x

Jose Mourinho Pelatih yang Sukses di Empat Liga Berbeda

Jumat, 22 Mei 2020 05:45 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jose Mourinho jadi sosok pelatih sukses di empat liga berbeda.

INDOSPORT.COM - Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, bisa dikatakan sebagai salah satu pelatih yang sukses saat menjadi juru racik di empat kompetisi liga berbeda.

Jose Mourinho mengawali kesuksesannya bersama Porto di Liga Portugal pada musim 2002-2003 lalu. Satu musim berikutnya, ia sukses mengantarkan Porto juara Liga Champions 2004.

Setelah sukses bersama Porto di Liga Portugal, pelatih yang memiliki julukan The Special One itu akhirnya mengadu nasib di Liga Inggris bersama Chelsea.

Bersama tim asal London tersebut, Mourinho berhasil membawa Chelsea menjuarai Liga Inggris sebanyak dua kali secara beruntun pada rentang 2004 hingga 2007.

Baca Juga
Baca Juga

Setelah sukses bersama The Blues, pelatih yang berusia 57 tahun itu mencoba peruntungan di Serie A Liga Italia bersama Inter Milan pada tahun 2008.

Saat berada di La Beneamata, mantan pelatih Chelsea ini rupanya juga sukses membawa rival AC Milan dan Juventus tersebut menyabet dua gelar Scudetto dan satu gelar juara Liga Champions pada rentang waktu dua tahun.

Dengan penampilannya yang apik ketika menangani Inter Milan, Jose Mourinho pun dilirik raksasa LaLiga Spanyol, Real Madrid, untuk diboyong ke Santiago Bernabeu.

Mantan penerjemah Bobby Robson di Barcelona tersebut akhirnya membuahkan hasil bersama Real Madrid di LaLiga Spanyol. Ia berhasil membawa trofi Liga Spanyol pada musim 2011-2012 silam.

Pada tahun 2013 lalu, Jose Mourinho memutuskan kembali menaungi klub Liga Inggris yakni Chelsea. Tak kehabisan keberuntungan, ia pun mampu mengantarkan The Blues mendapatkan gelar juara pada musim 2015-2016.

Dengan raihan yang sudah didapat selama ini, Jose Mourinho bisa dikatakan sebagai pelatih tersukses dalam sepanjang sejarah sepak bola dalam menaungi klub di empat liga yang berbeda.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, setelah hengkang dari Chelsea, performanya sebagai seorang pelatih semakin menurun. Sempat menjadi juru racik Manchester United, ia belum bisa memberikan gelar kepada penduduk Old Traffold saat itu.

Saat ini dirinya juga menaungi klub Liga Inggris yakni Tottenham Hotspur. Ia bergabung sejak November 2019 lalu dan masa baktinya akan habis pada 2023 mendatang.

Real MadridChelseaJose MourinhoInter MilanTottenham HotspurFC PortoBola InternasionalSepak BolaBerita Liga ItaliaBerita Liga InggrisBerita Liga Spanyol

Berita Terkini