x

3 Pesepakbola Muda Indonesia yang Pernah Menyambung Hidup di Jepang

Sabtu, 12 Oktober 2019 18:00 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Ryu Nugraha, kiper muda Indonesia yang bermain untuk klub kasta ketiga Liga Jepang (J3-League), AC Nagano Parceiro.

INDOSPORT.COM - Jepang menjadi salah satu tujuan bagi pemain sepak bola muda Indonesia untuk menimba ilmu dan pengalaman selain di Eropa.

Tidak dapat dimungkiri, Jepang merupakan negara terbaik di Asia jika bicara urusan sepak bola. Selain kompetisi yang ketat, Jepang juga menawarkan pembinaan usia muda yang berkualitas.

Di level senior, Irfan Bachdim pernah mencicip kompetisi sepak bola Jepang bersama Consadole Sapporo pada musim 2016, meski di kasta kedua (J2-League).

Baca Juga

Jauh ke belakang, Ricky Yakobi yang bersinar bersama Arseto Solo pernah menarik minat klub Liga Jepang, Matsushita FC (sekarang Gamba Osaka), pada tahun 1988.

Kini, pemain-pemain muda Indonesia mulai mencoba peruntungan di Jepang, baik itu sekadar trial maupun mencicipi langsung kompetisinya.

Maka dari itu, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT menghadirkan tiga pesepak bola muda Indonesia yang pernah menyambung hidup di Jepang.


1. 3 Wonderkid Indonesia Menimba Ilmu di Jepang

Mantan pemain muda Persija Jakarta, Ammarsyahdi Al Hayandi, yang pernah menjalani trial di klub Jepang, Renofa Yamaguchi.

Ryu Nugraha

Kabar bahagia datang pada awal musim 2019. Pemain muda Indonesia, Ryu Nugraha, mendapatkan kontrak dari klub kasta ketiga Jepang (J3-League), AC Nagano Parceiro.

Ryu merupakan pemain blasteran Indonesia-Jepang. Ia mendapatkan darah Jepang dari sang ayah, sementara ibunya asli Indonesia.

Ryu merupakan warga negara Indonesia yang tinggal di daerah Nagano. Bakatnya tercium AC Nagano saat masih bersekolah di SMA Nagano Ueda Chikuma.

Pemain yang berposisi sebagai kiper itu telah bergabung dengan AC Nagano sejak 2018 dan baru resmi diperkenalkan awal musim 2019.

Baca Juga

Rendy Juliansyah

Pada awal tahun 2018, mantan pemain timnas Indonesia, Rendy Juliansyah, dikabarkan menimba ilmu sepak bola di negara Jepang.

Tidak tanggung-tanggung, Sekolah Sepak Bola (SSB) yang siap menampungnya ialah Aomori Yamada, SSB terbaik di Negeri Sakura.

Kualitas Aomori Yamada dibuktikan dengan keberhasilan mereka menjuarai All Japan High School Tournament 2017. Tidak hanya berlatih sepak bola, Rendy dikabarkan juga bersekolah di sana.

Kabar kepindahan Rendy ke Jepang sempat membuat PSSI harus melakukan sinkronisasi jadwal latihan pemain muda tersebut dengan timnas Indonesia U-16 yang kala itu berhasil menembus putaran final Piala Asia U-16 2018.

Baca Juga

Ammarsyahdim Hamid

Pemain bernama lengkap Ammarsyahdi Al Hayandi Hamid ini pernah mendapatkan kesempatan trial bersama klub Jepang, Renofa Yamaguchi.

Ammarsyahdim merupakan pemain hasil binaan Persija Jakarta. Ia sempat diproyeksikan masuk skuat utama Persija Jakarta pada Liga 1 2019.

Setelah menjalani trial bersama Renofa Yamaguchi, Ammarsyahdi kembali ke Indonesia. Ia terakhir memperkuat klub Liga 2 2019, Babel United.

JepangLiga IndonesiaRendy JuliansyahWonderkidTRIVIABola Indonesia

Berita Terkini