x

Piala AFF 2016: Kemenangan Terakhir Indonesia Atas Thailand di Final

Rabu, 3 Juni 2020 08:19 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Piala AFF 2016, Kemenangan Terakhir Timnas Indonesia Atas Thailand

INDOSPORT.COM - Mengenang kembali gelaran Piala AFF 2016, dimana Timnas Indonesia terakhir kali merasakan kemenangan atas Thailand pada partai final.

Thailand dan Indonesia sendiri memang dikenal sebagai negara dengan rivalitas sepak bola cukup tinggi di ASEAN, selain sama-sama pernah menjadi raja Asia Tenggara keduanya juga kerap kali saling mengalahkan di berbagai ajang.

Belakangan, Liga Thailand menjadi perbincangan lantaran salah satu pesertanya, Muangthong United dikabarkan berminat untuk mendatangkan winger Timnas Indonesia, Febri Haryadi.

Baca Juga
Baca Juga

Kabar tersebut dicetuskan langsung oleh jurnalis media massa asing ESPN, Paul Murphy lewat sebuah kicauan di akun media sosial Twitter pribadinya.

"Winger internasional Persib Febri Hariyadi dikaitkan akan pindah ke Muangthong United," kicau Paul Murphy pada Minggu (31/05/20) lalu.

Belum jelas secara pasti akan adanya komunikasi antara dua belah pihak. Namun rumor ini cukup menarik untuk terus ditelusuri ke depannya.

Andai transfer tersebut terjadi, tentu menjadi kabar positif buat sang pemain dan juga Timnas Indonesia. Sebab dengan pengalaman yang didapatkan selama di Liga Thailand nanti, bisa membuat kemampuan Febri meningkat.

Melansir dari rilis AFC tahun 2019 lalu, disebutkan bahwa Liga Thailand berada di peringkat kedelapan dan unggul atas Liga Australia yang selama ini dikenal melahirkan klub-klub tangguh Asia.

Sementara Liga 1 tercecer hingga berada di peringkat ke-27. Bahkan Liga 1 kalah dengan Liga Singapura, Vietnam, hingga Myanmar sebagai sesama anggota Asia Tenggara.

Fakta tersebut yang mungkin menjadi alasan, mengapa klub-klub Liga 1 Indonesia saat ini mulai kesulitan ketika harus berduel dengan tim-tim Asia Tenggara lain di ajang Piala AFC.

Dengan fakta itu juga, andai Febri Haryadi bisa tampil di Liga Thailand yang secara kualitas di atas Liga Indonesia, bisa membawa pengaruh positif bahkan meningkatkan kemampuan individunya.

Tidak cuma level kompetisi, kualitas timnas Thailand dan Indonesia pun belakangan mengalami penurunan bahkan skuat Garuda pernah tidak menang dalam satu pertemuan pun dari tahun 1993 hingga 1998.

Padahal sejak 1957 sampai 1970, Timnas Indonesia selalu berhasil menang saat menghadapi Thailand. Total dalam 78 pertemuan kedua tim, Thailand berhasil meraih 39 kemenangan sedangkan Indonesia cuma 25 kali.

Tercatat terakhir kali Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Thailand terjadi pada tahun 2016 lalu, tepatnya di partai final Piala AFF leg pertama.

Dalam turnamen antar negara ASEAN dua tahunan tersebut, Indonesia harus tiga kali menghadapi Thailand. Pertama saat babak penyisihan grup, namun pada saat itu skuat Garuda menelan kekalahan telak dari Thailand dengan skor 4-2.

Pertemuan kedua terjadi pada babak final, Indonesia yang meski terseok di laga awal penyisihan grup malah sukses menyingkirkan Vietnam di semifinal, sedangkan Thailand berhasil menang mudah atas Myanmar.

Di leg pertama yang berlangsung di stadion Pakansari tersebut, Timnas Indonesia berhasil menciptakan keajaiban dengan berhasil meraih kemenangan 2-1, padahal hingga menit ke-65 mereka masih kalah 0-1 dari tim tamu.

Kemenangan tersebut mengulang kembali rekor fantastis Indonesia saat mengalahkan Thailand enam tahun silam, dan menariknya juga terjadi pada ajang Piala AFF.

Baca Juga
Baca Juga

Sayangnya, meski berhasil menciptakan keajaiban dengan mengalahkan Thailand di leg pertama, anak asuh Alfred Riedl tampak belum berjodoh dengan gelar AFF lantaran di leg kedua yang berlangsung di Rajamangala Stadium, Bangkok, Boaz Solossa dan kolega di cukur dua gol tanpa balas.

Agregat pun berubah menjadi 2-3 untuk keunggulan Thailand, sekaligus membuat Negeri Gajah Putih tersebut meraih gelar AFF kelima mereka sepanjang sejarah.

Piala AFF 2016ThailandTimnas IndonesiaFebri HariyadiPiala AFFBola InternasionalTimnas ThailandBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini