x

Camavinga, Pemuda Berbakat yang Digilai Oleh Para Raksasa Eropa

Kamis, 28 Mei 2020 14:58 WIB
Editor: Juni Adi
Eduardo Camavinga, wonderkid Stade Rennes yang tengah diincar AC Milan dan Barcelona.

INDOSPORT.COM - Nama Eduardo Camavinga saat ini tengah menjadi komoditi panas di jendela transfer akhir musim nanti, lantaran banyak klub raksasa Eropa yang kepincut talentanya.

Camavinga yang kini memperkuat Stade Rennes, merupakan salah satu wonderkid dengan penampilan gemilang sepanjang musim ini di  Ligue 1 Prancis.

Meski tak banyak mencetak gol dan assist, namun perannya sebagai gelandang di lini tengah Rennes cukup vital. Buktinya, pelatih Julien Stephan selalu menurunkannya sebagai starter.

Sejak dipromosikan dari tim Rennes B awal musim lalu, Camavinga total sudah mencatatkan 43 penampilan dan mencatak 1 gol serta 2 assist di semua kompetisi sejauh ini.

Baca Juga
Baca Juga

Kemampuan individu mengelola bola, dan mengatur ritme permainan membuat Camavinga banyak dilirik oleh sejumlah tim raksasa Eropa.

Manchester United, Juventus, Arsenal, Liverpool, Tottenham Hotspur dan Real Madrid adalah beberapa diantaranya. Belakangan nama terakhir sangat ngotot untuk mendatangkannya, karena keinginan sang pelatih Zinedine Zidane.

Namun rencana Zidane nampaknya akan sulit, setelah Rennes kabarnya mematok bandrol cukup tinggi untuk Camavinga yakni sekitar 60 juta euro setara Rp1 triliun menurut L'Equipe.

Bukan sebuah harga yang murah untuk seorang remaja 17 tahun. Apalagi menurut laman Transfermark, harga sang pemain berada dikisaran 37,50 juta euro atau sekitar Rp642 miliar.

Baca Juga
Baca Juga

Tembus Skuat Utama Sejak 16 Tahun

Ada harga, ada kualitas. Istilah tersebut tampaknya pas untuk menggambarkan seorang Eduardo Camavinga. Sebab memang pemain muda ini punya talenta yang sangat bagus untuk jadi pemain hebat. 

Hal itu sudah dibuktikan oleh pelatih Julien Stephan yang berani memberikan kepercayaan penuh bermain di tim utama sejak usia 16 tahun.

Data situs penyedia layanan statistik sepakbola, Whoscored tak bisa membantah Camavinga sebagai pemain yang memiliki kemampuan tackling terbaik, nyaris tanpa cela dan kelemahan.

Salah satu media olahraga ternama Eropa, Diario AS bahkan berani menyebut Camavinga sebagai jelmaan tiga gelandang beken dunia sekaligus, Casemiro, N'Golo Kante dan Paul Pogba.

"Dia adalah pemain muda dengan potensi yang sangat besar. Saya ingin melihat dia lebih lama di Rennes, tapi realitas pasar bisa berbeda. Kualitas memungkinkan Camavinga meninggalkan tim ini untuk lebih terkenal," kata Julien dilansir Getfootballnewsfrance. 

Bursa TransferReal MadridLigue 1 PrancisRennesBola InternasionalEduardo Camavinga

Berita Terkini

Berita Terpopuler