x

5 Rekor Tak Masuk Akal Diciptakan Liverpool Usai Mengalahkan West Ham di Liga Inggris

Kamis, 30 Januari 2020 09:09 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Mohamed Salah merayakan golnya bersama rekannya di Liverpool, Jordan Henderson dan Roberto Firmino di laga Liga Inggris melawan West Ham.

INDOSPORT.COM - Liverpool sukses mengalahkan West Ham United dalam pertandingan tunda Liga Inggris, hingga menghadirkan sejumlah rekor tak masuk akal.

Setelah sempat tertunda dari akhir tahun lalu, Liverpool akhirnya bisa memainkan pertandingan pekan ke-18 Liga Inggris melawan West Ham United, (30/01/20).

Bermain di kandnag lawan, Stadion Olimpiade London, Liverpool sukses meraih kemenangan dengan skor meyakinkan 2-0 berkat gol penati Mohamed Salah dan lesatan dari Alex Oxlade-Chamberlain.

Berkat kemenangan tersebut, bukan hanya tambahan tiga poin penuh, Liverpool juga sukses menorehkan sejumlah rekor tak masuk akal. Apa saja? Berikut INDOSPORT merangkumkan lima diantaranya.

Baca Juga

Kalahkan Semua Tim

Satu kemenangan atas West Ham United membuat Liverpool sukses mencatatakan rekor sempurna bisa mengalahkan semua tim yang ada di Liga Inggris musim ini.

Tak satupun dari 19 tim yang jadi lawan mereka di Liga Inggris, bisa lepas dari kekalahan. Sekalipun Manchester United, satu-satunya tim yang sempat mencuri hasil imbang dalam pertemuan pertama mereka musim ini.

Keberhasilan mengalahkan seluruh 19 pesaingnya di Liga Inggris itu juga merupakan catatan pertama yang bisa diciptakan Liverpool dalam sepanjang 127 tahun berdirinya klub. 

Kombinasi

Dengan tambahan tiga poin dari West Ham, Liverpool kini memimpin klasemen Liga Inggris dengan selisih 19 poin dari pesaing terdekatnya, Manchester City.

Selisih yang cukup jauh itu membuat Liverpool sukses mencatatkan rekor unik. Dimana selisih poin mereka kini bahkan lebih besar dari selisih klub-klub pemuncak klasemen di empat kompetisi elite Eropa lainnya jika digabungkan.

Mulai dari Juventus di Liga Italia yang hanya unggul tiga poin, Real Madrid di Liga Spanyol yang juga hanya tiga poin, PSG di Liga Prancis yang unggul 10 poin, ditambah RB Leipzig yang hanya unggul satu poin di Liga Jerman.

Jika selisih poin empat klub itu digabungkan hanya mencapai angka 17 poin, dua poin lebih sedikit dari keunggulan Liverpool di Liga Inggris.

Clean Sheet Alisson

Menang dengan skor 2-0 atas West Ham, juga membuat penjaga gawang Liverpool, Alisson Becker, mencatatkan rekor sebagai pencetak clean sheet paling banyak di Liga Inggris musim ini.  Kiper asal Brasil itu kini telah mengoleksi delapan clean sheet dari hanya 16 kali kesempatannya bermain.

Secara total, Alisson bisa mencatatkan 36 kali penyelamatan atau sekitar 85,7% dari total tendangan yang mengarah ke gawangnya. Termasuk juga bisa mencetak satu assist, yang berujung gol Mohamed Salah ke gawang Manchester United.

Salah Raja Assist dan Gol

Mencetak satu gol dan satu assist dalam pertandingan melawan West Ham membuat Mohamed Salah bisa menorehkan rekor sebagai pemain yang paling banyak bisa menciptakan dua hal tersebut dalam satu pertandingan.

Catatan tersebut dihitung sejak awal musim 2017/18, di mana secara total Mohamed Salah menjadi pemain yang bisa mencetak gol dan assist dalam satu pertandingan terbanyak, sebanyak 14 kali. Selisih lima pertandingan dari beberapa pemain lain pesaing terdekatnya.

Baca Juga

Gol Alex Oxlade-Chamberlain

Rekor berikutnya adalah catatan menarik pencetak gol mereka, Alex Oxlade-Chamberlain. Lesatan di menit ke-52  membuat Alex Oxlade-Chamberlain selalu bisa mencetak gol dalam tiga pertemuan tandang terakhir melawan West Ham.

Dua gol sebelumnya ke gawang West Ham, masing-masing diciptakan Alex Oxlade-Chamberlain satu saat sudah berseragam Liverpol di Liga Inggris musim 2017/18 dan satu kala masih di Arsenal musim 2016/17.

LiverpoolMohamed SalahWest Ham UnitedAlex Oxlade-ChamberlainLiga InggrisBola InternasionalAlisson BeckerTRIVIABerita Liga Inggris

Berita Terkini