x

3 Fakta Southern District, Klub Baru Stefan Antonic di Liga Hong Kong

Kamis, 4 Juni 2020 14:02 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil

INDOSPORT. COM - Stefan Antonic, bek muda yang pernah dipanggil Timnas Indonesia U-19, dikabarkan punya klub baru di Liga Hong Kong, yakni Southern District FC.

Nama Stefan Antonic sempat menghebohkan publik pecinta sepak bola Indonesia sekitar bulan Maret kemarin. Stefan Antonic kala itu tiba-tiba masuk ke dalam skuat Timnas Indonesia U-19 racikan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Kemampuan Stefan Antonic sebagai bek, awalnya direncanakan bakal ikut pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Karawaci Tangerang, pada 17 sampai 29 Maret. Akan tetapi, mengingat kondisi penyebaran virus corona yang sedang parah, rencana itu terpaksa dibatalkan sementara.

Baca Juga
Baca Juga

"Setelah ada pemanggilan itu, Stefan sebenarnya sudah rencana datang ke Jakarta. Namun, karena di sini kemudian kompetisi dan latihan berhenti, akhirnya batal," ujar pelatih PSS Sleman, Dejan Antonic, yang juga merupakan ayah dari Stefan Antonic, kepada INDOSPORT.

Meski impian membela Timnas Indonesia U-19 harus ditunda, Stefan Antonic ternyata tetap tidak mau menyerah. Stefan Antonic masih berusaha mengembangkan bakatnya, agar memperbesar peluangnya untuk dipanggil Timnas Indonesia U-19 lagi.

Upaya terkini Stefan Antonic adalah dengan pindah ke klub baru yang menjanjikan menit bermain lebih. Stefan Antonic yang sebelumnya bermain untuk klub kasta tertinggi Liga Hong Kong, Kitchee SC, dipastikan bakal pindah menuju peserta Liga Hong Kong lainnya, Southern District FC.

Menurut keterangan ayahnya, kepindahan Stefan Antonic ke Southern District, dihiasi kontrak berdurasi dua musim. Lebih jauh, Dejan Antonic menilai bahwa keputusan Stefan Antonic pindah klub, tak lepas dari keinginan sang anak yang ingin mendapat porsi bermain reguler dan masuk skuat Timnas Indonesia U-19.

"Southern adalah tim bagus dan Stefan dikontrak sampai dua tahun. Kitchee ingin kasih kesempatan Stefan agar lebih banyak bermain," kata Dejan.

"Kompetisi musim depan mulai berlangsung November ini. Stefan punya kesempatan banyak pertandingan. Ini bagus karena dia ingin kembali dipanggil Timnas U-19," tambah Dejan.

INDOSPORT lantas coba membedah secara singkat tentang profil Southern District FC, klub baru Stefan Antonic di Liga Hong Kong. Apakah profil Southern Distric FC sesuai dengan kemampuan Stefan Antonic? Mari simak ulasannya berikut.

Reputasi Tim

Southern District FC mungkin benar bakal memberikan dampak baik bagi perkembangan karier Stefan Antonic. Pasalnya, secara reputasi, Southern District FC belakangan sukses menjadi salah satu tim besar di Liga Hong Kong.

Buktinya bisa dilihat dari kiprah Southern District FC dalam empat musim terakhir di kasta tertinggi Liga Hong Kong, sedari 20015/16 sampai 2018/19. Permainan Southern District FC selalu mampu menembus minimal lima besar klasemen papan atas.

Musim 2015/16, Southern District FC yang baru promosi ke kasta tertinggi, langsung mengakhiri musim di posisi empat. Memasuki musik 2016/17, prestasi Southern District FC meningkat lantaran mampu menyandang label juara tiga.

Sempat menurun di posisi lima pada musim 2017/18, Southern District FC kembali bangkit semusim berikutnya. Southern District FC lagi-lagi mampu finis sebagai juara tiga Liga Hong Kong.


1. Prestasi

Stefan Antonic, anak dari Dejan Antonic yang dipanggil ke Timnas Indonesia kini membela Kitchee SC

Reputasi yang cakap sebagai klub papan atas, mungkin akan sejalan dengan capaian prestasi Southern District FC di pentas sepak bola Hong Kong. Namun kenyataannya premis itu tidak terjadi, sebab Southern District FC sampai sekarang masih belum bisa meraih gelar juara bergengsi apapun.

Southern District FC tak pernah merasakan yang namanya juara di kasta tertinggi Liga Hong Kong. Saat masih menghiasi kasta kedua dan ketiga saja, prestasi paling menawan Southern District FC hanya menjadi runner-up saja.

Sebenarnya Southern District FC punya peluang besar untuk memutus puasa gelar pada musim 2018/19 lalu. Southern District FC mampu menembus final dan tinggal selangkah lagi keluar menjadi juara.

Namun yang terjadi, Southern District FC malah kandas dari lawannya, yang juga mantan klub Stefan Antonic, Kitchee SC. Southern District FC menyerah 0-2 dalam laga final, sekaligus mengubur impiannya untuk meraih trofi bergengsi.


Pelatih

Southern District FC punya pelatih yang tergolong dianugerahi rekam jejak menawan. Bagaimana tidak, Zesh Rehman, juru taktik blasteran Pakistan-Inggris yang kini menduduki kursi kepelatihan Southern District FC, dahulu pernah mentas di kompetisi top Eropa, Liga Inggris.

Rehman membela beberapa klub ternama Liga Inggris, seperti Fulham, Brighton & Hove Albion, Norwich City, Queens Park Ranger, Blackpool, dan Bradford City. Bahkan semasa masih junior, Rehman sempat pula membela Timnas Inggris U-17 sekitar tahun 2001 silam.

Hal yang menarik, status Rehman di Southern District FC tidak benar-benar murni sebagai pelatih saja. Rehman juga masih tercatat menjadi pemain Southern District FC, yang artinya rangkap jabatan.

Kebetulan, Rehman posisinya terbiasa menempati sektor bek tengah, mirip seperti Stefan Antonic. Pengalaman panjang Rehman pun diyakini bakal jadi pelatih sekaligus mentor yang cakap bagi karier Stefan Antonic ke depannya.

Dejan AntonicHong KongBola InternasionalStefan Antonic

Berita Terkini