x

Rekam Jejak Stefano Pioli, Kandidat Pelatih Anyar AC Milan

Senin, 7 Oktober 2019 20:08 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Stefano Pioli eks pelatih Fiorentina.

INDOSPORT.COM - Spekulasi mengenai masa depan pelatih AC Milan, Marco Giampaolo, tetap berlanjut meskipun Rossoneri meraih kemenangan atas Genoa. 

Penampilan yang kurang meyakinkan dinilai jadi alasan manajemen memutuskan mencari pelatih pengganti. Selain menang dengan susah payah, dua pemain Milan dikartu merah di laga ini. 

Laman Football Italia pun mengabarkan Milan tengah mengincar sejumlah pelatih, salah satu nama yang muncul adalah mantan pelatih Inter Milan, Stefano Pioli. 

Baca Juga

Pioli memang kebetulan tengah menganggur usai dipecat dari Fiorentina. Pioli disebutkan mempertimbangkan dengan serius jika ada tawaran dari AC Milan.  

Stefano Pioli bukanlah nama baru dalam belantika pelatih Serie A. Namanya lebih dikenal sebagai pelatih tim-tim medioker. 

Tercatat ia pernah menukangi sejumlah klub seperti Modena, Parma, Chievo, Palermo, dan Bologna. 

Stefano Pioli mengawali karier kepelatihannya di klub Serie B Italia, Salernitana, setelah sebelumnya memegang tim junior Bologna. 

Petualangannya di Serie B berlanjut dengan menukangi Modena. Bisa dibilang, Modena menjadi tim Serie B tersukses yang pernah ditanganinya. 

Walau tak pernah dibawa juara, namun ia memiliki catatan rekor apik. Dari 16 laga, ia meraih 10 kemenangan, 5 seri, dan 1 kalah.

Catatan ini membuatnya ditarik menjadi pelatih Parma yang berkompetisi di Serie A. Namun, sebelum liga berakhir ia dipecat menyusul kekalahan 3-0 atas Roma. 

Setelah menukangi sejumlah klub Serie B, ia kembali ke Serie A pada musim 2010/11 dengan memegang Chievo Verona. Di klub ini ia menetap selama setahun dengan presentase kemenangan tak terlalu bagus, 32,56 persen. 

Nama Pioli mulai naik ke permukaan kala membesut Bologna dan Lazio. Usai membawa Bologna stabil di papan tengah, ia diminta melatih Lazio. 

Di Lazio ia memiliki presentasi kemenangan mencapai 48,35 persen dari 91 pertandingan. Capaian yang terbilang apik ini membuatnya mendapatkan tawaran penting sebagai pelatih Inter Milan. 

Sayang, ia gagal memnuhi target yang diberikannya di Inter. Dari 27 laga, ia meraih 14 kemenangan, 3 seri, dan menderita 10 kekalahan. 

Baca Juga

Setelah dipecat, ia pindah melatih Fiorentina. Di klub ini pencapaiannya biasa-biasa saja. Persentasi kemenangannya hanya 36,49 persen dari 74 laga yang dilakoni. 

Jika nanti benar melatih AC Milan, tentu tekanan besar akan dirasakan Pioli. Sama seperti saat di Inter, tiap kekalahan akan jadi sorotan.  Milan pun perlu mempertimbangkan catatan statistik Stefano Pioli. Walau menawarkan permainan yang bagus, namun statistiknya tak begitu menonjol. 

AC MilanInter MilanPelatihStefano PioliLiga Italia

Berita Terkini