x

Starting XI Superstar yang Nyaris Gabung Manchester United, Ada 2 Bintang Liverpool

Kamis, 16 Juli 2020 16:39 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Isman Fadil
Berikut starting XI pemain terbaik yang nyaris berseragam Manchester United.

INDOSPORT.COM -  Meskipun punya nama besar, raksasa Liga Inggris, Manchester United, sempat ditolak oleh beberapa bintang hebat. Berikut kombinasi starting XI para pemain yang nyaris resmi gabung Setan Merah.

Pada masa lampau, berkat arahan Sir Alex Ferguson, The Red Devils mampu menjadi salah satu tim yang paling ditakuti dalam turnamen domesti maupun Eropa. Berbagai gelar pun pernah mereka dapatkan seperti Liga Inggris 13 kali, Liga Champions, dan masih banyak lagi.

Banyak pemain ternama pun langsung kepincut akan performa gemilang dari klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut. Sebut saja Cristiano Ronaldo, David Beckham, Paul Scholes, Ryan Giggs, dan Rio Ferdinand yang pernah mengukir sejarah bareng Fergie.

Baca Juga
Baca Juga

Kini pun demikian, Ole Gunnar Solksjaer mampu membuat pondasi hebat Manchester United sepeninggal era Ferguson yang pensiun 2013 silam. Berbekal pemain jempolan seperti Marcus Rashford, Bruno Fernandes, Paul Pogba, dan Harry Maguire, pelatih Norwegia ini mampu bikin klub menjanjikan arungi Liga Inggris.

Namun meskipun punya popularitas baik, ada kalanya bintang-bintang besar enggan berseragam jersey dominan merah. Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT merangkum 11 pemain terbaik yang hampir tanda tangani kontra Manchester United dilansir Squawka.

Kiper: Manuel Neuer

Balik ke 2011 lalu, sebelum Edwin van der Sar umumkan pensiun, Ferguson sudah ambil langkah seribu mencari pemain pengganti potensial. Sebelum memilih David de Gea. pelatih kiper Setan Merah saat itu, Eric Steele, nyatanya sempat melirik Manuel Neuer.

Ya, Ferguson lebih dulu tertarik akan kehebatan Neuer yang sempat bela Schalke 04 sekitar satu dekade lalu. Sudah ambil ancang-ancang mempermanenkannya, pelatih lawas Manchester United ini malah diajak melihat performa De Gea saat Atletico Madrid bela Valencia oleh Steele.

Bek Kanan: Thomas Meunier

Sebelum dapatkan jasa Aaron Wan-Bissaka sebagai pengganti lini bertahan Antonio Valencia, skuat asuhan Solskjaer tertarik memakai jasa Thomas Meunier. Kesepakatan pun terjalin setelah bintang tersebut nyatakan diri tertarik.

Tapi sayang negosiasi antara Manchester United dan PSG menemui titik buntu. Meunier pun pada akhirnya justru sukses digaet oleh Borussia Dortmund pada tahun ini.

Bek Tengah: Raphael Varane

Kala Jose Mourinho pegang kursi kepelatihan klub 2016 silam, dia tahu pelengkap utama lini bertahan Manchester United ada pada Raphael Varane. Penampilan mengesankan kala sang bintang di Real Madrid jadi satu alasannya.

Mourinho yang punya hubungan baik dengan sang pemain bisa saja merealisasikan negosiasi ini. Akan tetapi tim yang bermarkas di Old Trafford ini keduluan memecat sang pelatih usai hasil tak menentu 2018 lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Bek Tengah: Sergio Ramos

Serupa dengan Varane, Mourinho yang pernah menukangi Real Madrid ingin membawa Sergio Ramos ke Liga Inggris. Ia merasa yakin sang kapten Los Blancos ini bakal menjadi salah satu pelengkap skema dahsyat klub.

Apalagi pada tahun yang sama, Ramos sedang di ambang pintu keluar Santiago Bernabeu dan Manchester United berkesempatan buka negosiasi dengan harga 29 juta poundsterling (Rp532 miliar). Setelah performa gemilang, Real Madrid pun akhirnya enggan melepas bek Timnas Spanyol itu.

Bek Kiri: Saul

Skuat Atletico Madrid asuhan Diego Simeone punya kekuatan vital dalam pertahanan sisi kiri berkat jasa dari Saul. Lima tahun lalu, Manchester United dapat kesempatan untuk merekrut sang bintang yang masih berusia 20 tahun.

Alih-alih lakukan langkah pengamanan kontrak demi kegemilangan Liga Inggris, mereka malah abaikan Saul. Bek kiri yang juga bisa berposisi sebagai gelandang Atletico Madrid ini dicampakan demi gaet Morgan Schneiderlin dan Bastian Schweinsteiger.


1. Gelandang Tengah: Jordan Henderson

Selain Jordan Henderson, ada Sadio Mane yang nyaris gabung Manchester United.

Menjabat sebagai kapten terbaik Liverpool saat ini, Jordan Henderson nyaris teken kontrak bareng Manchester United yang tertarik akan jasanya. Upaya mereka sejalan dengan hasrat dari Ferguson yang mencari pemain hebat di lini tengahnya.

Namun langkah mereka gagal kala Steve Bruce enggan melepas bintang berbakatnya dari Sunderland. Bayangkan saja jika Henderson gabung Manchester United, mungkin trofi Liga Champions bisa singgah ke Old Trafford layaknya kegemilangan Liverpool.

Gelandang Tengah: Toni Kroos

Liga Inggris 2013-2014 menandakan upaya Manchester United untuk membenahi lini tengahnya. Toni Kroos masuh sebagai bagian dari incaran dan hal ini juga telah dikonfirmasi oleh sang pemain itu sendiri.

David Moyes selaku pelatih saat itu sudah menemukan kata sepakat agar Kroos berpindah dari Bayern Munchen ke Manchester United. Akhirnya kesepakatan batal selepas Setan Merah menendang pelatihnya.

Gelandang Tengah: N'Golo Kante

Sebelum jadi andalan utama Chelsea, N'Golo Kante lebih dulu gabung Leicester City pada Liga Inggris 2015-2016. Bersama Claudio Ranieri, performa bahkan kian gemilang setelah The Blues juga sukses raih juara.

Kala masih bersama The Foxes, Mourinho sejatinya pernah memancing agar Kante mau berkunjung ke Old Trafford untuk beberapa saat. Negosiasi batal setelah bintang asal Prancis ini punya hubungan bagus dengan Antonio Conte.

Sayap Kanan: Sadio Mane

Tak cuma Henderson, Manchester United sejatinya mampu dapatkan jasa sekaliber Sadio Mane untuk perkuat lini serang di Liga Inggris. Hal ini bermula saat kariernya cukup gemilang di Southampton.

Louis Van Gaal selaku pelatih Manchester United saat itu tengah melakukan perbincangan agar bintang Senegal mau masuk skuatnya. Hanya saja rupanya Mane berpaling ke Liverpool setelah Jurgen Klopp sukses memikat hatinya.

Striker: Robert Lewandowski

Robert Lewandowski nyaris gabung Blackburn Rovers dan sejatinya bisa saja merumput di Manchester United. Kemungkinan ini muncul setelah striker Polandia ini mampu menangkan Borussia Dortmund satu gelar dan dua trofi domestik.

Pemain yang saat ini jadi andalan Bayern Munchen tersebut pun mengakui Ferguson pernah mengajaknya gabung Manchester United. Akan tetapi sayangnya Lewandowski mengurungkan niat untuk gabung karena merasa terlalu tua.

Sayap Kiri: Eden Hazard

Musim panas 2012 silam, Eden Hazard jadi salah satu pemain paling berbakat yang jadi incaran banyak klub besar seantero Eropa. Sebelum akhirnya gabung Chelsea, ia dapat banyak tawaran dari klub lain.

Mengingat saat itu masih ada Ferguson, Hazard hampir saja berminat untuk gabung Manchester United. Sayangnya ia mulai menimbang-nimbang lebarkan sayap bersama The Blues karena bicara dengan Roman Abramovich.

Manchester UnitedLiverpoolEden HazardSergio RamosSir Alex FergusonToni KroosManuel NeuerOle Gunnar SolskjaerRaphael VaraneRobert LewandowskiJordan HendersonSadio ManeN'Golo KanteLiga InggrisSepak Bola

Berita Terkini