x

Menanti Kejayaan Bakrie Group di Dunia Sepak Bola Inggris Musim Ini

Jumat, 13 Maret 2020 18:22 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
Menanti Kejayaan Bakrie Group di Dunia Sepak Bola Inggris Musim ini. Foto: oufc.co.uk

INDOSPORT.COM - Setelah sukses di kompetisi Australia bersama Brisbane Roar FC, kini kelompok usaha Bakrie Group berpeluang besar merajai Liga Inggris musim 2019/20.

Bakrie Group sendiri dalam beberapa tahun terakhir memang telah melebarkan sayapnya ke dunia olahraga, salah satunya di cabang sepak bola yang dimulai dengan mengakuisisi saham Brisbane Roar FC tahun 2011 silam.

Pada awalnya, Bakrie Group hanya menguasai mayoritas saham Brisbane Roar sebesar 70 persen. Kemudian pada Februari 2012, Roar mengumumkan lewat situs resmi mereka bahwa saham sepenuhnya sudah menjadi milik Bakrie.

Baca Juga
Baca Juga

Sejak menguasai penuh saham The Roar, performa tim yang bermarkas di Suncorp Stadium ini mengalami kenaikan bahkan pada musim 2013/14 mereka berhasil menjuarai A-League serta dua kali memenangi A-League Final tahun 2012 dan 2014.

Keberhasilan Brisbane Roar di Liga Australia pun menjadi prestasi membanggakan bagi Indonesia, sebab klub tersebut mampu juara pasca diakuisisi oleh badan usaha Tanah Air.

Selang beberapa tahun usai mengakuisisi Brisbane Roar, badan usaha yang didirikan Achmad Bakrie pada tahun 1942 ini kembali terjun ke dunia sepak bola dengan membeli saham Oxford United.

Tim yang tampil di League One atau kasta ketiga Liga Inggris ini diakuisisi oleh Anindya Bakrie, cucu tertua dari Achmad Bakrie sekaligus CEO and President Director dari Bakrie Group.

Melansir dari laman resmi Oxford United, disebutkan jika Anindya Bakrie bersama Erick Thohir melakukan kongsi saham bersama pengusaha asal Thailand, Sumrit Thanakarnjanasuth pada 2019 lalu.

Pasca diakuisisi oleh Anindya Bakrie dan Erick Thohir, tim berjuluk The Us tersebut berhasil tampil impresif terutama dalam beberapa pertandingan terakhir musim ini.

Bahkan Oxford United sukses tampil tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir bahkan hanya kebobolan tiga gol dan sukses mencetak 14 gol.

Hasil tersebut membuat Oxford United sukses bertengger di peringkat tiga klasemen League One, hanya berjarak tujuh poin dari Coventry City yang menjadi pemuncak sementara.

Dengan menyisakan sembilan laga sisa, peluang Oxford United finish peringkat pertama sekaligus menjuarai kompetisi League One musim ini pun sangat terbuka lebar.

Baca Juga
Baca Juga

Jika hingga akhir musim Oxford United mampu mempertahankan performa impresif mereka, bukan tidak mungkin tim yang bermarkas di Kassam Stadium ini bisa menyamai rekor Brisbane Roar yang berjaya di Australia.

Andai menjuarai League One atau minimal mendapat tiket promosi ke EFL Championship musim depan, Bakrie Group akan mempertegas dominasi mereka sebagai kelompok usaha asal Indonesia yang sukses di dunia olahraga luar negeri.

AustraliaBrisbane RoarLeague OneGrup BakrieLiga InggrisBola InternasionalA League AustraliaOxford United

Berita Terkini