x

Sehabis Euro, Barcelona Bakal Dapatkan Pelatih Anyar?

Minggu, 7 Juni 2020 17:12 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Setelah Euro, kemungkinan besar klub LaLiga Spanyol, Barcelona, akan menyetop peran Quique Setien sebagai pelatih.

INDOSPORT.COM - Barcelona terkesan tampil kurang meyakinkan ketika ditukangi Quique Setien sepanjang LaLiga Spanyol musim ini. Setelah gelaran Euro, kemungkinan besar mereka akan mendapat pelatih baru.

Setien ditunjuk sebagai pengganti Ernesto Valverde pada 13 Januari lalu setelah Barcelona tersingkir dari perebutan Piala Super Spanyol usai dibekuk Atletico Madrid dengan skor 2-3. Walaupun telah sukses di babak grup Liga Champions, pelatih asal Spanyol ini punya catatan buruk inkonsisten dalam beberapa laga.

Keputusan agar Setien menjadi pelatih kepala diharapkan bisa membantu Barcelona untuk bangkit dalam segi penguasaan bola. Maklum, juru taktik berusia 61 tahun ini terkenal akan strategi possession-nya yang bahkan melebihi Pep Guardiola.

Terbukti, sepak terjangnya buat Barcelona bisa puncaki klasemen LaLiga Spanyol untuk saat ini dengan 58 poin. Hanya saja, mereka cuma berselisih dua angka dari pesaing terberatnya, Real Madrid.

Baca Juga
Baca Juga

Awalnya, Setien mampu mengamalkan tugasnya dengan baik, akan tetapi lama kelamaan hasil kurang impresif kembali muncul setelah Barcelona kalah dalam beberapa laga terutama kala hadapi Real Madrid dengan skor 0-2, Maret lalu. Blaugrana pun mulai menimbang mencari penggantinya.

Ronald Koeman menjadi salah satu kandidat kuat setelah mengaku sempat mendapat telepon dari Barcelona. Bak gayung bersambut, dirinya punya impian untuk mentas sebagai pelatih di Camp Nou dengan syarat setelah menunaikan tugas tukangi Timnas Belanda di gelaran Euro.

"Saya mendapat panggilan telepon dari Barca, dan sudah saya jelaskan jika saat ini saya mau fokus dulu bersama Timnas Belanda untuk lakoni Euro. Saya masih senang di sini, tapi tak ada yang tahu kelanjutan di masa depan," ucap Koeman dilansir Goal International.

Baca Juga
Baca Juga

"Dalam kontrak saya ada klausul yang menyatakan saya bisa tinggalkan Timnas setelah Euro dan semua orang juga sudah tahu jika impian saya ialah menjadi pelatih Barcelona. Saya yakin punya kesempatan itu karena butuh banyak pengalaman melatih di sana," tambahnya.

Terlepas dari kemungkinan Koeman bakal jadi pelatih anyar setelah Euro yang diundur tahun depan, Barcelona akan jalani jadwal LaLiga Spanyol lanjutan yang sempat terhenti karena corona. Skuat Setien akan menjamu Real Mallorca pada 14 Juni nanti. 

BelandaLaLiga SpanyolRonald KoemanEuro 2020PelatihEuroLiga SpanyolSepak BolaBerita Liga SpanyolQuique SetienJadwal LaLiga

Berita Terkini