x

Berikut Ini 10 Protokol Hindari Penyebaran Corona dari LaLiga

Kamis, 21 Mei 2020 10:05 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Berikut 10 protokol hindari penyebaran corona dari LaLiga Spanyol.

INDOSPORT.COM - Klub LaLiga Spanyol sudah memperbolehkan para pemainnya untuk melakukan sesi latihan dengan menerapkan 10 protokol untuk menghindari penyebaran virus corona.

Pekan ini, pemain yang tergabung dalam 42 klub kasta tertinggi dan kasta kedua Liga Spanyol telah kembali melakukan sesi latihan dengan mengikuti protokol kesehatan yang dibuat oleh penyelenggara bersama staf medis dari beberapa klub serta berkoordinasi dengan pemerintah.

Kembali melakukan latihan dengan aman merupakan kunci dari jaminan kembalinya sepak bola profesional yang terjamin dan terarah, yang akan melindungi kesehatan ekonomi sepak bola Spanyol.

Baca Juga
Baca Juga

Protokol ini menetapkan pedoman untuk meminimalkan kemungkinan penularan dan infeksi di antara semua pihak yang terlibat selama mereka kembali dalam pelatihan.

Dengan adanya protokol yag diterapkan, memastikan bahwa para pemain berada dalam kondisi terbaiknya sebelum kembali bermain di saat situasi sudah aman dari pandemi virus corona.

Baca Juga
Baca Juga

Berikut 10 protokol dalam menghindari penyebaran virus corona dari LaLiga Spanyol:

1 . Perilaku Pribadi

Para pemain diharapkan untuk mengikuti peraturan kebersihan dan pembatasan sosial yang telah tersedia, dengan mencuci tangan serta selalu menutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin.

Meminimalkan sentuhan ke mata, hidung, dan mulut. Menjaga jarak setidaknya dua meter dari rekan setim dan juga berlaku kepada staf klub.

2. Pengujian

Sebelum kembali melakukan latihan, para pemain, pelatih, dan staf lainnya yang berada di fasilitas klub akan melalui berbagai tes Covid-19 termasuk tes PCR dan antibodi. Tes berkala ini akan dilakukan sebelum sesi latihan digelar kembali.

3. Disinfektan Fasilitas Latihan

Setiap tempat latihan klub dan seluruh fasilitas akan disemprot disinfektan sebelum para pemain atau staf kembali beraktivitas, dengan mengikuti instruksi otoritas kesehatan. Pembersihan akan dilanjutkan secara berkala setelah latihan telah dimulai.

4. Komunikasi

Pada malam sebelum datang ke tempat latihan, para pemain mendapatkan tugas serta jadwal untuk hari esok di komputer, telepon genggam, atau tablet mereka. Hal tersebut mencakup instruksi mendetail tentang kapan dan bagaimana mengakses fasilitas latihan.

5. Transportasi

Seluruh pemain dan staf klub yang memasuki tempat latihan akan menggunakan mobil pribadi, yang secara berkala dibersihkan serta dibersihkan, dan perlu dipastikan untuk menggunakan kendaraan yang sama setiap hari.

Mereka diharapkan untuk datang pada waktu yang telah ditentukan dan meninggalkan fasilitas dengan mobil yang mereka gunakan setelah selesai latihan.

6. Masker dan Sarung Tangan

Pemain dan staf harus menenakan masker dan sarung tangan ketika tiba di fasilitas, dan saat mereka beraktivitas di sekitar tempat latihan.

7. Kelompok Kecil

Pada saat protokol sesi latihan individu, maksimal enam pemain yang diizinkan untuk berlatih di setiap lapangan, selalu menjaga jarak aman antara para pemain. Maksimal dua pemain diizinkan kapan saja berada di pusat kebugaran dan selalu menjaga jarak aman setiap saat.

8. Seragam

Para pemain dan staf harus mengenakan seragam serta sepatu latihan saat tiba di fasilitas latihan. Setelah berlatih mereka mendapatkan kantong yang bisa didaur ulang berisi seragam latihan untuk hari berikutnya.

Saat di rumah, seragam yang telah digunakan dikembalikan ke tempat asalnya dan pada hari berikutnya harus ditempatkan di kontainer khusus pada pusat latihan yang nantinya akan diambil dan dicuci oleh staf khusus.

9. Kontak dengan Orang Lain

Demi keselamatan para pemain, staf dan orang yang mereka cintai serta rekan setimnya, disarankan agar tidak ada yang memasuki rumah mereka selama semua fase protokol.

10. Fisioterapis

Pemain disarankan untuk menghindari penggunaan fisioterapis. Jika diperlukan, mereka harus selalu ditangani oleh orang yang sama seperti sebelumnya.

LaLiga SpanyolLiga SpanyolSepak BolaTips KesehatanBerita Liga SpanyolVirus Corona

Berita Terkini