x

Termasuk Bintang China, Ini 5 Pemain Asia yang Sukses di Liga Inggris

Jumat, 15 Mei 2020 11:37 WIB
Editor: Coro Mountana
Termasuk Bintang China, Ini 5 Pemain Asia yang Sukses di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM – Siapa sangka jika 5 pemain Asia berikut ini memiliki karier yang sukes di Liga Inggris, termasuk bintang China.

Sudah menjadi rahasia umum kalau sepak bola Asia kerap dipandang sebelah mata di Eropa. Oleh karena itu sangat jarang ada pemain Asia bisa sukses di Eropa terutama Liga Inggris.

Akan tetapi 5 pemain Asia berikut ini, termasuk bintang China justru mampu membalikkan semua prediksi dengan meraih kesuksesan di Liga Inggris, siapa saja?

Baca Juga
Baca Juga

Sun Jihai

Pertama ada bintang China dengan caps internasional mencapai 80 pertandingan yaitu Sun Jihai. Banyak yang tidak sadar kalau ada bintang China yang meraih kesuksesan bersama Manchester City di Liga Inggris pada era 2000-an.

Bermain selama 6 musim bersama Manchester City di Liga Inggis sejak 2002 hingga 2008 merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa untuk pemain Asia. Meski tidak berhasil memenangi apapun, Sun Jihai tercatat selalu menjadi di lini belakang Manchester City.

Itu terbukti dengan jumlah penampilan mencapai 149 pertandingan yang membuat Sun Jihai memang merupakan pemain penting bagi Manchester City. Saat ini Sun Jihai sudah pensiun dan beralih ke asisten pelatih untuk China U-21.

Baca Juga
Baca Juga

Shinji Okazaki

Selanjutnya dari negeri Jepang, ada Shinji Okazaki yang menjadi bagian dari skuat juara Leicester City di Liga Inggris. Bermain dalam 154 pertandingan, Okazaki sukses membukukan 19 gol dan 8 assists sepanjang kariernya bersama Leicester City di Liga Inggris.

Satu trofi Liga Inggris pun berhasil dibawa pulang Okazaki usai menjadikan Leicester City. Meski tidak memiliki tembakan yang lebih akurat dibanding Jamie Vardy, tetapi peran Okazaki saat Leicester City tidak kalah pentingnya.

Pergerakan dan etos kerjanya memungkinkan Jamie Vardy mendapatkan ruang untuk mencetak banyak gol demi Leicester City. Saat ini Okazaki diketahui telah meninggalkan Leicester City dan pindah ke Huesca.

Shinji Kagawa

Shinji Kagawa.

Tak hanya Okazaki saja yang bisa menjuarai Liga Inggris, Shinji Kagawa adalah pemain Jepang yang dapat melakukan itu sebelum striker Leicester City. Dipinang Manchester United di akhir era Sir Alex Ferguson, Kagawa sukses mengantarkan tim juara Liga Inggris.

Bermain dalam 57 pertandingan dalam 2 musim, Kagawa sukses mempersembahkan 6 gol dan 10 assists di sepanjang kariernya bersama Manchester United. Kini setelah meninggalkan Manchester United, Kagawa diketahui sekarang sedang berada di Real Zaragoza.

Son Heung-min

Dari Korea Selatan, ada Son Heung-min yang sejak 2015 selalu menjadi pemain penting bagi Tottenham Hotspur. Memiliki pergerakan yang sangat lincah ditunjang penyelesaian akhir memukau membuat Son Heung-min dengan cepat bisa menjadi idola di Tottenham Hotspur.

Prestasi terbaiknya saat mengantarkan Tottenham Hotspur ke final Liga Champions. Selama membela Tottenham Hotspur, Son Heung-min telah tampil dalam 220 pertandingan dengan torehan 83 gol dan 44 assists di sepanjang kariernya di Inggris.

Park Ji-sung

Park Ji-sung dan Shinji Kagawa ketika masih bermain di Manchester United.

Terakhir ada compatriot sekaligus senior Son Heung-min yaitu Park Ji-sung. Bermain selama 7 musim sejak 2005 bersama Manchester United menempatkan Park Ji-sung sebagai pemain Asia tersukses di Liga Inggris.

Tak hanya itu, Park Ji-sung juga sempat bermain di Queens Park Rangers. Akan tetapi karier terbaiknya terjadi saat membela Manchester United dengan torehan 204 kali bertanding, 28 gol dan 29 assists di berbagai ajang.

4 kali juara Liga Inggris dan 1 Liga Champion membuat gelandang Korea Selatan itu begitu sukses bersama Manchester United. Itulah 5 bintang Asia yang berhasil meraih kesuksesan di Liga Inggris.

Manchester UnitedJepangManchester CityPark Ji SungShinji KagawaKorea SelatanChinaShinji OkazakiSon Heung-MinLiga InggrisTRIVIAFeatureBerita Liga Inggris

Berita Terkini