x

Termasuk AC Milan, 3 Jawara Liga Champions yang Pernah Tantang Persib

Jumat, 5 Juni 2020 12:35 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
Berikut ini ada jawara Liga Champions eropa, juga termasuk AC Milan yang pernah permak kontestan Liga 1 2020 Persib Bandung.

INDOSOPRT.COM - Berikut para jawara Liga Champions Eropa, termasuk AC Milan, yang pernah mencukur kontestan Liga 1 2020 Persib Bandung.

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki daya tarik tersendiri bagi bangsa lain dalam hal apa pun, tak terkecuali sepak bola.

Pasalnya, masyarakat Indonesia diketahui sangat menggilai sepak bola dari berbagai elemen. Hal itu terlihat kala stadion selalu penuh diisi ribuan orang.

Masyarakat Tanah Air tak hanya menggemari klub sepak bola lokal, tetapi mancanegara juga disukai hingga mendirikan fanbase sebagai bentuk nyata dukungan mereka.

Hal ini menjadi catatan bagus karena mereka kerap menghadirkan kegiatan positif dan bermanfaat terhadap sesama, selain mendukung klub sepak bola.

Baca Juga
Baca Juga

Klub-klub dari berbagai belahan dunia pun tak ragu untuk berkunjung ke Indonesia guna menyapa para suporter setia mereka.

Beberapa di antaranya bahkan sampai mengadakan tur pra musim dengan melawan klub lokal. Kegiatan tersebut tentunya menyedot atensi masyarakat.

Beberapa klub Indonesia sempat berhadapan sama tim luar negeri dengan beragam label seperti jawara Liga Champions, ajang bergengsi eropa.

Tak terkecuali ialah klub asal Jawa Barat Persib Bandung yang pernah merasakan lawan klub berlabel jawara Liga Champions dalam catatan sejarah.

Terlebih, Persib memiliki basis suporter terbesar dengan nama Bobotoh. Sehingga, laga Persib kontra kampiun Liga Champions pasti dipadati penonton.

Baca Juga
Baca Juga

Berikut ini ada deretan klub juara Liga Champions yang sukses mencukur habis Persib. Siapa saja kira-kira?

1. PSV Eindhoven

Persib Bandung vs PSV Eindhoven di Stadion Siliwangi, Bandung tahun 1987.

Jawara Liga Champions 1987-1988 PSV Eindhoven, merupakan salah satu klub yang pernah pernah mencukur Persib Bandung, tepatnya pada 1987.

Tahun tersebut menjadi periode kedua PSV ke Indonesia dan langsung melawan Persib. Ketika itu, Ruud Gulit dan kolega memetik kemenangan dengan skor mencolok 6-0.

Setahun kemudian, PSV kembali menyambangi Indonesia dan melawan Persib. Hasilnya, Persib dikalahkan dengan skor 4-0 di Stadion Siliwangi.


1. 2. AC Milan

Ilustrasi Persib Bandung vs AC Milan di Stadion Siliwangi, Jawa Barat, 1994.

Kemudian ada jawara Liga Champions tujuh kali, yaitu AC Milan, yang sempat datang ke Indonesia dan melawan Persib pada 1994.

Klub yang kala itu dikomandoi oleh Fabio Capello sukses menggulung Persib dengan skor 8-0. Satu pemain Persib, Yudi Guntara, sempat mendapat apresiasi Capello.

Kedatangan AC Milan ke Tanah Pasundan itu tak dihuni oleh pilar-pilar andalan macam Paolo Maldini, Franco Baresi, dan Jean Pierre Papin. Namun bicara kualitas memang berbeda.

Baca Juga
Baca Juga

3. Ajax Amsterdam

Pertandingan Persib Bandung vs Ajax, 2014.

Terakhir ada wakil Eredivisie Belanda yang juga pernah meraih empat gelar Liga Champions, yaitu Ajax Amsterdam pernah bersua Persib Bandung pada 2014.

Pertemuan Persib vs Ajax berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung. Persib sempat melakukan perlawanan dan tak jadi dipermak lawan.

Karena Persib sukses menahan pasukan Frank de Boer dengan skor 1-1. Inilah periode kedua Ajax Amsterdam ke Indonesia setelah terakhir datang pada 1975.

Persib BandungAC MilanAjax AmsterdamPSV EindhovenStadion Si Jalak HarupatLiga IndonesiaStadion SiliwangiTRIVIABola IndonesiaAC Milan News

Berita Terkini