x

Incar Bek Liverpool, 3 'The Next' Virgil van Dijk Jadi Opsi Rekrut PSM Makassar

Rabu, 13 Mei 2020 21:52 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
Ada 3 'the next' Virgil van Dijk yang bisa jadi opsi untuk direkrut klub Liga 1 2020 PSM Makassar usai dikabarkan incar bek Liverpool.

INDOSPORT.COM - Ada 3 'the next' Virgil van Dijk yang bisa jadi opsi untuk direkrut klub Liga 1 2020 PSM Makassar usai dikabarkan incar bek Liverpool.

Kabar mengejutkan datang dari dunia sepak bola Tanah Air, dimana jawara Piala Indonesia 2018-19 PSM Makassar berniat hendak memboyong bek Liverpool Virgil van Dijk.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Chief Executive Officer (CEO) PSM Makassar Munafri Arifuddin atau biasa disapa dengan nama Appi.

Munafri mengimpikan kalau Pemain Terbaik Eropa 2019 itu bisa merumput di Indonesia dan bergabung dengan PSM Makassar, entah kapan.

"Saya mau bawa beknya Liverpool, si Virgil van Dijk. Karena dia benteng pertahanan yang menjadi kunci suksesnya The Reds beberapa tahun terakhir," kata Munafri, Selasa (12/05/20).

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin. Foto: Adriyan Adirizky/INDOSPORT

Virgil van Dijk menjadi salah satu bek termahal dunia usai didatangkan Liverpool dari Southampton pada masa bursa tranfer musim dingin 2017-18.

Bek Timnas Belanda itu membuat Liverpool merogoh kocek senilai 75 juta poundsterling (Rp1,52 triliun) untuk mengeluarkan dari Southampton.

Investasi tersebut berjalan sangat bagus dimana Liverpool merengkuh trofi Liga Champions, UEFA Super Cup, dan Piala Dunia Antarklub pada 2019.

Bek berusia 28 tahun itu memiliki kontrak dengan Liverpool hingga 30 Juni 2023 mendatang. Kemungkinan besar ada opsi perpanjangan masa bakti.

Berdasarkan data yang ditampilkan laman penyedia statistik pemain, Transfermarkt, market value Virgil van Dijk mencapai Rp1,26 triliun (80 juta Euro) per 8 April 2020.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian peluang PSM Makassar mendatangkan Virgil van Dijk dalam waktu dekat menjadi hal yang sangat mustahil bisa menjadi kenyataan.

Sehingga Pasukan Ramang kemungkinan harus menunggu beberapa tahun dulu, tepatnya ketika Virgil van Dijk mendekati usia senja di sepak bola.

Kendati begitu, ada beberapa opsi bagi Juku Eja jika ingin tetap mendatangkan pemain setipe Virgil van Dijk dalam sosok beberapa bek berikut ini.

1. Kristoffer Ajer

Bek Celtic FC Kristoffer Ajer.

Pertama ada bek asal Norwegia Kristoffer Ajer yang saat ini masih membela klub Skotalandia Celtic. Ajer juga dijuluki 'the next' Virgil van Dijk.

Beberapa klub besar juga telah berusaha untuk mendatangkan Ajer. Meski begitu bek berusia 22 tahun ini masih terikat kontrak hingga 31 Mei 2022 mendatang.

Meski begitu, PSM Makassar masih memiliki peluang untuk mendatangkan Ajer lewat koneksi bekas pemainnya, yakni Amido Balde lantaran pernah di Celtic.

Baca Juga
Baca Juga

2. Pharrell Nnamdi Collins

Bek Jerman U-17 Pharrell Nnamdi Collins.

Kemudian ada bek bertalenta milik klub Bundesliga Jerman Borussia Dortmund U-17 Pharrell Nnamdi Collins yang bisa jadi opsi rekrut PSM Makassar.

Pemain berusia 16 tahun yang dijuluki 'the next' Virgil van Dijk ini masih terikat kontrak bersama Borussia Dortmunt hingga 30 Juni 2023 mendatang.

Akan tetapi PSM Makassar bisa saja mendatangkan Collins dengan opsi pinjaman selama satu atau setengah musim dalam upaya mendapatkan servis seperti Virgil van Dijk.

3. Pascal Struijk

Pemain klub Divisi Championship Leeds United U-23 Pascal Struijk.

Terakhir ada bek Leeds United U-23 Pascal Struijk yang disematkan sebagai 'the next' Virgil van Dijk. Struijk sendiri masih berusia 20 tahun.

Bek asal Belanda ini memang mengidolai Virgil van Dijk hingga mengikuti gaya bermain bek Liverpool itu. Sisi positifnya adalah Struijk ternyata keturunan Indonesia.

Hal ini bisa dimanfaatkan dengan cukup baik bagi PSM Makassar jika ingin merasakan servis bek setipe Virgil van Dijk lewat koneksi Marc Klok.

Mengingat Klok datang ke PSM setelah berkarier di Skotlandia. Sekaligus membuka peluang bagi Struijk untuk mendapatkan paspor Indonesia.

LiverpoolPSM MakassarLiga IndonesiaMunafri ArifuddinVirgil van DijkTRIVIABola IndonesiaPascal Struijk

Berita Terkini

Berita Terpopuler