x

Profil Cordoba CF, Klub Liga Spanyol Perdana Bagi Karier Darren Sidoel

Sabtu, 18 Juli 2020 15:53 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Melongok profil Cordoba CF, klub Liga Spanyol perdana bagi perjalanan karier pemain Belanda keturunan Indonesia Darren Sidoel.

INDOSPORT.COM - Melongok profil Cordoba CF, klub Liga Spanyol perdana bagi perjalanan karier pemain Belanda keturunan Indonesia Darren Sidoel.

Teka-teki masa depan Darrel Sidoel akhirnya terungkap ketika kompetisi sepak bola Eropa sedang masa bursa transfer untuk musim 2020-21.

Pemain berposisi bek tengah itu resmi bergabung ke klub Segunda Division B Grup 4 (Liga 3 Spanyol), yakni Cordoba CF, Jumat (17/07/20).

Bahkan Cordoba CF langsung mengumumkan bek berusia 22 tahun itu lewat unggahan foto disertai caption di akun media sosial Instagram resmi klub.

"Cordoba CF telah mencapai kesepakatan dengan pemain Darren Sidoel (@darren.sidoel) untuk bergabung dengan tim," papar manajemen klub.

Baca Juga
Baca Juga

Lebih lanjut klub yang sempat dilatih oleh Rafael Berges Marin (juru taktik Badak Lampung FC) itu menjelaskan durasi kontrak Darren Sidoel.

"Bek tengah ini menandatangani kontrak hingga akhir musim, dengan satu tahun lagi opsi perpanjangan kontrak," sambung klub berjuluk Los Califas.

Diakhir pengumumannya, Cordoba CF juga tak lupa melontarkan pujian dengan menyebut jebolan akademi Ajax Amsterdam itu sebagai pemain yang mumpuni.

Cordoba CF menjadi klub ketiga di level senior dan perdana berlaga di Liga Spanyol bagi perjalanan kiprah Darren Sidoel secara profesional.

Sedangkan ada dua klub lain, yaitu FC Arda Kardzhali (Bulgaria) dan KDV Roeselare (Belgia) pernah memakai jasa bek jebolan Reading U-23 (Inggris) itu di kancah senior.

Baca Juga
Baca Juga

Terlepas dari hal tersebut ada fakta menarik yang kemungkinan luput dari pantauan para penggemar sepak bola nasional akan Cordoba CF.

Maka dari itu tak ada salahnya untuk mengetahui profil singkat dari Cordoba CF yang nantinya akan membuat Darren Sidoel bersinar di musim depan.

Sejarah Cordoba CF

Awal mula tim ini berdiri pada 1951 silam dengan nama lengkap Club Deportivo San Alvaro. Klub tersebut bermarkas di kawasan Cordoba (otonom Andalusia).

Musim perdana berkancah di pentas domestik terjadi ketika Club Deportivo San Alvaro berlaga di Liga 3 Spanyol 1953-54 dan finish di posisi empat.

Lalu pada musim depan, tim tersebut diakuisisi oleh Cordoba CF dan tetap mentas di Segunda Division B Spanyol dan mengusung semangat baru.


1. Profil Cordoba CF

Melongok profil Cordoba CF, klub Liga Spanyol perdana bagi perjalanan karier pemain Belanda keturunan Indonesia Darren Sidoel.

Sekadar tambahan Cordoba CF mendirikan klub tadi lantaran pendahulu mereka RCD Cordoba dibubarkan karena banyak hutang dan dinyatakan bangkrut.

Klub yang berdiri sejak 6 Agustus 1954 itu perlahan tapi pasti naik kasta ke Liga 2 Spanyol 1956/57 dan kembali promosi pada musim kelima.

Inilah momen pertama kali Cordoba CF berlaga di LaLiga Spanyol 1962-63. Akan tetapi mereka cuma bertahan selama tujuh musim saja sebelum akhirnya degradasi.

Mampu bangkit lagi naik ke kasta tertinggi pada 1971/72 tetapi pada musim tersebut juga cuma bisa finis di posisi 17 alias kembali degradasi.

Prestasi paling pelik terjadi pada edisi 1984/85 dimana Cordoba CF turun hingga kasta keempat. Namun beruntung bisa kembali promosi semusim berselang.

Baca Juga
Baca Juga

Terakhir kali Cordoba CF mentas di LaLiga Spanyol terjadi pada 2014-15. Namun sayang mereka kembali turun kasta karena tak berdaya melawan tim lain.

Secara total, Cordoba CF main sembilan musim di LaLiga Spanyol, 31 musim di Segunda Division, 21 musim di Segunda Division B, dan empat musim di Tercera Divison.

Bicara Copa del Rey, klub yang mengontrak Darren Sidoel itu pernah tembus ke semifinal 1966-67. Namun takluk 0-3 dari Athletic Bilbao (total dua leg).

Prestasi Cordoba CF

Sejauh ini, klub berjuluk Los Blanquiverdes itu pernah menjuarai Segunda Division 1961-62, Segunda Division B 1994/95, 1996/97, dan Tercera Division 1955/56.

Jose Juncosa (Spanyol), Roque Olsen (Argentina), dan Luis Costa (Spanyol) adalah mantan pelatih yang sangat berjasa dalam mengantarkan Cordoba CF menjadi juara.

Baca Juga
Baca Juga

Sekadar informasi tambahan kalau Cordoba CF saat ini dipimpin oleh Abdulla Al-Zain (Presiden). Lalu Juan Sabas dipercaya menjadi kepala pelatih.

Klub yang kini sudah berusia 65 tahun itu bermarkas di Neuvo Arcangel, Cordoba, Andalusia, Spanyol dengan kapasitas 25,800 kursi penonton.

Sehingga menarik bagaimana kiprah Darrel Sidoel bersama Cordoba CF pada musim depan. Diharapkan dirinya bisa menjadi pilihan utama dan meraih prestasi.

CordobaIn Depth SportsLiga SpanyolBakat Muda IndonesiaprofilDarren SidoelSepak BolaBerita Liga Spanyol

Berita Terkini