membuat Timnas Indonesia bakal mudah mengalahkan Thailand, yakni kepemimpinan wasit asal China.

Duel sengit antara Timnas Indonesia vs Thailand akan menghiasi lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/09/19), pukul 19.30 WIB.

Timnas Indonesia dan Thailand sejauh ini belum merasakan kemenangan di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Timnas Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia sedangkan Thailand imbang 0-0 dari Vietnam.

Baca Juga

Jelang pertandingan nanti malam, diketahui laga Timnas Indonesia vs Thailand bakal dipimpin oleh wasit asal Tiongkok (China), yakni Ma Ning.

Ma Ning merupakan wasit sepak bola kelahiran 14 Juni 1979 silam dan telah memperoleh lisensi FIFA sejak 2011 silam. Kompetisi Liga Champions Asia, Piala Asia, dan Kualifikasi Piala Dunia (sejak 2017) telah dipimpinnya.

Debut perdananya di level internasional terjadi saat memimpin Semen Padang vs VB Addu di Piala AFC 2011. Namun saat itu dirinya hanya menjadi wasit keempat.

Baca Juga

Sedangkan kala menjadi wasit utama, Ma Ning saat itu memimpin laga Vietnam vs Filipina di piala AFF 2012. Bahkan pada 2019, Ma Ning sudah memimpin 11 laga (enam di Liga Champions Asia).

Wasit yang berprofesi sebagai guru di Wuxi Vocational and Technical Collage ini ternyata memiliki kenangan buruk bagi publik Thailand.

Sepanjang kariernya, Ma Ning telah memimpin pertandingan Thailand sebanyak dua kali. Pertama terjadi pada 2016 lalu saat Thailand vs Irak di Pra-Piala Dunia 2018, dan kedua laga itu selalu berakhir dengan kekalahan tim Gajah Perang tersebut.

Baca Juga

Laga yang dimainkan 11 Oktober 2016 itu berakhir dengan kekalahan 0-4 yang dirasakan Thailand dari Irak. Bahkan Ma Ning harus memberikan kartu merah pada bek Thialand Koravit Namwiset.

Pada 2019, Ma Ning juga kembali memimpin laga Thailand vs Uruguay di China Cup 2019. Pertandingan ini juga berakhir dengan kekalahan 0-4 Thailand dari Uruguay.

Sedangkan Timnas Indonesia belum pernah merasakan dipimpin Ma Ning. Maka laga nanti merupakan debut perdana Ma Ning pimpin laga Timnas Indonesia dan ketiga kalinya memimpin Thailand.

Piala DuniaChinaThailandTimnas SeniorTiongkokWasitStadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)Tim Nasional IndonesiaTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas ThailandSepak BolaKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini