x

Termasuk Eks Borneo FC, Berikut 5 Transfer Teraneh Sepanjang Sejarah Real Madrid

Sabtu, 1 Agustus 2020 17:34 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Termasuk eks Borneo FC, berikut deretan pemain yang masuk dalam status transfer teraneh sepanjang sejarah Real Madrid.

INDOSPORT.COM – Sebagai salah satu tim besar Eropa, Real Madrid dikenal dengan prestasinya dan kekayaannya sebagai sebuah klub. Telah banyak pemain bintang dengan harga selangit yang diboyong oleh Los Blancos.

Tentu pecinta sepak bola ingat betul dengan proyek Los Galacticos pertama Real Madrid. Hal tersebut terjadi di awal tahun 2000-an. Saat itu, Los Blancos dipimpin oleh Florentino Perez.

Saat itu, Real Madrid mampu menggebrak pasar pemain dengan memboyong bintang-bintang ternama. Sebut saja David Beckham, Luis Figo, Zinedine Zidane, Ronaldo dan pemain lainnya. Bahkan, demi mengumpulkan para pemain bintang, El Real tak segan-segan memecahkan rekor transfer.

Baca Juga
Baca Juga

Selepas kepergian Florentino Perez, Real Madrid pun tak kembali jor-joran dalam bursa transfer sebelum pria berusia 73 tahun tersebut kembali lagi memegang jabatan presiden dan menjalankan proyek Los Galacticos jilid dua.

Tak terhitung berapa triliun uang yang telah dikeluarkan Real Madrid demi mendatangkan pemain-pemain bernama besar. Namun, kendati banyak didatangi puluhan pemain bintang, Los Blancos nyatanya pernah melakukan blunder-blunder fatal saat membawa pemain ke Santiago Bernabeu.

Berikut deretan pemain yang berstatus transfer teraneh sepanjang sejarah Real Madrid di bursa transfer.

Baca Juga
Baca Juga

1. Julien Faubert (Pinjaman)

Pada awal musim 2008/09, Real Madrid mendatangkan pemain asal Belanda pada sosok Klaas-Jan Hunterlaar dan Rafael van der Vaart. Keduanya terbilang pembelian yang tak buruk mengingat kontribusinya saat itu.

Namun di pertengahan musim, El Real mendatangkan Julien Faubert dengan status pinjaman dari West Ham United. Transfer ini terbilang aneh mengingat saat itu eks pemain Borneo FC ini tak memiliki nama besar di kancah sepak bola.

Bahkan transfer ini sendiri membuat kaget agen sang pemain, Yvan Le Mee dan Faubert sendiri yang menyangka ketertarikan Real Madrid sebagai candaan belaka.

Keanehan pun mulai muncul pasca Faubert datang. Ia hanya tampil sebanyak dua kali dan sikapnya terbilang buruk baik di dalam dan di luar lapangan.


1. 2. Thomas Gravesen

Royston Drenthe ketika membela Real Madrid

Usai menjual Claude Makelele ke Chelsea, Real Madrid membutuhkan sosok gelandang bertahan anyar. Alhasil di pertengahan musim 2004/05, El Real mendatangkan Thomas Gravesen dari Everton.

Real Madrid mendatangkan Gravesen bukan tanpa sebab. Pasalnya pria asal Denmark ini mampu membawa Everton finis di empat besar Liga Inggris. Namun, performa apik di Inggris tak mampu dibawanya ke Spanyol.

Gravesen hanya bertahan selama 18 bulan saja di Real Madrid dan hanya tampil sebanyak 51 kali tanpa memberikan satu gelarpun ke Los Blancos.

3. Elvir Baljic

Jika menyebut nama Elvir Baljic, tak banyak penggemar Real Madrid yang mengingatnya. Namun pemain berkebangsaan Bosnia ini pernah membuat El Real mengeluarkan mahar besar hingga 21 juta euro.

Kembali ke tahun 1999, sepak bola Eropa dikejutkan dengan magis yang ditampilkan Baljic kala membela Fenerbahce. Kehebatan tersebut membuat Real Madrid memboyongnya pada bursa transfer musim panas dengan harga fantastis kala itu yakni 21 juta euro.

Namun kedatangannya ke Real Madrid dibarengi cedera parah pada ligamennya. Alhasil mahar besar tersebut menguap begitu saja karena ia hanya tampil sebanyak 19 kali saja di mana tiga di antaranya tampil sebagai starter.

4. Jonathan Woodgate

Musim 2004/05 menjadi musim yang benar-benar ingin dilupakan pendukung Real Madrid. Pada musim tersebut, El Real banyak melakukan blunder dalam membeli pemain.

Pada musim tersebut, Real Madrid membuat gebrakan dengan memboyong Jonathan Woodgate berbarengan dengan Walter Samuel dan Michael Owen. Sejatinya pria asal Inggris tersebut merupakan pemain hebat kala itu, terutama di area pertahanan.

Namun Woodgate terkenal sebagai pemain yang rentan cedera. Alhasil ia banyak menepi dan jarang tampil kendati didatangkan dengan harga lumayan mahal kala itu, yakni 12 juta euro.

5. Royston Drenthe

Nama Royston Drenthe menjadi salah satu pemain dari beberapa pemain Belanda yang didatangkan Real Madrid pada rentang waktu 2006 hingga 2009.

Saat itu, Drenthe merupakan salah satu pemain yang tampil impresif pada pagelaran Euro U-21 di tahun 2007. Namun penampilan impresif tersebut tak dibarengi dengan catatan apik di level tim. Ia hanya mampu tampil 36 kali bersama Feyenoord dan hanya mencetak satu gol dan dua assist.

Kendati demikian, Real Madrid tetap memboyongnya bersamaan dengan Wesley Sneijder dan Arjen Robben. Sejatinya, transfernya terbilang aneh. Apalagi catatan Drenthe tak begitu apik. Namun dengan mahar 13 juta euro, El Real tetap ngotot membawanya. Hasilnya? Ia tampil buruk kendati tampil sebanyak 65 kali bagi Los Blancos.

Bahkan saking buruknya, Real Madrid rela melepasnya secara cuma-cuma sehingga membuat Drenthe berstatus tanpa klub pada tahun 2012 silam.

Bursa TransferReal MadridLaLiga SpanyolFlorentino PerezJonathan WoodgateThomas GravesenJulien FaubertLiga SpanyolSepak BolaBerita Liga SpanyolTransfer Pemain

Berita Terkini