x

Kurang Efektif, Bukti Persib Tak Perlu Meratapi Kepergian Ezechiel N'Douassel

Kamis, 19 Maret 2020 15:24 WIB
Editor: Rafif Rahedian

INDOSPORT.COM - Persib Bandung tak lagi harus meratapi kepergian mesin golnya di Liga 1, yakni Ezechiel N’Douassel. Karena sosok Wander Luiz bisa menjadi pengganti yang sepadan atau bahkan lebih baik.

Ezechiel N’Douassel sendiri memang telah memutuskan untuk tida melanjutkan kerja sama dengan Persib Bandung setelah kompetisi Liga 1 2019 berakhir. Ia memilih untuk hijrah ke Bhayangkara FC.

Kepergian Ezechiel ini tentunya memberikan lubang yang begitu besar di lini serang Persib. Bagaimana tidak, striker asal Chad tersebut mampu menjelma sebagai mesin gol Maung Bandung.

Menurut laporan situs Transfermarkt, Ezechiel sendiri telah mengumpulkan 40 gol dan 20 assist dalam 69 pertandingan bersama Persib sejak 2017 lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Melihat peran pentingnya, tentu cukup sulit bagi sebuah klub untuk mencari pengganti sosok pilar utama. Akan tetapi, Persib tidak membutuhkan waktu lama untuk mendatangkan pengganti yang sepadan.

Melalui kejelian pelatih Robert Rene Alberts, Persib akhirnya menemukan sosok penting dalam diri Wander Luiz. Sang striker anyar bahkan langsung nyetel dengan permainan Maung Bandung.

Bagaimana tidak, penyerang berkebangsaan Brasil tersebut mampu mencatatkan 4 gol dan 2 assist dalam tiga pertandingan Liga 1 2020. Catatan tersebut tentunya sangat fantastis untuk seorang striker.

Jika membandingkan dengan penampilan Ezechiel di Persib, tentunya Wander Luiz jauh lebih diunggulkan. Mengingat, Ezechiel sempat kesulitan ketika beradaptasi di musim pertamanya.

Terbukti, Ezechiel hanya mampu mengoleksi 4 gol dalam 14 pertandingan di Liga 1 2017 lalu. Catatan tersebut tentunya tidak bisa dibilang impresif bagi seorang ujung tombak.

Striker Persib Bandung Wander Luiz (Brasil) saat melakukan selebrasi di Liga 1 2020.

Melihat penampilannya di Bhayangkara pun Ezechiel masih belum bisa menandingi produktivitas Wander Luiz. Saat ini dirinya baru mampu mengumpulkan satu gol hingga pekan ke-3 Liga 1 2020.

Tak cukup adil memang jika hanya melihat torehan gol yang diperoleh oleh kedua striker. Sayangnya, catatan statisik tetap memenangkan nama Wander Luiz ketimbang Ezechiel.

Menurut situs resmi Liga Indonesia, Ezechiel lebih banyak mendapatkan peluang dengan total 7 tembakan, tiga di antaranya mengarah ke gawang. Sedangkan Wander Luiz hanya mendapatkan 6 kali kesempatan menembak (5 ke arah gawang).

Meski mendapatkan peluang tembakan yang lebih banyak, Ezechiel tak mampu melampui torehan gol Wander Luiz di awal musim ini. Bisa dikatakan jika permainan tak lebih efektif ketimbang predator Persib baru.

Baca Juga
Baca Juga

Jika dijumlahkan, Ezechiel telah membuang enam kesempatan saat berada di depan gawang lawan. Sedangkan Wander Luiz hanya melewatkan dua peluang saja hingga pekan ke-3 Liga 1 2020 ini.

Dari segi akurasi, Wander Luiz bahkan unggul, di mana hanya ada satu tembakan yang meleset dari gawang lawan. Sementara Ezechiel terlalu banyak percobaan yang keluar dari gawang lawan, yakni sebanyak empat kali.

Statistik tersebut seharusnya membuat Persib tidak perlu lagi meratapi kepergian Ezechiel. Meski begitu, seluruh elemen Persib tetap harus menunjukkan rasa respek kepada mantan mesin golnya di Liga 1.

Persib BandungLiga IndonesiaEzechiel N'DouasselBola IndonesiaBerita Liga 1Wander LuizLiga 1 2020

Berita Terkini