x

Derby Sumatera dan Big Match Wilayah Barat yang Bakal Terjadi di Liga 2

Rabu, 4 Maret 2020 20:45 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM - Termasuk derby pulau Sumatera, berikut partai big match dari wilayah Barat yang bakal terjadi di Liga 2 Indonesia 2020 mendatang.

Kompetisi Liga 2 2020 sendiri dijadwalkan bakal memulai kick-off pada 13 Maret mendatang. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi telah merilis regulasi, draft pembagian wilayah, dan draft jadwal.

Dari draft pembagian wilayah tersebut, sebanyak 24 tim akan terbagi dalam dua wilayah sama seperti musim lalu yakni Barat dan Timur.

Baca Juga

Namun di musim ini kompetisi Liga 2 akan sedikit berbeda, lantaran tidak adanya babak 8 besar sehingga tim peringkat pertama akan langsung lolos ke kasta teratas Liga Indonesia sementara para runner up saling tanding di babak play off.

Berikut pembagian tim di masing-masing wilayah. Dari wilayah Barat akan diisi oleh mayoritas tim Sumatera seperti PSMS Medan, Semen Padang, Badak Lampung FC, PSPS Riau, Babel United FC, dan Sriwijaya FC. 

Serta tambahan dari beberapa tim asal Jawa Barat hingga Jawa Tengah mulai dari Perserang Serang, Cilegon United FC, PSIM Yogyakarta, PSKC Cimahi, plus dua tim promosi Persekat Tegal dan AS Abadi Tiga Naga. 

Sedangkan di Grup Timur akan ditempati Kalteng Putra, Martapura FC, Mitra Kukar FC, Persiba Balikpapan, Persijap Jepara. Kemudian ada Persis Solo, PSCS Cilacap, Putra Sinar Giri, Persigo Semeru, Sulut United FC, PSBS Biak, dan Persewar Waropen.

Dari draft pembagian pembagian wilayah tersebut, beberapa partai dipastikan bakal berjalan panas dan seru, bahkan bisa menjadi big match jika mengingat tensi serta peta kekuatan tim saat ini.

Lantas duel mana saja yang bakal menjadi big match nanti? Berikut INDOSPORT coba merangkum dan mengulas deretan pertandingan Big Match wilayah Barat yang bisa terjadi di Liga 2 2020.

Derby Sumatera

Dengan mayoritas ditempati oleh tim asal Sumatera, maka di wilayah Barat nanti besar kemungkinan bakal terjadi derby Sumatera seperti Semen Padang vs PSMS Medan ataupun Sriwijaya FC vs Badak Lampung.

Walau ada PSPS Riau dan Babel United, namun laga menarik tampaknya bakal tersaji jika empat tim di atas bertanding lantaran keempatnya punya basis suporter tinggi serta historis di kasta teratas Liga Indonesia.

Semen Padang dan Badak Lampung misalnya, mereka baru saja degradasi dari Liga 1 musim lalu sehingga hasrat untuk kembali promosi dipastikan dapat menaikkan tensi laga saat mereka bertanding.

Kemudian PSMS Medan dan Sriwijaya FC, dua tim yang punya historis cukup panjang dan megah di Liga Indonesia. Misalnya PSMS Medan, lima kali juara Perserikatan tersebut dipastikan tampil impresif lantaran musim ini mereka mengusung misi naik kasta.

Sedangkan Sriwijaya FC, meski terbilang baru terbentuk pada 2004 lalu namun tim asal Sumatera Selatan ini telah menorehkan sejumlah prestasi mentereng di Liga Indonesia seperti dua gelar Liga Super serta tiga trofi Piala Indonesia.

Berbekal historis tersebut, duel keempat tim ini di Liga 1 2020 mendatang dipastikan bakal berjalan menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Derby Tim Promosi

Berikutnya ada partai sengit yang akan mempertemukan tiga tim promosi dari Liga 3, di antaranya adalah AA Tiga Naga, PSKC Cimahi dan Persekat Kabupaten Tegal.

Dengan bermodalkan semangat pasca naik kasta musim lalu, pertemuan tiga tim ini berpotensi menampilkan duel panas demi membuktikan kelayakan mereka di Liga 2 serta memperpanjang eksistensinya di kompetisi Liga Indonesia.

Partai AA Tiga Naga kontra PSKC kemungkinan jadi partai yang paling ditunggu, sebab kedua tim sedang diperkuat para legenda Indonesia. 

Baca Juga

AA Tiga Naga misalnya, mereka diperkuat salah satu striker legendaris PSMS Medan, Saktiawan Sinaga. Sedangkan PSKC dilatih legenda Persib Bandung, Robby Darwis. Sehingga duel para bintang beda generasi ini akan sangat layak untuk disaksikan.

PSIM vs Sumatera Team

Menjadi perwakilan tim Jawa Tengah, laga PSIM terutama saat menghadapi raksasa Sumatera seperti PSMS, Sriwijaya FC serta Semen Padang pasti berjalan panas.

PSIM yang dilatih Seto Nurdiyantoro, bakal mengusung misi tinggi di Liga 2 musim ini apalagi pelatih mereka punya catatan impresif dengan membawa PSS Sleman promosi musim 2018 lalu.

Semen PadangPSIM YogyakartaSriwijaya FCPSMS MedanLiga IndonesiaLiga 1Liga 2Badak Lampung FCBola Indonesia

Berita Terkini