x

3 Hal yang Harus Dilakukan Osvaldo Haay Agar Bisa ke Liga Jepang

Rabu, 10 Juni 2020 10:33 WIB
Editor: Rafif Rahedian
3 hal yang harus dilakukan Striker Persija Jakarta, Osvaldo Haay agar bisa berlabuh ke Liga Jepang.

INDOSPORT.COM – Talenta muda asal Indonesia Osvaldo Haay harus melakukan 3 hal agar bisa bergabung dengan klub Liga Jepang di waktu mendatang.

Media Malaysia, Vocketfc, menyebut jika Osvaldo Haay bisa berkarier di Liga Jepang seperti dua bintang Thailand, Chanathip Songkrasin dan Theerathon Bunmathan.

Namun Vocketfc memberikan saran kepada Osvaldo Haay untuk lebih dulu memulai kariernya di kasta kedua Liga Jepang, dengan maksut menyesuaikan karakter sepak bola Negeri Sakura.

Baca Juga
Baca Juga

"Osvaldo merupakan penyerang muda terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Dia membantu Timnas U-22 memenangi Piala AFF U-22 2019, sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak SEA Games 2019."

"Osvaldo Haay boleh diberikan peluang untuk beraksi di saingan J2 (kasta kedua Liga Jepang) seperti Hadi Fayyadh yang menimba pengalaman," tulis Vocketfc.

Berbagai media asing sudah tidak meragukan kemampuan Osvaldo Haay di lini depan. Ia mulai dikenal setelah sukses menjadi mesin gol Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games 2019 lalu.

Kemudian bersama klub barunya Persija Jakarta, pemain yang masih berusia 22 tahun tersebut sudah mengoleksi satu gol di kompetisi Liga 1 2020.

Gol perdananya bersama Persija hadir ketika Macan Kemayoran menumbangkan Borneo FC dengan skor 3-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 1 Maret 2020 lalu.  

Pada pertandingan tersebut, Osvaldo Haay sudah dipercaya oleh pelatih Sergio Farias untuk memainkan peran sejak menit awal dan bermain selama 90 menit penuh.

Baca Juga
Baca Juga

Aksi fantastisnya bersama Persija dan Timnas Indonesia U-22 itu yang akhirnya membuat Osvaldo Haay dinilai layak mencicipi karier di Liga Jepang.

Kali ini INDOSPORT mencoba untuk meerangkum 3 hal yang harus dilakukan oleh Osvaldo Haay agar bisa berkarier di kompetisi Liga Jepang.


1. Tingkatkan Kualitas

3 hal yang harus dilakukan Striker Persija Jakarta, Osvaldo Haay agar bisa berlabuh ke Liga Jepang.

Sebagai pesepakbola profesional, meningkatkan kualitas permainan tentunya menjadi hal yang sangat wajib. Mengingat, hampir tak ada klub yang berani mengkontrak pemain selama seumur hidup.

Klub sengaja mengontrak sang pemain demi melihat perkembangan dan seberapa besar kontribusinya terhadap tim.

Jika hal itu tidak diberikan pemain, maka klub tak akan memperpanjang kontraknya, atau bahkan berani memutus kontrak sang pemain.

Meningkatkan kualitas permainan juga dibutuhkan sang pemain untuk bisa bermain di level yang lebih tinggi. Hal inilah yang harus dilakukan oleh Osvaldo Haay agar bisa naik tingkat ke Liga Jepang.

Bersinar di Persija Jakarta

Apabila Osvaldo Haay berhasil meningkatkan kualitasnya, maka bukan tidak mungkin jika dirinya bakal bersinar bersama Persija Jakarta di kompetisi Liga 1 2020.

Beberapa klub pun tentunya akan memantau penampilan terakhir Osvaldo Haay musim ini. Jika ia mampu tampil fantastis, maka klub Liga Jepang pun bisa saja tertarik dengan jasanya.

Artinya, meski Osvaldo tampil gemilang bersama Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019, namun penampilannya buruk bersama Persija, kemungkinan besar tak ada klub papan atas yang ingin merekrutnya.

Tidak Hanya Menaruh Harapan ke Eropa

Hampir sebagian besar pemain muda Indonesia menjadikan sepak bola Eropa sebagai kiblatnya. Tak jarang dari mereka berharap agar bisa bergabung dengan klub ternama Eropa.

Egy Maulana Vikri pun menjadi pelopor pemain muda Indonesia yang berkarier di kasta tertinggi sepak bola Eropa bersama Lechia Gdansk.

Namun harapan itu nyatanya terlalu muluk bagi pemain Indonesia. Mereka seharusnya menguasai kompetisi Asia terlebih dahulu dengan bergabung klub Liga Jepang atau Liga Korea Selatan.

Karena beberapa pemain Thailand saja lebih memilih untuk mencoba berkarier di level Asia terlebih dahulu, sebelum akhirnya naik level ke Eropa.

Osvaldo Haay pun seharusnya tidak hanya menaruhkan harapan ke sepak bola Eropa saja, namun dirinya juga harus membuka mata untuk sepak bola Asia.

Bola InternasionalOsvaldo HaayLiga JepangJ2 LeagueTRIVIABola IndonesiaTransfer Pemain

Berita Terkini