x

Kombinasi Starting XI Jelang El Clasico Barcelona vs Real Madrid: Tanpa Eden Hazard

Selasa, 17 Desember 2019 15:05 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

INDOSPORT.COM - Selalu menarik untuk membahas kombinasi Starting XI jelang laga sengit El Clasico Barcelona vs Real Madrid yang akan dimainkan pada Kamis (19/12/19) mendatang.

Barcelona vs Real Madrid akan pertama kali digelar di ajang kasta tertinggi sepak bola Spanyol, LaLiga Spanyol 2019/2020 yang merupakan laga tunda pekan ke-10 di Camp Nou.

Pertemuan Barcelona vs Real Madrid akan berlangsung sangat sengit, selain El Clasico, kedua tim juga memiliki jumlah poin yang sama, yakni 35 poin. Barcelona di puncak klasemen sementara LaLiga Spanyol dan Real Madrid di urutan kedua menempel.

Baca Juga

Tapi nasib kurang beruntung menimpa Real Madrid jelang El Classico LaLiga Spanyol 2019-2020 melawan Barcelona. Los Blancos harus kehilangan bintang anyar mereka, Eden Hazard.

Dilansir laman berita Marca, pemain asal Belgia itu harus menepi karena cedera pada engkel kaki kanannya yang didapat saat bermain menghadapi PSG di laga terakhir fase grup Liga Champions pada 27 November 2019 lalu.

Sementara Barcelona juga kehilangan salah satu gelandang andalan mereka, yakni Arthur yang mengalami masalah pada otot kakinya sejak awal Desember 2019 kemarin.

Melihat kedua tim memiliki masalah cedera pada pemain andalannya, cukup menarik melihat kombinasi starting XI jelang El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid.

Baca Juga

Kiper: Thibaut Courtois (Real Madrid)

Untuk posisi kiper, INDOSPORT memilih kiper Real Madrid, Thibaut Courtois yang punya catatan cukup mentereng sejauh musim ini. Dari 13 penampilan, Courtois hanya kebobolan 9 gol dan 6 kali clean sheets.

Dari 13 penampilannya untuk Real Madrid di LaLiga Spanyol, Courtois juga mencatat beberapa statistik mentereng lainnya. Yakni 27 saves, 8 clearances dan 246 umpan sukses sejauh musim ini.

Bek: Daniel Carvajal (Real Madrid), Sergio Ramos (Real Madrid), Gerard Pique (Barcelona), Jordi Alba (Barcelona)

Sergio Ramos vs Gerard Pique

Dengan formasi 4-4-2, lini pertahanan akan diisi 4 pemain bertahan yang dimulai dari sisi kanan ke kiri. Yaitu bek kanan adalah Daniel Carvajal yang tampil konsisten untuk Real Madrid sebanyak 13 penampilan sejauh musim ini.

Dari data Whoscored, total 13 kali bermain untuk Real Madrid di LaLiga Spanyol, Carvajal mampu mencatat 1 gol dan 4 assist, serta 29 tekel sukses yang membuat pertahanan Real Madrid cukup rapat sejauh musim ini.

Selanjutnya di posisi bek kiri ada dari Barcelona, yaitu Jordi Alba. Dari 7 penampilannya untuk Blaugrana musim ini, Alba berhasil mencetak satu gol dengan hanya 2 kali melepaskan tembakan ke gawang lawan.

Jordi Alba juga piawai melepaskan 481 umpan sukses dari total 540 umpan dari 7 penampilannya untuk Barcelona. Ini merupakan statistik umpan yang terbaik di skuat Barcelona.

Di jantung pertahanan, akan ada duet Sergio Ramos dari Real Madrid dan Gerard Pique dari Barcelona. Gerard Pique sudah tampil 15 kali untuk Barcelona dengan statistik mentereng seperti 14 tekel sukses, 13 interception dan 13 shots blocked.

Sementara Ramos punya statistik mentereng di mana dia merupakan bek yang cukup produktif. Dengan torehan 3 gol dari 16 penampilannya, dilengkapi 25 tekel sukses, 25 interception dan 2 shots blocked.

Gelandang: Lionel Messi (Barcelona), Frenkie de Jong (Barcelona), Casemiro (Real Madrid), Antonie Griezmann (Barcelona)

Pemain megabintang sekaligus kapten Barcelona, Lionel Messi mencetak hattrick dalam pertandingan LaLiga Spanyol 2019-2020 pekan ke-16 saat melawan Mallorca

Untuk 4 gelandang yang mengisi lini tengah, ada sedikit hal berbeda yaitu Lionel Messi yang menjadi gelandang sayap di sebelah kanan. Messi memang harus diikutsertakan dalam kombinasi Starting XI Barcelona vs Real Madrid.

Pemain yang baru memenangkan Ballon d'Or ke-6 itu berhasil mencetak 12 gol dan 6 assist dengan hanya 10 penampilan di LaLiga Spanyol musim ini untuk Barcelona.

Sementara gelandang sayap di sisi kiri juga akan dikawal oleh bintang Barcelona, yakni Antoine Griezmann. Dari 14 penampilannya di liga domestik sejauh ini, Griezmann berhasil mencetak 6 gol dan 4 assist.

Punya dua gelandang serang yang subur tentu akan sangat mengerikan. Apalagi dibantu oleh gelandang kreatif seperti Frenkie De Jong yang sudah tampil 15 kali untuk Blaugrana sejauh musmi ini, dengan satu gol dan 2 assist, dilengkapi akurasi umpan keseluruhan sebesar 92,9%.

Frenkie de Jong bertugas untuk menyalurkan bola dari belakang ke lini depan. Sementara tugas untuk membantu pertahanan mematahkan serangan lawan, adalah tugas Casemiro yang sudah tampil 15 kali di LaLiga untuk Real Madrid.

Lihat saja, Casemiro punya statistik 34 interception, 56 tekel sukses, 24 clearances bola dari pertahanan dengan 15 penampilannya. Sangat bagus untuk seorang gelandang bertahan.

Striker: Karim Benzema (Real Madrid), Luis Suarez (Barcelona)

Pemain Barcelona usai melakukan selebrasi setelah Luis Suarez mencetak gol pada laga kedua fase grup Liga Champions di Camp Nou, Kamis (03/10/19).

Tibalah di posisi lini depan, kita pakai dua penyerang yang kali ini INDOSPORT ingin menduetkan Karim Benzema dan Luis Suarez yang sama-sama moncer di Real Madrid dan Barcelona.

Karim Benzema tampil 15 kali untuk Real Madrid dengan mencetak 12 gol dan 5 assist yang membuatnya sangat diandalkan oleh Zinedine Zidane. Benzema juga punya rataan melepas 4-5 shots per penampilan.

Sementara Luis Suarez mencetak 9 gol dan 3 assist dari total 12 penampilannya untuk Barcelona di LaLiga Spanyol musim ini. Rataan shots per penampilan Suarez sebanyak 3 kali.

Baca Juga

Itulah kombinasi Starting XI jelang El Clasico Barcelona vs Real Madrid yang akan tanpa Eden Hazard. Meski kehilangan Hazard, Real Madrid diharapkan bisa memberi perlawanan kepada Barcelona.

Barcelona jelas lebih diunggulkan karena para pemain andalan, Lionel Messi, Luis Suarez, Antoine Griezmann sampai Frenkie de Jong semua bisa dimainkan menghadapi Real Madrid yang tampak pincang di El Clasico pertama LaLiga Spanyol musim ini.

Real MadridAntoine GriezmannBarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolLuis SuarezKarim BenzemaEl ClasicoLiga SpanyolSepak BolaBerita Liga Spanyol

Berita Terkini