x

Adu Kaya Sheikh Mansour dan Pangeran Salman, Calon Pemilik Baru Newcastle United

Rabu, 15 April 2020 21:08 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pangeran Mohammad bin Salman siap menjadi saingan Sheikh Mansour di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Pewaris tahta Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman dikabarkan sebentar lagi akan menyelesaikan proses pembelian salah satu klub di Liga Inggris, Newcastle United.

Kabar tersebut santer muncul setelah Pangeran Salman diketahui gagal membeli Manchester United dari tangan keluarga Glazer. Dirinya dikabarkan telah siap dengan banderol 300 juta poundsterling (Rp5,9 triliun) yang diajukan oleh Mike Ashley, pemilik Newcastle saat ini.

Baca Juga
Baca Juga

Pengambilalihan Newcastle dari tangan Mike Ashley akan mengingatkan kita ketika Sheikh Mansour secara mengejutkan membeli Manchester City pada tahun 2008 yang lalu.

Dan pembelian Newcastle yang dilakukan oleh Pangeran Salman ditengarai sebagai salah satu wujud ‘tak mau kalahnya’ keluarga Kerajaan Arab Saudi terhadap Kerajaan Abu Dhabi.

Tetapi jika benar-benar jadi dibeli, apakah Pangeran Salman mampu membuat Newcastle United bisa menjadi seperti Manchester City? Mendominasi Liga Inggris dan diperhitungkan sebagai salah satu klub terkuat di dunia.

Agar mudah membayangkan bagaimana Newcastle nanti di bawah era Pangeran Salman, mari membandingkan kekayaan dua anggota keluarga kerajaan terkaya di Timur Tengah ini.

Karena secara kasar, kekayaan yang mereka berdua miliki akan sangat berpengaruh terhadap klub yang mereka punyai. Dilansir dari The Sun, berikut adalah perbandingan kekayaan Sheikh Mansour dan Pangeran Salman.

Jumlah Kekayaan

Sheikh Mansour: 17 triliun poundsterling (Rp334,5 triliun)

Menurut info yang beredar, 334,5 triliun tersebut adalah kekayaan pribadinya. Sedangkan jika kekayaan keluarganya ikut dihitung, maka total kekayaan Sheikh Mansour bisa mencapai 50 kali lipatnya.

Dikabarkan, total kekayaan keluarganya yang saat ini memegang kekuasaan di Uni Emirat Arab setidaknya mencapai lebih dari 500 triliun poundsterling (9 bilyun rupiah)

Pangeran Salman: 7 triliun poundsterling (Rp137,8 triliun)

Meskipun terhitung lebih kecil dari jumlah kekayaan pribadi milik Sheikh Mansour, tetapi total kekayaan Pangeran Salman mencakup seluruh kekayaan dan sumber daya alam yang ada di Arab Saudi. Mengingat saat ini keluarganyalah yang berkuasa di sana.

Keluarga Kerajaan Arab Saudi sendiri dikabarkan memiliki kekayaan senilai 1,3 bilyun poundsterling (25 bilyun rupiah) atau hampir 3 kali lipat dari total kekayaan keluarga Sheikh Mansour.

Villa atau Rumah Singgah

Sheikh Mansour dikabarkan memiliki rumah singgah untuk liburan senilai 42 juta poundsterling (Rp827 miliar) yang dibelinya pada tahun 2016 yang terletak di Spanyol.

Sedangkan Pangeran Salman tercatat memiliki rumah singgah senilai 230 juta poundsterling (Rp4,5 triliun) yang menjadikan rumah tersebut sebagai rumah termahal di dunia. Rumah tersebut adalah Chateau Louis XIV yang terletak di barat kota Paris.

Baca Juga
Baca Juga

Yacht

Sheikh Mansour diketahui memiliki yacht terbesar nomor 5 di dunia yang bernama Topaz. Yacht tersebut disebut-sebut memiliki harga 316 juta poundsterling (Rp6,2 triliun). Sedangkan Pangeran Salman diketahui memiliki yacht seharga 380 juta poundsterling (Rp7,4 triliun) yang bernama Serene.

Manchester CityNewcastle UnitedLiga Primer InggrisSheikh Mansour bin Zayed bin Sultan Al NahyanSheik SalmanLiga InggrisRaja SalmanSepak BolaBerita Liga Inggris

Berita Terkini