x

Bermodal Jabatan Penting di FIFA, Arsene Wenger Ingin Ubah Aturan Offside VAR

Rabu, 19 Februari 2020 18:54 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Arsene Wenger akan menggunakan posisinya di FIFA untuk mengubah aturan offside di mata Video Assistant Referee alias VAR.

INDOSPORT.COM - Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, akan menggunakan jabatannya di FIFA untuk mengubah aturan offside di mata Video Assistant Referee (VAR) yang menjadi polemik di kalangan pencinta sepak bola.

Melansir dari The Guardian, Wenger merasa terganggu dengan aturan offside di mata VAR. Pasalnya, aturan offside ini mulai merugikan beberapa tim, terutama di Liga Inggris.

"Hal tersulit bahwa orang-orang harus menurut dengan VAR tentang aturan offside. Anda terkena offside hanya karena lebih maju beberapa sentimeter saja. Ini saatnya untuk mengubahnya," ujar Wenger.

Baca Juga

Arsene Wenger pun berencana menggunakan posisinya sebagai kepala pengembangan sepak bola di FIFA untuk mengubah aturan offside di mata VAR dengan mengajukan proposal ke IFAB (Asosiasi Sepak Bola Internasional) pada 29 Februari mendatang.

"Terdapat ruang untuk mengubat aturan tersebut dan untuk mengatakan bahwa bagian tubuh pemain masuk dalam kategori offside. Itu akan diselesaikan dan Anda tidak perlu lagi mengambil keputusan pemain terjebak offside saat lebih maju beberapa milimeter saja," lanjutnya.

Baca Juga

Sebelumnya, aturan offside di mata VAR kerap memicu kontroversi. Terlebih pada pertandingan terakhir antara Chelsea vs Manchester United di Liga Inggris, aturan offside membatalkan gol The Blues yang dicetak Olivier Giroud.

Selain Arsene Wenger, presiden UEFA, Aleksander Ceferin, juga menentang adanya VAR yang menurutnya merugikan sepak bola, terutama untuk pelanggaran seperti offside yang menurutnya tak masuk akal.

Arsene WengerFIFABola InternasionalAleksander CeferinVideo Assistant Referees (VAR)Sepak Bola

Berita Terkini