x

Melihat Skuat Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti Saat Ini, Lupakan Sejenak Kakak Senior

Senin, 16 September 2019 09:50 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Bima Sakti persiapan laga Timnas U-16

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 segera mengawali perjalanan mereka di ajang Kualifikasi Piala Asia U-16 2020, yang mungkin bisa jadi pelipur lara karena penampilan buruk Timnas senior akhir-akhir ini.

Ya, Timnas Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti akan segera melakoni laga perdana mereka di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 menghadapi Filipina U-16 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Senin (16/09/19) pukul 19.00 WIB nanti malam.

Cukup menarik untuk menyaksikan bagaimana adik-adik berbakat yang memang kelak diharapkan bisa menjadi para pemain andalan Timnas Indonesia di masa mendatang.

Baca Juga

Apalagi Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 di mana Timnas Indonesia U-16 tergabung di Grup G akan memainkan semua pertandingan mereka di Tanah Air, yakni di Stadion Madya , Senayan, Jakarta.

Selain itu, laga kualifikasi ini dimainkan tepat setelah hati para pecinta sepak bola Indonesia tersakiti melihat penampilan para pemain Timnas Indonesia senior di dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 pekan lalu.

Timnas Indonesia senior harus telan kekalahan 2-3 dari Malaysia di laga perdana mereka di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kemudian laga lanjutan menghadapi Thailand juga berakhir kekalahan 3-0, dan parahnya semua itu terjadi di kandang sendiri, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Dengan dua hasil minor tersebut, Timnas Indonesia dan juga PSSI pun menjadi amukan netizen sepak bola Tanah Air. Tak sedikit yang kini meragukan gaya melatih Simon McMenemy, yang baru saja ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia senior.

Tapi rasa sakit hati itu kembali menjelma menjadi sebuah rasa semangat melihat adik-adik kita, skuat Timnas Indonesia U-16 yang kini dilatih Bima Sakti akan melakoni laga perdana di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.

Tidak seperti Timnas Indonesia U-19 atau Timnas U-22 yang memang sebagian besar para pemainnya sudah berkompetisi di Liga 1 atau sudah terkenal di telinga para pecinta sepak bola Indonesia.

Baca Juga

Skuat Timnas Indonesia U-16 memang masih cukup asing di telinga pecinta sepak bola dan sangat menarik mengulas kekuatan mereka yang kita harapkan untuk menjadi pelipur lara karena permainan kakak-kakak senior di Timnas Indonesia yang sangat buruk.

Berikut INDOSPORT akan memberikan segala sesuatu yang patut diketahui oleh para pendukung Timnas Indonesia U-16 jelang Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 mendatang.


1. Komposisi Skuat Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti

Ahmad Athallah Araihan, striker Timnas Indonesia U-15 yang berhasil cetak gol ke gawang Korea Selatan di Boys Elite Football Tournament 2019, Minggu (18/08/19)

Melihat para pemain yang dipanggil oleh Bima Sakti berdasarkan rilis dari PSSI, nampaknya skuat yang akan berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 tidaklah jauh berbeda dari kompetisi Piala AFF U-15 2019 di Thailand pada Agustus kemarin.

Top skor Timnas Indonesia U-15 di Piala AFF U-15 2019 kemarin, Marselino Ferdinan dengan torehan lima gol, kembali dibawa oleh Bima Sakti. Selain itu, gelandang andalan lainnya, Muhammad Valeron dan Mohamad Faizal Shaifullah juga masuk skuat.

Tidak hanya itu, lini pertahanan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-15 2019 lalu juga diisi oleh nama-nama yang sebagian besar sama. Timnas U-15 memang cukup klinis di pertahanan, dengan hanya kebobolan tiga gol saja dari total tujuh pertandingan di Piala AFF U-15 2019 lalu.

Dengan formasi tiga bek tengah, Bima Sakti juga kembali membawa tiga pemain bertahan andalannya yaitu Kadek Arel Priyatna, Alfin Farhan Lestaluhu dan juga sang kapten Timnas Indonesia U-16, Marcell Januar Putra juga dibawa.

Nama-nama yang familiar seperti yang dibawa ke Piala AFF U-15 2019 lalu, tentu memunculkan optimisme tinggi pada tim asuhan Bima Sakti. Tentu saja, melihat penampilan terakhir mereka di kompetisi Boys Elite Football Tournament 2019 pada awal Agustus lalu.

Baca Juga

Bersaing dengan tiga negara lainnya yang cukup kuat, yakni Korea Selatan, Montenegro dan juga Myanmar yang jadi tuan rumah kompetisi itu, Timnas Indonesia U-16 berhasil berakhir sebagai runner-up.

Menariknya, Timnas U-15 saat itu berhasil menang dua kali, skor 2-0 atas Myanmar dan mengalahkan negara Eropa, Montenegro dengan kemenangan tipis 1-0. Sayang sekali, kita ditahan imbang 1-1 oleh Korsel di laga terakhir dan gagal juara.

Setelah kompetisi itu, Timnas Indonesia U-16 juga kembali mengikuti turnamen kelas internasional guna persiapan mereka di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020, yakni ajang Four Nations Tournament 2019 di Doha, Qatar.

Timnas Indonesia U-16 harus menghadapi lawan-lawan kuat di turnamen tersebut, seperti Qatar, Yordania dan Maladewa. Anak-anak asuh Bima Sakti juga berhasil finish sebagai runner-up, setelah dua kali menang dan sekali kalah tipis dari tuan rumah, Qatar.

Melihat dua kompetisi kelas internasional menghadapi negara-negara kuat dari Asia dan juga ada dari Eropa, tentu Timnas Indonesia U-16 siap menjawab tantangan di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.

Bima Sakti pun mengakui dengan dua turnamen yang menjadi uji coba dan persiapan Timnas Indonesia U-16 itu, kini skuatnya sudah siap menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 nanti malam.

“Dari uji coba tersebut, kami mendapatkan banyak pelajaran. Kami melawan Montenegro dengan postur tubuh tinggi, Korea Selatan dengan determinasi dan pengalaman, serta Qatar dan Yordania yang banyak memberi pelajaran transisi bertahan ke menyerang,” ucap Bima.

“Saat ini, 23 pemain Timnas Indonesia U-16 dalam keadaan sehat dan siap tampil di pertandingan pertama Kualifikasi Piala Asia U-16 2020. Kami masih ada dua kali latihan dan semoga ke depannya tampil lebih baik,” lanjutnya.

Baca Juga

Tergabung bersama negara-negara seperti China, Filipina, Brunei Darussalam dan Mariana Utara, Timnas Indonesia U-16 dengan segala persiapan dan skuat yang tak jauh berbeda dari Piala AFF U-15 2019 tentu menjadi harapan para pecinta sepak bola.

Melihat penampilan kakak-kakak senior yang tampil buruk di dua laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia U-16 diharapkan bisa menjadi pelipur lara. Semangat adik-adik Timnas Indonesia U-16!

MalaysiaThailandFilipinaTimnas Indonesia U-16Timnas IndonesiaBima SaktiTimnas Indonesia U-15Piala Asia U-16Simon McMenemyPiala AFF U-15Bola IndonesiaKualifikasi Piala Dunia 2022Piala Asia U-15Kualifikasi Piala Asia U-16 2020

Berita Terkini