x

Termasuk Striker Liverpool, 6 Bintang Top Eropa yang Tempa Ilmu di KRC Genk

Senin, 29 Juni 2020 21:48 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Enam pemain yang sekarang sukses menjadi bintang tenar dunia ini ternyata pernah menimba ilmu bersama klub sepak bola Belgia, KRC Genk.

INDOSPORT.COM - Enam pemain yang sekarang sukses menjadi bintang tenar dunia ini ternyata pernah menimba ilmu bersama klub sepak bola Belgia, KRC Genk.

Racing Club Genk atau yang lebih dikenal dengan nama KRC Genk adalah klub sepak bola asal Belgia yang berbasis di Limburg. Mereka berlaga di Liga Pro Belgia dan sudah empat kali juara domestik.

Selain itu, mereka juga pernah enam kali memenangkan Piala Belgia dan dua kali juara Piala Super Belgia. Di Liga Champions, Genk memiliki total main 22 kali, menang lima kali, imbang delapan kali, dan kalah sembilan kali.

Baca Juga
Baca Juga

Meski kiprah mereka di kancah sepak bola Eropa kurang menjanjikan, tapi Genk atau yang juga berjuluk The Smurf itu ternyata telah berjasa dalam menelurkan pemain-pemain yang sekarang menjadi superstar dunia.

Melansir dari laman portal berita olahraga Squawka, berikut tersaji enam pemain bintang dunia yang ternyata merupakan jebolan dari KRC Genk.

1. Kevin De Bruyne (Manchester City)

Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne, mengawali karir sepak bola juniornya bersama Gent pada 1999-2005. Setelah itu, ia pindah ke Genk sampai 2008. Ketika usia dan pengalamannya sudah mencukupi, De Bruyne dipanggil untuk memperkuat tim senior Genk pada 2008-2012.

Karena performanya yang memukau, raksasa Liga Inggris yang bernama Chelsea tertarik. Mereka pun mendatangkan De Bruyne ke Stamford Bridge pada 2012-2014. Setelah itu, ia pindah ke VfL Wolfsburg pada 2014-2015 dan akhirnya ke Manchester City dari 2015 sampai sekarang.

2. Kalidou Koulibaly (Napoli)

Sebelum pindah ke Napoli, bek tengah asal Prancis yang bernama Kalidou Koulibaly terlebih dulu membela Genk pada 2012-2014. Ia memperkuat The Smurf setelah meninggalkan klub tempat dirinya meniti karir juniornya, Metz.

Digadang-gadang menjadi salah satu bek tengah terbaik yang bisa menyaingi VIrgil van Dijk dari Liverpool, Koulibaly telah menjadi andalan Napoli sejak 2014 yang lalu. Ia memiliki total menit bermain 20.802 menit dari 237 pertandingan yang ia jalani di semua kompetisi.


1. Termasuk Striker Liverpool, Ini 6 Bintang Top Eropa yang Tempa Ilmu di KRC Genk

Enam pemain yang sekarang sukses menjadi bintang tenar dunia ini ternyata pernah menimba ilmu bersama klub sepak bola Belgia, KRC Genk.

3. Yannick Carrasco

Pemain sayap Atletico Madrid, Yannick Carrasco, pernah menghabiskan waktu selama lima tahun dari 2005-2010 bersama Genk. Setelah ia meniti karir sepak bola senior, Carrasco lantas pindah ke Monaco B pada 2010-2012. Ia gabung Atletico Madrid pada 2015-2018.

Meskipun sekarang ia juga memperkuat raksasa LaLiga Spanyol tersebut, tapi statusnya hanyalah pinjaman dari klub China, Dalian Yifang, yang telah mendatangkannya pada 2018 yang lalu. Selain itu, Carrasco memang lahir di Belgia. Jadi, wajar jika ia pernah membela Genk.

4. Divock Origi (Liverpool)

Salah satu striker andalan Liverpool, Divock Origi, ternyata juga mulai menimba ilmu di Genk. Tak tanggung-tanggung, pemain yang sekarang ini berusia 25 tahun itu menghabiskan waktu selama sembilan tahun bersama The Smurf, yaitu pada 2001-2010 sebelum akhirnya mencoba peruntungan di Lille.

Bersama Liverpool sejak 2014, Origi telah meraih banyak gelar seperti juara Liga Inggris 2019/20, juara Liga Champions 2018/19, juara Piala Super UEFA 2019, dan Piala Dunia Klub FIFA 2019. Ia juga memiliki gelar pribadi, yaitu Belgian Sportsman Promising Talent 2014.

5. Thibaut Courtois (Real Madrid)

Penjaga gawang Real Madrid, Thobaut Courtois juga merupakan jebolan Genk. Tercatat, sudah 12 tahun ia menghabiskan waktunya bersama klub Belgia tersebut dari 1999-2011 sebelum akhirnya pindah ke Chelsea. Courtois sendiri gabung Madrid pada 2018.

Sebagai kiper, kemampuannya tak perlu diragukan. Ia sukses mendapat penghargaan Kiper Terbaik Belgia 2011, Best Belgian Player Abroad 2013 dan 2014, The Best FIFA Goalkeeper 2018, FIFA World Cip Golden Glove 2018, dan masih banyak lagi.

Baca Juga
Baca Juga

6. Sergej Milinkovic-Savic (Lazio)

Gelandang kelahiran Spanyol yang memperkuat timnas Serbia, Sergej Milinkovic-Savic hanya membela KRC Genk selama satu musim saja, yaitu pada 2014-2015 sebelum akhirnya pindah ke Lazio pada 2015 sampai sekarang. Savic memiliki juluk Pogba Serbia, karena performanya yang mirip Paul Pogba.

Ia adalah seorang gelandang serba bisa. Ia bisa dipasang sebagai trequartista atau mezzala. Savic juga sangat lincah, gesit, memiliki positioning yang baik, dan finishing yang ciamik. Tak heran namanya pernah menarik minat klub-klub besar seperti Inter Milan.

Itulah enam pemain tenar dunia yang ternyata pernah menimba ilmu bersama klub Belgia KRC Genk. Hal ini seperti menyadarkan kita bahwa klub kecil sekalipun ternyata memiliki kontribusi yang besar terhadap perkembangan karir para bintang sepak bola yang kita kenal sekarang.

LiverpoolBelgiaManchester CityThibaut CourtoisNapoliDivock OrigiKevin De BruyneKalidou KoulibalyBola InternasionalKRC GenkSergej Milinkovic-SavicSepak BolaYannick Carasco

Berita Terkini

Berita Terpopuler