x

Profil Klub Liga 1 2020: Persipura Jayapura, Optimistis Gapai Bintang ke-5

Jumat, 28 Februari 2020 15:35 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
Profil klub Liga 1 2020, Persipura Jayapura.

INDOSPORT.COM - Persipura Jayapura hadir dengan sejumlah wajah baru dalam skuatnya menjelang kick-off Liga 1 2020. Total manajemen klub mendatangkan sembilan pemain anyar, masing-masing empat lagiun asing dan lima pemain lokal.

Sementara, manajemen klub secara bersamaan melepas beberapa pemainnya, termasuk tiga pemain senior Imanuel Wanggai, Titus Bonai, dan Yohanis Tjoe.

Baca Juga

Kehadiran empat legiun asing yakni Sylvano Comvalius, Arthur Cunha, Takuya Matsunaga, dan Thiago Amaral, plus lima pemain lokal seperti Donny Monim, Gerri Mandagi, Imanuel Rumbiak, Ferinando Pahabol, dan Fridolin Yoku diharapkan mampu mendongkrak performa Persipura musim ini.

Selain mendatangkan pemain anyar, manajemen juga memperdalam kekuatan skuatnya dengan mendatangkan pelatih kiper asal Brasil, Gerson Rios, yang pernah melatih sejumlah penjaga gawang terbaik dunia saat ini, termasuk bintang Liverpool, Alisson Becker.

Manajemen Persipura Jayapura pun tak tanggung-tanggung mematok target di Liga 1 2020. Mereka ingin kembali meraih trofi yang sudah sekitar tujuh tahun tidak dibawa pulang sejak menjuarai Liga Super Indonesia (LSI) 2013.

"Kompetisi Liga 1 2020 kami tidak mau hanya meperbaiki peringkat saja. Kami ingin meraih juara," ujar ketua umum Persipura, Benhur Tomi Mano, belum lama ini.

Meski kembali tak akan bermain di markas kebanggaan, Stadion Mandala, skuat Jacksen F. Tiago musim ini terbilang mumpuni dan relatif bisa bersaing di jalur juara. 

Baca Juga

Pemusatan latihan (TC) selama dua pekan di Malang dan kemenangan di lima laga uji coba sebelumnya menjadi pemantik semangat bagi mereka untuk melampaui prestasi musim lalu.

Berdasarkan draft jadwal yang telah dirancang oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, Persipura Jayapura akan bersua PSIS Semarang dalam partai pembuka Liga 1 2020 pada Minggu (1/3/20).


1. Bedah Taktik dan Skuat

Line-up terbaik Persipura Jayapura untuk Liga 1 2020.

Skuat Persipura Jayapura untuk Liga 1 2020 terbilang komplet jika dibandingkan dengan musim lalu. Jacksen F. Tiago memiliki banyak pilihan di semua sektor, terlebih semua pemain baru yang direkrut berdasarkan rekomendasi darinya.

Di sektor kiper, klub peraih empat gelar juara Liga Indonesia ini punya empat nama terbaik, di antaranya Gerri Mandagi, Dede Sulaiman, Fitrul Dwi Rustapa, dan Mario Mario Londok. Kehadiran pelatih Gerson Rios diharapkan bisa menambah kokoh pertahanan terakhir Persipura.

Beralih ke lini pertahanan, meski kehilangan Anis Tjoe dan Andre Ribeiro, namun masuknya Arthur Cunha dan Donny Monim sudah dirasa cukup oleh Jacksen untuk menemani bek-bek senior seperti Ricardo Salampessy dan Yustinus Pae.

Baca Juga

Komposisi lini tengah Persipura musim ini juga terbilang mumpuni dengan kehadiran Thiago Amaral, Takuya Matsunaga dan Fridolin Yoku. Ketiganya dinilai bisa memberikan variasi dalam membangun serangan dan membantu lini depan yang diisi Boaz Solossa, Feri Pahabol dan Sylvano Comvalius.

Sedangkan di daftar cadangan, nama-nama seperti Gunansar Mandowen, Todd Rivaldo Ferre dan sejumlah pemain muda lainnya juga berpotensi menjadi ancaman bagi tim-tim lawan.

"Materi pemain saat ini sudah dan sangat cukup. Kalau dibandingkan dengan musim kemarin, saat ini lebih banyak pilihan, sehingga saya merasa sudah cukup," ujar Jacksen F. Tiago.

Skuat Persipura Jayapura untuk Liga 1 2020 (per 28 Februari 2020):

Kiper: Dede Sulaiman, Gerri Mandagi, Fitrul Dwi Rustapa, Mario Fabio Londok

Bek: Yustinus Pae, Ricardo Salampessy, Arthur Cunha (asing), Valentino Telaubun, Kevin Rumakiek, Donny Monim, Evraim Awes, Brian Fatari

Gelandang: Ian Louis Kabes, Takuya Matsunaga (asing), Thiago Amaral (asing), Gunansar Mandowen, Fridolin Yoku, Todd Rivaldo Ferre, Imanuel Rumbiak, Muhammad Tahir, Theofilo Numberi, Patrick Womsiwor

Penyerang: Boaz Solossa, Sylvano Comvalius (asing), Ferinando Pahabol, Marinus Wanewar


2. Pelatih: Jacksen Tiago

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, usai mendampingi timnya berlatih menjelang laga Liga 1.

Meski sempat dirumorkan akan hengkang ke klub lain begitu kompetisi Liga 1 2019 berakhir, Jacksen tetap memilih bertahan untuk menangani Boaz Solossa dkk.

Jacksen menuturkan bahwa dirinya masih ingin menuntaskan pekerjaannya untuk membawa Persipura Jayapura kembali ke tempat tertinggi, yaitu kampiun Liga 1 2020. 

"Yang penting saya bisa menuntaskan pekerjaan dengan sebaik mungkin. Dan pasti nanti ada berkat yang muncul kemudian," ungkap pria Brasil yang sangat fasih berbahasa Indonesia ini.

Dengan tangan dinginnya, Jacksen F. Tiago kini bakal mencoba peruntungannya kembali dengan mengorbitkan pemain-pemain muda dalam tubuh Persipura Jayapura.

Ia mengaku sudah puas dengan performa yang ditunjukkan anak asuhnya selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Malang dan melakoni lima laga uji coba tanpa sekali pun tersentuh kekalahan.

"Saya sudah cukup puas dengan performa anak-anak. Mereka sudah tidak banyak melakukan kesalahan lagi seperti sebelumnya," tandas Jacksen.

Bintang: Thiago Amaral

Thiago Amaral, calon pemain baru Persipura Jayapura

Keputusan tepat dibuat manajemen Persipura dengan mendatangkan seorang playmaker Brasil, Thiago Amaral. Pemain yang sempat berseragam Barito Putera pada 2016 itu diboyong untuk mengisi kerinduan lini tengah tim terhadap pemain bertipe kreatif.

Meski baru bergabung, Thiago akan dijadikan pemain kunci oleh sang juru taktik, Jacksen F. Tiago. Terbukti, dirinya dijadikan starter dalam beberapa kali uji coba yang dilakoni Persipura Jayapura selama periode pramusim.

Baca Juga

Dengan sejumlah kelebihan yang dimiliki seperti kemampuan individual, membaca permainan dan operan-operan akurat, Thiago diharapkan mampu melengkapi potongan puzzle Persipura yang masih mencari sosok sentral sepeninggal Eduard Ivakdalam, Zah Rahan Krangar, dan Robertino Pugliara.

Thiago Amaral akan berjibaku dengan Takuya Matsunaga dan Ian Louis Kabes di lini tengah Persipura untuk membangun serangan dan membuka peluang bagi lini depan.

Persipura JayapuraBenhur Tomi ManoJacksen F. TiagoArthur Cunha Da RochaLiga IndonesiaThiago AmaralLiga 1Sylvano ComvaliusBola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini