x

5 Mantan Peraih Medali Emas SEA Games Resmi Tukangi Klub Liga 2 2020, Ada Eks Persib

Kamis, 12 Maret 2020 13:50 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
Sedikitnya ada 5 mentan peraih medali emas SEA Games yang resmi tukangi klub-klub Liga 2 2020 sebagai pelatih dan ada eks Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 5 mentan peraih medali emas SEA Games yang resmi tukangi klub-klub Liga 2 2020 sebagai pelatih dan ada eks Persib Bandung.

Ajang sepak bola nasional Liga 2 2020 bakal dimulai pada 14 Maret mendatang. Hal ini sudah disampaikan oleh Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Cucu Soemantri.

"Laga pembukaan InshaAllah dilaksanakan di Balikpapan pada 14 Maret antara Persiba melawan Kalteng Putra," ujar Cucu kepada awak media, Jumat (06/03/20).

Baca Juga
Baca Juga

Menjelang bergulirnya Liga 2, semua klub tengah memantapkan diri. Mereka sudah disibukkan dengan perbaikan stadion, manajemen, pemain, hingga pelatih.

Pelatih menjadi salah satu faktor penting dalam sebuat klub sepak bola. Karena irama permainan ditetapkan oleh sang juru taktik ini.

Sehingga pekerjaan pelatih tampaknya tak mudah untuk dijalani. Lantaran di dunia sepak bola, pelatih sangat rawan dipecat jika tak sesuai target manajamen.

Meski demikian, ternyata ada deretan mantan pemain sepak bola profesional yang kini menjadi pelatih dan mereka sempat merasakan medali emas SEA Games. Siapa saja?

1. Yusuf Ekodono

Yusuf Ekodono salah satu legenda timnas Indonesia raih medali emas

Pelatih anyar klub Liga 2 2020 PS Hizbul Wathan Yusuf Ekodono merupakan salah satu mantan pemain yang sempat meraih medali emas SEA Games.

Hal itu terjadi ketika Yusuf diikutsertakan dalam membela Timnas Indonesia di SEA Games 1991. Yusuf turut mengantarkan Timnas Indonesia ke luar sebagai juara.

Bahkan Yusuf sempat mencetak satu gol ke gawang Thailand di pertandingan final melawan Thailand, tepatnya ketika memasuki babak adu penalti.

2. Herry Kiswanto

Mantan pelatih PSS Sleman, Herry Kiswanto.

Pelatih kelahiran Banda Aceh berusia 64 tahun Herry Kiswanto saat ini menangani salah satu klub Liga 2 2020, yakni Cilegon United (wilayah barat).

Bahkan semasa menjadi pemain dulu, Herry pernah meraih medali emas SEA Games pada 1987 silam. Herry juga membuat satu gol di babak semifinal.

Herry telah menukangi sedikitnya sembilan klub (termasuk Cilegon United) sepanjang kariernya menjadi pelatih sejak 2000 silam.

3Salahudin

Salahudin salah satu pemain di Timnas Indonesia di Sea Games 1991. Foto: Ronald Seger Prabowo

Berikutnya ada Salahudin yang juga menjadi salah satu pelatih yang pernah meraih medali emas SEA Games semasa menjadi pemain dulu.

Salahudin meraihnya ketika membela Timnas Indonesia pada 1991 silam. Peran Salahudin cukup siginfikan dalam mengharumkan nama bangsa di pentas Asia Tenggara.

Salahudin juga bukan pelatih sembarangan. Karena dirinya sempat membawa Kalteng Putra dan Barito Putera. Kini Salahudin menangani Persis Solo di Liga 2 2020.

4. Jaya Hartono

Mantan pelatih Perserang Serang Jaya Hartono saat memimpin anak asuhannya Official Training (OT) di Stadion Teladan, Medan, Jumat (05/07/2019) sore. Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT

Kemudian ada pelatih asal Sumatera Utara Jaya Hartono yang juga sempat meraih medali emas SEA Games semasa aktif bermain dulu.

Jaya Hartono meraihnya kala membela Timnas Indonesia di SEA Games 1987 silam. Mantan pelatih Persib ini mampu tampil sesuai harapan oleh sang pelatih.

Kini Jaya dipercaya untuk membawa PSCS Cilacap untuk berprestasi di pentas Liga 2 2020. Pengalamannya itu bakal mendapat ujian pada musim ini.

5. Robby Darwis

Robby Darwis ketika menjuarai Perserikatan bersama Persib Bandung

Terakhir ada mantan pemain dan pelatih Persib Robby Darwis yang juga pernah meraih medali emas SEA Games ketika masih aktif alias belum pensiun.

Robby membela Timnas Indonesia untuk ajang SEA Games 1987 silam. Dirinya sukses mencetak satu gol kala itu dan mengantarkan Skuat Garuda juara.

Baca Juga
Baca Juga

Kini Robby Darwis masih tetap dipercaya dalam menangani klub promosi Liga 2 2020 PSKC Cimahi. Bahkan baru-baru ini PSKC merekrut Atep, Tantan, Agung Pribadi, dan Siswanto.

SEA GamesSalahudinRobby DarwisMedali EmasPelatihSEA Games 1987Liga IndonesiaHerry KiswantoYusuf EkodonoLiga 2Sports FactsTRIVIABola IndonesiaBerita Liga 2Jaya Hartono

Berita Terkini