x

Ridwan Kamil Bicara Peluang Jabar Jadi Tuan Rumah Liga 1 2020

Sabtu, 4 Juli 2020 14:30 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat memantau swab tes tim Persib di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (03/07/2020).

INDOSPORT.COM - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, buka suara mengenai kemungkinan Jawa Barat menjadi pusat pertandingan lanjutan kompetisi Liga 1 2020 Oktober mendatang. 

Peluang Jawa Barat menjadi tempat digelarnya Liga 2020 cukup terbuka, karena memiliki beberapa stadion yang fasilitasnya sangat menunjang untuk menggelar pertandingan, di antaranya Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Bandung), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), dan Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi). 

Meski Jawa Barat memiliki banyak stadion yang bisa menjadi venue pertandingan, namun Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, harus melihat dulu kondisi dan status daerah tempat stadion tersebut berada.

Baca Juga
Baca Juga

Karena, meski mayoritas Kota dan Kabupaten di Jawa Barat sudah mengakhiri Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan mulai menerapkan Adaptasi Kebiasan Baru (AKB), namun masih ada beberapa daerah yang kasus penyebaran virus corona atau covid-19 masih cukup tinggi. 

"Kalau saya patokannya epidemologis, bukan gimana-gimana. Kalau stadionnya misalnya ada di zona yang tidak memungkinkan pasti kami tidak bisa mengizinkan juga," kata Emil di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (03/07/20). 

"Tapi kan sekarang PSBM (Pembatasan Sosial Berskala Mikro). Mungkin si kotanya ada di zona kuning, tapi stadionnya ada di kelurahan zona biru atau hijau berarti boleh," ucapnya menambahkan. 

Emil kembali menegaskan, saat ini belum bisa menentukan stadion mana saja yang bisa digunakan untuk menggelar pertandingan Liga 1 2020. Karena, harus melihat dulu situasi dan status daerah sekitar stadion. 

"Yang jadi masalah nanti bagaimana mengatur penonton, itu yang paling sulit tapi kalau di luar negeri kan tanpa penonton dulu kan? Kuncinya, saya patokannya sama, epidemologi sebagai patokan mengukur boleh tidaknya sebuah tempat, mau fasilitas olahraga atau bukan," jelasnya. 

Salah satu stadion yang ada di Jawa Barat, Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), akan menjadi tempat latihan tim Persib Bandung untuk persiapan mengarungi kompetisi Liga 1 2020. 

Baca Juga
Baca Juga

Selama menggunakan stadion berkapasitas 38 ribu tempat duduk tersebut, Persib akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan sudah bersepakat dengan pihak pengelola Stadion GBLA dalam penerapan protokol kesehatan. 

Sementara itu, hingga saat ini PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum menentukan tempat untuk digelarnya Liga 1 2020. Hanya saja, sudah ada beberapa tempat yang menjadi kandidiat venue kompetisi, di antaranya Yogyakarta. 

Persib BandungJawa BaratRidwan KamilLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Virus Corona

Berita Terkini