x

Middlesex Wanderers, Klub Inggris yang Tepat 44 Tahun Lalu Bantai Persib di Bandung

Rabu, 20 Mei 2020 11:53 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Tepat tanggal 20 Mei tahun 1976, Persib Bandung pernah menelan kekalahan telak 0-3 dari klub asal Inggris Middlesex Wanderers di Stadion Siliwangi.

INDOSPORT.COM – Tepat tanggal 20 Mei tahun 1976, Persib Bandung pernah menelan kekalahan telak 0-3 dari klub asal Inggris Middlesex Wanderers di Stadion Siliwangi.

Sebagai salah satu klub kaya sejarah di Indonesia, Persib Bandung cukup sering terlibat dalam sebuah pertandingan persahabatan internasional pada tahun 70 dan 80-an.

Namun, di antara banyaknya pertandingan melawan klub dari berbagai negara, satu yang mungkin menjadi sebuah laga spesial adalah ketika mereka menjamu klub asal Inggris, Middlesex Wanderers, 20 Mei 1976.

Baca Juga
Baca Juga

Spesial karena pertandingan melawan Middlesex Wanderers itu adalah sebuah pertandingan seremonial, untuk menandai dibukanya kembali Stadion Siliwangi pasca menjalani renovasi sejak beberapa tahun sebelumnya.

Sayangnya, sebagai tuan rumah di Stadion kebanggaan masyarakat Bandung kala itu, Persib harus menelan kekalahan telak dari Middlesex Wanderers dalam skor 0-3.

Saat itu, Persib harus mengakui keunggulan lawannya lewat gol John W. Cozens (menit 30 dan 78), serta Richard D. Kidd (menit 32).

Siapa Middlesex Wanderers

Meski menjadi catatan spesial dalam sejarah Persib, pertandingan melawan Middlesex Wanderers sangat mungkin tak banyak diketahui penggemar klub berjuluk Maung Bandung itu saat ini.

Begitu juga mengenai siapa Middlesex Wanderers, klub yang menjadi lawan Persib kala itu. Sebab, tak seperti klub Inggris macam Liverpool atau Manchester United, nama Middlesex Wanderers saat ini hampir sama sekali tak pernah terdengar. Padahal, pada masanya, Middlesex Wanderers merupakan klub Inggris paling tersohor di dunia internasional.

Kepopuleran Middlesex Wanderers pada masanya tak lepas dari tujuan didirikannya klub itu sendiri, yakni untuk semakin mempopulerkan sepak bola di berbagai negara pada awal tahun 1990-an.

Pada awalnya, Middlesex Wanderers terbentuk dengan nama Richmond Town Wanderers oleh prakarsa dua saudara Bob dan Horace Alaway tahun 1905. Baru pada tahun 1912, nama berganti menjadi Middlesex Wanderers, seiring reputasi mereka yang mulai meningkat.

Middlesex Wanderers mempopulerkan sepak bola dengan menjalani pertandingan uji coba di berbagai negara Eropa hingga ke Turki di tahun 1913.

Pasca perang dunia kedua, jangkauan Middlesex Wanderers semakin luas hingga sampai ke Afrika dan ke Timur Jauh atau Asia. Bisa dikatakan saat itu, Middlesex Wanderers lah klub pertama dari Inggris yang bisa menjalani pertandingan di luar Eropa.

Bahkan, di tahun 1960, dengan reputasinya, Middlesex Wanderers diminta oleh federasi sepak bola Inggris (FA), untuk membentuk tim yang mewakili negara di Olimpiade. Sebagai timbal baliknya, FA mendukung Middlesex Wanderers untuk semakin menjangkau jauh belahan dunia lain.

Rangkaian tur pertandingan persahabatan terbesar yang dijalani Middlesex Wanderers sendiri terjadi di tahun 1967 ketika mereka mendatangi enam negara di Asia, temasuk salah satunya Indonesia. Mereka beruji coba dengan Persib Bandung dan sempat ikut Piala Marahalim ke-16 di Medan.

Baca Juga
Baca Juga

Saat ini, Middlesex Wanderers sebenarnya masih eksis di Inggris. Namun, seperti tujuan didirikannya klub, mereka masih setia dengan hanya menyandang status klub amatir yang berkeliling menjalani pertandingan persahabatan di berbagai negara.

Tercatat, hingga kini Middlesex Wanderers telah menjalani lebih dari 100 tur ke 44 negara di berbagai belahan dunia.

InggrisPersib BandungBola InternasionalStadion SiliwangiBola Indonesia

Berita Terkini