x

Fakta Menarik Ronald Koeman, Meneer Belanda Calon Pengganti Quique Setien di Barcelona

Jumat, 3 Juli 2020 12:55 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Berikut beberapa fakta dan catatan menarik Ronald Koeman, pelatih asal Belanda yang dikabarkan bakal menjadi pengganti Quique Setien di Barcelona.

INDOSPORT.COM - Berikut beberapa fakta dan catatan menarik Ronald Koeman, pelatih asal Belanda yang dikabarkan bakal menjadi pengganti Quique Setien di Barcelona.

Posisi Quique Setien sebagai pelatih Barcelona sendiri memang tengah berada di ujung tanduk. Apalagi, jika melihat sederet hasil yang kurang maksimal yang ia dapat bersama El Barca dalam beberapa laga terakhir.

Tidak cuma penampilan yang buruk, perseteruan dengan sejumlah bintang dan sosok vital klub hingga membuat panas ruang ganti pun menjadi alasan kuat mengapa manajemen Barcelona ingin segera mendepak sang pelatih.

Baca Juga
Baca Juga

Semenjak gantikan Ernesto Valverde pada bulan Januari lalu, Quique Setien diharapkan membawa perubahan bagi tim Catalan dengan ciri khas penguasaan bola tingkat tinggi serta mengembalikan gaya tiki-taka yang lama hilang.

Alih-alih mendapat hasil maksimal, Barcelona malah mengalami penurunan prestasi secara signifikan. Mulai dari kegagalan di ajang Copa del Rey serta tidak mampu meraih kemenangan dalam tiga laga terakhir di Liga Spanyol.

Isu pemecatan Quique Setien bahkan semakin kencang lantaran Barcelona kabarnya sudah mempersiapkan sejumlah nama pelatih yang menjadi kandidat pengganti. Salah satunya adalah Ronald Koeman.

Menurut lansiran laman berita Caughtoffside, disebutkan bahwa legenda asal Belanda ini sudah membeli rumah baru dekat Camp Nou yang tidak lain adalah markas dari Barcelona.

Meski belum pasti apakah rumor ketertarikan Barcelona untuk merekrut Ronald Koeman terbukti benar atau tidak. Namun, menarik untuk menyimak sejumlah fakta serta catatan dari mantan pelatih Everton ini.

Lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulasnya.

Legenda Barcelona
Salah satu alasan yang mungkin menjadi pertimbangan mengapa manajemen Barcelona mau merekrut Ronald Koeman adalah sejarah sang pelatih saat masih aktif sebagai pemain beberapa dekade lalu.

Selama menjadi pemain, Ronald Koeman pernah memperkuat sejumlah tim besar Eropa mulai dari PSV, Ajax, Feyenoord termasuk Barcelona.

Tiga tahun memperkuat Barcelona, pemain bertahan kelahiran Zaandam ini berhasil mempersembahkan beberapa gelar bergengsi mulai dari La Liga, Copa del Rey, Supercopa de Espana, European Cup hingga European Super Cup.

Kala itu, Ronald Koeman juga bermain bersama legenda Barcelona yang kini menjadi pelatih top di Eropa seperti Hristo Stoichkov, Michael Laudrup, hingga Pep Guardiola.

Baca Juga
Baca Juga

Berbekal catatan tersebut, manajemen El Barca tampaknya ingin mengembalikan aura Dream Team yang mereka rasakan pada era 800-an silam dengan merekrut para mantan pemain dalam jajaran pelatih.


1. Raihan Gelar Ronald Koeman

Ronald Koeman saat membela Barcelona

Selama aktif bermain, Ronald Koeman berhasil meraih berbagai gelar baik di level klub hingga Timnas Belanda. Untuk klub misalnya, ia sukses membawa Ajax, PSV dan Barcelona menjuarai kompetisi domestik (Liga dan Piala Liga).

Bahkan, untuk dua klub terakhir, ia sukses mempersembahkan gelar juara di kancah Eropa pada tahun 1987/88 saat bersama PSV, dan 1991/92 ketika memperkuat Barcelona.

Sedangkan saat berseragam Timnas Belanda, mantan pemain yang berposisi sebagai bek tersebut mempersembahkan gelar Piala Eropa tahun 1988 silam. Itu satu-satunya gelar juara yang pernah dimenangkan Timnas Belanda.

Saat menjabat sebagai pelatih pun Ronald Koeman beberapa kali sempat angkat trofi, seperti juara Eredivisie, KNVB Cup dan Johan Cruyff Shield:bersama Ajax hingga Copa del Rey saat menukangi Valencia.

Rekor Gol Terbanyak
Meski berposisi sebagai pemain bertahan, namun Ronald Koeman berhasil memecahkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak khususnya bagi seorang bek.

Total Ronald Koeman mampu mencetak 90 saat berseragam Barcelona di semua kompetisi, dan menjadi bek pencetak gol terbanyak buat El Barca.

Koeman juga merupakan pencetak gol tertinggi kedua Barcelona dari tendangan bebas dengan total 26 gol. Ia hanya kalah dari Lionel Messi yang menjadi raja eksekutor bola mati Blaugrana di semua kompetisi.

Dengan catatan gol impresifnya dari bola mati, membuat Ronald Koeman mendapat julukan sebagai King of free kicks selama aktif bermain.

BarcelonaLaLiga SpanyolRonald KoemanLiga SpanyolBola InternasionalBerita Liga SpanyolQuique Setien

Berita Terkini