x

3 Bintang Asia yang Gagal di Liga Inggris, Ada dari Manchester United

Rabu, 10 Juni 2020 14:05 WIB
Editor: Coro Mountana
3 Bintang Asia yang Gagal di Liga Inggris, Ada dari Manchester United.

INDOSPORT.COM – Berikut ini adalah 3 bintang Asia yang terbukti gagal total di Liga Inggris, salah satunya berasal dari Manchester United.

Park Ji-sung dan Shinji Okazaki kerap disematkan sebagai bintang Asia yang sukses besar di Liga Inggris. Hal itu menunjukan kalau para pemain sepak bola yang berasal dari Asia bisa bersaing juga di Liga Inggris.

Akan tetapi 3 bintang Asia berikut ini justru menjadi produk dari kegagalan di Liga Inggris. Salah satunya merupakan pemain Manchester United yang tak mampu bersaing di Liga Inggris dan harus hengkang, siapa saja?

Baca Juga
Baca Juga

Dong Fangzhuo

Pertama ada bintang China bernama Dong Fangzhuo yang terbukti gagal total di Manchester United. Padahal ia bergabung dengan masa kejayaan Manchester United antara 2006 hingga 2008 dengan torehan satu trofi Liga Champions.

Akan tetapi pemain yang bisa bermain sebagai striker ini kalah saing dengan nama-nama beken seperti Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney. Akibatnya selama dua musim, Dong Fangzhuo hanya bermain sebanyak 3 kali saja.

Baca Juga
Baca Juga

Sekali di Liga Champions musim 2006/07 di mana Manchester United ditahan imbang AS Roma, satu di ajang Liga Inggris saat imbang dengan Chelsea. Dan satunya lagi saat kalah memalukan dari Coventry City, 0-2 di ajang Piala Liga Inggris, kini Dong Fangzhuo sudah pensiun.


1. Park Chu-young

Park Chu-young

Sepak bola Inggris sempat dikejutkan dengan keputusan Arsenal untuk merekrut bintang Korea Selatan, Park Chu-young. Ekspektasi besar pun mengemuka yang berharap Park Chu-young, bintang Korea Selatan di Piala Dunia 2010 mampu membawa trofi bagi Arsenal.

Benar saja, dalam kurun waktu 2011 hingga 2014, Arsenal berhasil meraih 1 gelar juara di Piala FA. Akan tetapi jika dicermati, tanpa Park Chu-young sekalipun, Arsenal bakal tetap juara karena bintang Korea Selatan itu tak berkontribusi sama sekali

Itu tercatat dengan dirinya yang hanya tampil dalam 7 pertandingan saja dengan torehan 1 gol saja di ajang Piala Liga Inggris melawan Bolton. Sulitnya beradaptasi dengan sepak bola Inggris dan persaingan ketat di posisi striker membawa Park Chu-young hanya menjadi pembelian gagal Arsenal.

Ryo Miyaichi

Ryo Miyaichi saat berseragam Arsenal.

Rupanya tak hanya sekali Arsenal melakukan pembelian bintang Asia yang gagal, di periode nyaris sama, mereka kembali melakukan kesalahan. Bintang Asia yang gagal di Liga Inggris bersama Arsenal adalah wonderkid Jepang, Ryo Miyaichi.

Bintang Jepang itu tercatat bermain untuk Arsenal dalam rentang waktu 2011 hingga 2015, sayang, kebanyakan waktunya ia habiskan sebagai pemain pinjaman di klub lain. Sedangkan saat bermain untuk Arsenal, Ryo Miyaichi lebih banyak duduk di bangku cadangan.

Menariknya, Ryo Miyaichi sebenarnya sempat bermain di klub Liga Inggris selain Arsenal yaitu Bolton dan Wigan, tapi tetap, dirinya lebih banyak jadi cadangan. Meski demikian, Ryo Miyachi sukses meraih 2 trofi Piala FA bersama Arsenal dan Wigan.

Manchester UnitedArsenalDong FangzhouPark Chu YoungLiga InggrisRyo MiyaichiTRIVIA

Berita Terkini