x

3 Nilai Lebih Maruarar Sirait, Pantas Masuk PT LIB?

Selasa, 19 Mei 2020 10:38 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
Politisi Partai PDIP Maruarar Sirait menjadi salah satu nama yang mendapatkan dukungan masuk dalam jajaran penting Operator Liga 1 2020, PT LIB.

INDOSPORT.COM – Politisi Partai PDIP Maruarar Sirait menjadi salah satu nama yang mendapatkan dukungan masuk dalam jajaran penting Operator Liga 1 2020, PT LIB.

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Operator Liga 1 2020, PT Liga Indonesia Baru (LIB) Senin kemarin (18/05/20), menghadirkan sebuah putusan penting. Yaitu disetujuinya pengunduran diri Direktur Utama Cucu Somantri dan tiga komisaris LIB yaitu Sonhadji (komisaris utama), Hasani Abdulgani dan Hakim Putratama.

“Pada RUPSLB ini, Dirut LIB menyampaikan pengunduran dirinya dan seluruh peserta rapat menyetujui,” kata Juni A. Rachman selaku perwakilan PSSI.

Baca Juga
Baca Juga

Meski disetujui mayoritas anggota PT LIB, jelas mundurnya keempat sosok penting tersebut menghadirkan sebuah polemik. Mundurnya para petinggi PT LIB itu terjadi di tengah kondisi ketika kompetisi Liga 1 2020 terhenti dan belum jelas akan kapan kembli bergulir.

Namun apapun itu, PT LIB saat ini jelas harus segera mencari penggantinya. Mungkin saja salah satunya merupakan sosok yang juga belakangan menyeruak yakni Maruarar Sirait.

Nama Maruarar Sirait sendiri muncul salah satunya saat disebut oleh Ketua Umum Persipura Benhur Tommy Mano, sebagai salah satu sosok yang layak mengisi jabatan penting di PT LIB.

Dan seperti penilaian Benhur tersebut, INDOSPORT juga coba mengulas lebih jauh apa saja kiranya nilai lebih yang dimiliki Maruarar Sirait hingga membuatnya pantas memegang jabatan penting di PT LIB. Seperti berikut:

Sosok Netral

Alasan pertama Maruarar Sirait layak memegang jabatan penting di PT LIB yakni karena latar belakangnya yang tak terkait klub Liga 1 2020 manapun dan juga PSSI.

Dengan posisi tersebut, peluang Maruarar Sirait untuk bersikap netral dalam menjalankan roda PT LIB akan semakin besar pula.

Perihal sosok yang tak terafiliasi dengan klub ataupun PSSI sendiri, sudah didukung oleh beberapa pihak seperti dari Persipura sendiri, juga sebelumnya dari klub Madura United.

Pengalaman

Bukan hanya sekadar dari kalangan netral, Maruarar Sirait juga punya alasan kuat untuk dipercaya sebagai petinggi PT LIB, berkat latar belakangnya di dunia olahraga. Khususnya sepak bola.

Satu pengalaman Maruarar Sirait yang paling penting terjadi ketika dirinya dipercaya menjadi Ketua Steering Committee Piala Presiden. Sebuah kompetisi pramusim terbesar dan sangat prestisius di Indonesia.

Selain itu, Maruarar Sirait juga pernah menjabat sebagai Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olah Raga periode 2005-2010.

Baca Juga
Baca Juga

Kalangan Profesional

Alasan terakhir yang membuat Maruarar Sirait pantas dipercaya sebagai petinggi di PT LIB juga karena latar belakangnya sebagai kalangan profesional.

Sebab selain aktif di partai politik bersama PDIP, Maruarar Sirait juga pernah tercatat sebagai Komisaris Utama PT.Potenza Sinergi. Aktif di berbagai organisasi dan juga pernah memegang tanggung jawab sebagai bendahara partai.

Posisi dan latar belakang tersebut menjadi penting, sebab tentu Maruarar Sirait punya segudang pengalaman yang bisa diterapkannya di PT LIB nanti.

Khusus untuk jabatan bendahara sendiri, itu menjadi krusial, sebab dalam beberapa tahun kebelakang PT LIB selalu mengalami masalah terkait keuangan, khususnya soal transparasi keuangan.

Maruarar SiraitLiga IndonesiaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)TRIVIABola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini