x

Paulo Lopes, Legenda Benfica Peraih 12 Gelar Juara Lewat 11 Pertandingan

Minggu, 24 Mei 2020 17:30 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Eks Benfica Paulo Lopes mungkin merupakan salah satu pemain paling santai di dunia, yang tak perlu banyak keluar tenaga di pertandingan demi mendapatkan juara.

INDOSPORT.COM – Eks Benfica, Paulo Lopes, mungkin merupakan salah satu pemain paling santai di dunia, yang tak perlu banyak keluar tenaga di pertandingan demi mendapatkan gelar juara.

Disaat banyak pemain bintang yang telah mati-matian berjibaku di atas lapangan, namun juga tak kunjung bisa meraih gelar juara. Sebaliknya, ada juga pemain yang tak perlu banyak keluar tenaga untuk bisa meraih belasan trofi juara. Selayaknya yang dilakukan pemain asal Portugal, Paulo Lopes.

Baca Juga
Baca Juga

Paulo Lopes adalah penjaga gawang atau kiper kelahiran 29 Juni 1978, yang memiliki bakat luar biasa. Setidaknya ketika masih berada di level junior.

Terbukti jelas ketika dirinya bisa menembus akademi salah satu klub terbesar di Portugal, Benfica, pada tahun 1993. Selain itu, di level junior dirinya juga rutin dipanggil memperkuat Timnas Portugal, mulai dari U-15, U-17 hingga U-19.

Sayang, kemudian Paulo Lopes memang kurang beruntung di level senior. Dirinya tak sekalipun mendapatkan kesempatan bermain bersama Benfica, sejak tahun 1997. Hingga kemudian dirinya dipinjamkan ke dua klub berbeda, dan sempat hanya bermain di klub Benfica B, sebelum akhirnya dilepas secara permanen pada tahun 2002.

Tapi, seakan memang berjodoh bersama Benfica. Setelah melanglang buana di beberap klub, pada tahun 2012 dirinya dipercaya untuk kembali memperkuat klub tempatnya mengawali karier.

Di kesempatan keduanya bersama Benfica itulah kemudian Paulo Lopes bisa menorehkan sebuah rekor menarik sebagai pemain. Rekor sebagai salah satu atau mungkin satu-satunya pesepak bola meraih jumlah juara lebih banyak dari jumlah bermainnya.

Di kesempatan keduannya bersama Benfica, Paulo Lopes memang lagi-lagi bukan menjadi pilihan utama. Kendati bisa lebih baik dengan adannya 11 pertandingan yang bisa dijalaninya.

Menjadi spesial buat dirinya, meski hanya bermain sebanyak 11 pertandingan, setidaknya Paulo Lopes bisa berbangga diri. Dirinya tetap bisa membawa pulang total 12 gelar juara yang bersama klub yang berlogo elang itu.

Baca Juga
Baca Juga

Secara rinci, 12 gelar juara yang didapat Paulo Lopes bersama Benfica adalah Juara Liga Portugal sebanyak empat kali, Piala Portugal dua kali, Piala Liga Portugal tiga kali dan juga Piala Super Portugal tiga kali.

Setelah mendapatkan 12 gelar juara tersebut, Paulo Lopes pun akhirnya memutuskan pensiun pada akhir musim 2017/18. Dan seakan memang berjodoh bersama Benfica, selepas pensiun dirinya pun tetap dipercaya oleh klub masa kecilnya itu, untuk menjalani tugas sebagai pelatih kiper di tim junior dan juga tim Benfica B.

PortugalBenficaKiperBola Internasional

Berita Terkini