x

Gabung Persib, Geoffrey Castillion Lanjutkan Trend Pemain Jawa-Eropa di Liga 1

Rabu, 29 Januari 2020 16:13 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pemain asal Belanda Geoffrey Castillion yang bakal belabuh ke Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Andai resmi bergabung ke Persib Bandung, sosok Geoffrey Castillion bakal melanjutkan trend pemain 'Jawa-Eropa' yang pernah mentas di Liga 1 Indonesia.

Persib sendiri belakangan sedang dikaitkan dengan penyerang asing asal Belanda bernama Geoffrey Castillion. Isu ini muncul setelah pelatih Robert Rene Alberts, membongkar ciri-ciri penyerang asing yang direkrut jelang Liga 1 2020.

Berdasarkan keterangan Robert Rene Alberts, penyerang asing yang bakal bergabung bersama Maung Bandung nanti berasal dari Belanda dan pernah memperkuat Ajax Amsterdam.

Baca Juga

Ciri-ciri itu pun sesuai dengan identitas Geoffrey Castillion, yang memang berasal dari Belanda dan sempat membela Ajax sejak 2005 hingga 2014 silam. 

Andai Geoffrey Castillion resmi bergabung bersama Persib Bandung musim depan, maka penyerang berusia 28 tahun ini akan melanjutkan satu tren unik sepanjang gelaran Liga 1 Indonesia.

Trend tersebut adalah, tampilnya pemain Eropa yang punya darah Jawa sejak bergulirnya Liga 1 Indonesia pada 2017 silam. Diketahui sebelumnya, bahwa Geoffrey Castillion adalah pemain Belanda yang punya garis keturunan Suriname.

Mungkin bagi sebagian warga Indonesia sudah mengenal Suriname, sebuah negara kecil di kawasan Amerika Selatan yang cukup kental dengan Budaya Jawa.

Suriname menjadi terkenal di Indonesia lantaran masih menyimpan kebudayaan Jawa yang dibawa sejak akhir abad ke-19, tepatnya saat migrasi orang Jawa ke sana di era kolonial Belanda.

Para imigran Jawa tersebut dipindahkan ke Suriname untuk dijadikan pekerja kontrak di perkebunan milik Belanda. Mereka menjadi budak pengganti sebelumnya yang dianggap bermasalah.

Walau sudah cukup lama, namun sampai saat ini masih banyak etnis Jawa yang menduduki posisi penting di Suriname. Pada 2015, salah seorang keturunan Banyumas bernama Raymond Sapoen mewarnai Pemilihan Presiden Suriname.

Baca Juga

Berdasarkan fakta sejarah tersebut, bukan tidak mungkin jika Geoffrey Castillion yang berdarah Suriname memiliki garis keturunan Jawa dari para leluhurnya.

Jika benar, maka sejauh ini Geofrey Castillion akan menjadi pemain Jawa-Belanda yang pernah tampil di kompetisi Liga 1 Indonesia setelah sebelumnya Sylvano Comvalius yang juga berdarah Suriname lebih dulu datang.

Capaian Sylvano Comvalius di Liga 1 pun terbilang sangat impresif, pada musim perdananya di Indonesia ia berhasil menjadi top skor serta menghantarkan Bali United finish sebagai runner up liga di akhir kompetisi

Berbekal catatan gemilang bintang Suriname sebelumnya bahkan mampu menjadi top skor Liga 1, menarik dinanti kiprah serta perjalanan Geoffrey Castillion andai resmi berseragam Maung Bandung.

Mampukah ia melanjutkan rekor yang dicetak Sylvano Comvalius sebelumnya? Atau malah gagal bersinar, seperti nasib para penyerang asing di Liga 1 Indonesai saat berada dibawah tangan Robert Rene Alberts.

Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1SurinameSylvano ComvaliusBola IndonesiaGeoffrey Castillion

Berita Terkini