x

Jelang Piala FA, Ini 5 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Chelsea

Sabtu, 1 Agustus 2020 13:13 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Zulfikar Pamungkas
Pertandingan final Piala FA 2019/2020 hari ini Sabtu (01/08/20) malam WIB akan mempertemukan Arsenal dan Chelsea. Berikut 5 pemain yang pernah membela kedua tim

INDOSPORT.COM - Pertandingan Piala FA musim 2019/2020 hari ini Sabtu (01/08/20) malam WIB yang melangsungkan partai final antara Arsenal menghadapi Chelsea.

Bertanding di Wembley Stadium, baik Arsenal dan Chelsea sebagai finalis sama-sama belum meraih satu trofi pun di musim ini. Hal tersebut membuat keduanya saling memiliki ambisi untuk mendapatkan gelar dalam pertandingan final Piala FA.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu, pertandingan ini merupakan kali ketiga bagi Arsenal dan Chelsea berjumpa di partai final Piala FA. Dalam edisi final sebelumnya, The Blues belum sekalipun meraih kemenangan atas dari rival sekotanya tersebut.

Tentu banyak sekali pemain sepak bola yang ingin menjadi juara di kompetisi Piala FA bersama tim yang ia bela. Namun, tidak banyak juga pemain yang baru merasakan gelar bersama tim rivalnya. Hal ini tercermin dalam laga kali ini.

Berikut 5 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Chelsea:

1 . Ashley Cole

Ashley Cole adalah bek kiri terbaik Inggris pada masanya menjadi orang yang paling dibenci pendukung Arsenal ketika memutuskan untuk hengkang dan bergabung bersama Chelsea pada Agustus 2006 silam.

Cara Cole hengkang disinyalir menjadi alasan pria yang kini berusia 39 tahun tak pernah dimaafkan oleh fans Arsenal. Sebagai jebolan dari akademi The Gunners, tentu dirinya digadang-gadang akan menjadi legenda klub London Utara tersebut.

Terlebih dirinya telah sukses mempersembahkan dua gelar juara Liga Inggris dan tiga trofi Piala FA bagi Meriam London tersebut. Namun, pendekatan ilegal yang dilakukan Chelsea ketika itu yang baru diakuisisi Roman Abramovich membuatnya hijrah ke London Barat.

Baca Juga
Baca Juga

2. Nicolas Anelka

Nicolas Anelka didatangkan Arsenal dari Paris Saint-Germain (PSG) pada Februari 1997, atau ketika usianya belum genap 18 tahun. Meski didatangkan dalam usia muda, penyerang berpaspor Prancis itu langsung beradaptasi dengan gaya sepakbola Inggris.

Selama membela Arsenal, Anelka mengemas 26 gol dari 76 penampilan. Dalam periode itu, ia pun mempersembahkan masing-masing satu trofi Liga Inggris (1997-1998), Piala FA (1997-1998) dan Community Shield kepada Arsenal.

Sementara itu, setelah berpetualang ke beberapa klub, Anelka bergabung dengan Chelsea pada musim dingin 2008. Setelah empat tahun membela Chelsea (2008-2012), Anelka mencetak 59 gol dari 184 penampilan. Ia memberikan empat trofi bagi Chelsea, salah satunya ialah gelar Liga Inggris 2009-2010.


1. 3. Emmanuel Petit

Jelang Piala FA, Ini 5 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Chelsea

Emmanuel Petit menjalani musim-musim (1997-2000) indah bersama Arsenal. Gelandang berpaspor Prancis itu mentas di 104 laga dengan raihan sembilan gol dan 14 assist. Mantan pesepakbola yang identik dengan rambut panjangnya itu memberikan empat trofi bagi Arsenal, termasuk gelar Liga Inggris 1997-1998.

Pada musim panas 2000, Petit memutuskan hengkang ke Barcelona. Namun, ia hanya satu musim membela Barcelona dan kemudian bergabung dengan Chelsea. Bersama Chelsea dalam periode 2001-2004, Petit mentas di 69 penampilan dengan koleksi dua gol dan tujuh assist. Namun sayang, ia gagal meraih trofi juara bersama Chelsea.

4. Cesc Fabregas

Cesc Fabregas didatangkan Arsenal pada musim panas 2003 dari akademi Barcelona. Bisa dibilang Arsenal merupakan sekolah yang sebenarnya bagi Fabregas. Gelandang berpaspor Spanyol itu tumbuh menjadi salah satu pemain terbaik dunia berkat tempaan Arsene Wenger.

Selama membela Arsenal dalam kurun 2003-2011, Fabregas tampil di 303 pertandingan dengan raihan 58 gol dan 91 assist. Akan tetapi selama membela Arsenal itu, Fabregas gagal meraih trofi utama seperti Liga Inggris dan Liga Champions. Demi meraih trofi bergengsi, Fabregas memutuskan hengkang ke Barcelona pada musim panas 2011.

Selama tiga musim membela Barcelona (2011-2014), Fabregas meraih enam trofi, termasuk satu gelar Liga Spanyol 2012-2013. Singkat kata pada musim panas 2014, Fabregas hengkang ke Chelsea. Saat ini, dirinya hengkang dari Chelsea dan membela AS Monaco.

5. Olivier Giroud

Olivier Giroud membuat fans Arsenal sakit hati karena memutuskan hengkang dan pindah ke Chelsea yang notabane klub rival mereka di Liga Inggris. pemain Timnas Prancis itu didaratkan ke Stamford Bridge dengan harga 18 juta poundsterling atau sekitar 346 miliar rupiah.

Selain tidak dipakainya lagi jasa dari Giroud, keputusannya hengkang saat itu karena Arsenal kedatangan pemain baru yakni Pierre-Emerick Aubameyang yang akhirnya membuat dirinya kiat tersingkir dari skema permainan Arsene Wenger.

Selama berkarier di Arsenal, Olivier Giroud berhasil mencetak 105 gol dalam 253 pertandingan dan berhasil memenangkan tiga gelar juara Piala FA. Dalam laga final yang akan di langsungkan pada malam hari nanti akan membuat pembuktian baru bahwa dirinya masih memiliki kualitas baik di lini depan.

ChelseaArsenalCesc FabregasAshley ColeOlivier GiroudNicolas AnelkaPiala FAEmmanuel PetitLiga Inggris

Berita Terkini

Berita Terpopuler