x

Zidane, Rekor Tak Terkalahkan di Final dan Pelatih Real Madrid dengan Trofi Terbanyak

Senin, 13 Januari 2020 13:55 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Indra Citra Sena
Zinedine Zidane kembali membuktikan kualitasnya sebagai seorang manajer, dengan membawa Real Madrid meraih trofi Piala Super Spanyol.

INDOSPORT.COM - Zinedine Zidane kembali membuktikan kualitasnya sebagai seorang pelatih dengan membawa Real Madrid meraih trofi Piala Super Spanyol.

Datang dalam Piala Super Spanyol yang menggunakan konsep baru, Real Madrid sukses keluar sebagai juara setelah di final bisa mengalahkan tetangga sekotanya, Atletico Madrid, lewat drama adu penalti, Senin (13/1/20).

Menang dengan skor 4-1 dalam adu penalti, gelar juara Piala Super Spanyol untuk Real Madrid ini sekaligus semakin menguatkan status Zinedine Zidane sebagai pelatih spesialis laga final.

Baca Juga

Sejak dipercaya menjadi pelatih Real Madrid pada 4 Januari 2016, Zidane total sudah menjalani sembilan pertandingan final. Dan itu semuanya sukses diakhiri pria asal Prancis itu dengan kemenangan dan gelar juara.

Diawali final Liga Champions 2015-2016 yang berlangsung hanya sekitar lima bulan dari masa kepemimpinannya, Real Madrid sukses menang melawan Atletico Madrid. Juga lewat drama adu penalti, namun dengan skor 5-3.

Kegemilangan Zidane di final kembali berlanjut di Piala Super Eropa 2016. Kala klub Spanyol lainnya, Sevilla, menjadi korban dalam pertandingan yang berakhir 3-2 dalam perpanjangan waktu.

Berturut, turut setelahnya final Piala Dunia Klub 2016, Liga Champions 2016-2017, Piala Super Eropa 2017, Piala Super Spanyol 2017, Piala Dunia Klub 2017, Liga Champions 2017-2018. Dalam era keduannya di Real Madrid, Zidane sukses menyumbangkan kemenangan di final Piala Super Spanyol 2020.

Pelatih Terbaik Real Madrid

Trofi juara Piala Super Spanyol kali ini buat Zidane bukan hanya mentahbiskan statusnya sebagai pelatih spesial final buat Real Madrid. 

Tetapi juga semakin mendekatkan peluangnya menjadi pelatih terbaik di klub yang berdiri 6 Maret 1902 tersebut. Jika tolok ukurnya adalah raihan trofi.

Sebab sejauh ini, Zinedine Zidane setidaknya total telah menyumbangkan 10 trofi juara. Rinciannya satu gelar LaLiga Spanyol, tiga trofi Liga Champions,  dua Piala Super Eropa, dua Piala Super Spanyol, dua Piala Dunia Klub.

Baca Juga

Jumlah trofi Zidane itu jauh lebih banyak dari Jose Mourinho yang hanya menyumbangkan tiga gelar juara untuk Real Madrid, Carlo Ancelotti (4), bahkan pelatih legendaris Vicente del Bosque (7).

Sebanyak 10 gelar juara yang disumbangkan Zidane untuk Real Madrid, saat ini hanya tertinggal dari Miguel Munoz. Pelatih Real Madrid era 1960-an hingga pertengahan 1970-an, yang total bisa menyumbangkan sebanyak 14 trofi juara.

Dengan hanya selisih empat trofi dan usia Zidane yang masih sangat muda sebagai pelatih, maka bukan tak mungkin capaian Miguel Munoz akan segera dilampauinya andai terus bertahan di Real Madrid.

Real MadridZinedine ZidanePelatihPiala Super SpanyolLiga SpanyolBola InternasionalBerita Liga Spanyol

Berita Terkini