x

Mencari Tahu 5 Kiper Terbaik di Kompetisi Sepak Bola Eropa

Senin, 22 Juni 2020 12:32 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Siapa kira-kira lima sosok kiper terbaik yang layak diperhitungkan keberadaannya di kancah sepak bola Eropa?

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang memegang peran penting dalam sebuah tim sepak bola. Berikut sederet kiper yang layak dapat sebutan terbaik di kancah kompetisi Eropa.

Kiper memiliki tugas berat sebagai benteng yang kokoh agar timnya tidak kebobolan. Saat bertanding di kompetisi sepak bola Eropa, seorang kiper dituntut punya kemampuan yang mumpuni.

Mereka berlomba-lomba menorehkan rekor clean sheet untuk menyelamatkan timnya dari kekalahan. Dilansir dari Squawka, berikut 5 kiper terbaik di kancah kompetisi Eropa.

Baca Juga
Baca Juga

1. Jan Oblak (Atletico Madrid)

Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak.

Jan Oblak dinilai punya penampilan yang konsisten selama berlaga di LaLiga Spanyol. Musim ini, Oblak telah menorehkan 13 kali clean sheet di kompetisi tersebut.

Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois, adalah pesaingnya dalam upaya meraih penghargaan Golden Gloves alias sarung tangan emas. Sejauh ini, Courtois punya torehan clean sheet yang sama dengan Jan Oblak.

Baca Juga
Baca Juga

2. Alisson Becker (Liverpool) 

Alisson Becker (Liverpool).

Alisson Becker punya kemampuan tinggi untuk menghalau bola dari mistar gawang yang dihalangnya. Pemain Liverpool ini punya fisik yang kaya dan refleks yang tidak masuk akal.

Presentase penyelamatan yang bisa dilakukannya adalah mencapai 60 persen. Itu adalah presentase tertinggi di kompetisi Liga Inggris.


1. 5 Kiper Terbaik di Kancah Kompetisi Eropa

Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois.

3. Thibaut Courtois (Real Madrid) 

Kiper terbaik selanjutnya adalah Thibaut Courtois, eks Chelsea yang sempat membuat heboh publik ketika pindah ke Real Madrid beberapa waktu lalu.

Thibaut Courtois kini menempati urutan nomor satu di daftar pencetak clean sheet di LaLiga Spanyol. Dari 26 laga yang telah dilakoninya, ia mampu mencetak 13 clean sheet dengan presentase penyelamatan 50 persen.

Kiper asal Belgia ini berambisi untuk membantu Real Madrid meraih gelar juara LaLiga Spanyol.

4. Marc-Andre ter Stegen (Barcelona)

Marc Andre ter Stegen (Barcelona)

Marc-Andre ter Stegen dipercaya memiliki kekuatan yang merupakan gabungan dari Ederson Moraes dan Alisson Becker.

Artinya, Ter Stegen punya paket komplet sebagai seorang kiper. Ia adalah salah satu pilar penting di Barcelona. Tak cuma jago jaga gawang, penjaga gawang asal Jerman itu bahkan mampu mencetak assist untuk membantu Luis Suarez mencetak gol.

5. Manuel Neuer (Bayern Munchen)

Kiper Bayern Munchen, Manuel Neuer.

Nama terakhir dari daftar kiper terbaik di kancah sepak bola Eropa adalah Manuer Neuer, yang kini membela Bayern Munchen.

Neuer pernah dinobatkan sebagai kiper terbaik di dunia. Meskipun sudah berusia 35 tahun dan sempat dibekap cedera, ia membuktikan kontribusinya untuk membawa Bayern Munchen jadi juara Bundesliga Jerman musim ini.

Dia kerap bertindak sebagai seorang sweeper karena nyaris selalu meninggalkan wilayahnya untuk menghalau bola. Manuel Neuer sudah mencicipi gelar juara dunia bersama Timnas Jerman dan memegang tujuh trofi di kasta tertinggi Liga Jerman.

Thibaut CourtoisManuel NeuerMarc-Andre ter StegenJan OblakKiperBola InternasionalAlisson BeckerTRIVIASepak Bola

Berita Terkini