x

Semifinal Sempurna Liga Europa, Ketika Para Mantan Juara Bernafsu Berebut Trofi

Rabu, 12 Agustus 2020 13:40 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Babak semifinal Liga Europa 2019-2020 terasa sangat spesial, sebab keempat tim pesertanya memiliki sejarah gemilang di turnamen ini.

INDOSPORT.COM - Babak semifinal Liga Europa 2019-2020 terasa sangat spesial, sebab keempat tim pesertanya yakni Man United, Inter Milan, Sevilla, dan Shakhtar Donetsk, memiliki sejarah gemilang di turnamen ini. 

Babak perempaftinal Liga Europa 2019-2020 telah usai digelar. Sebanyak empat tim telah dinyatakan lolos ke semifinal dalam babak gugur sistem home tournament di Jerman. 

Keempat tim sudah memastikan tiket ke semifinal Liga Europa adalah Inter Milan, Manchester United, Shakhtar Donetsk, dan Sevilla. Sebelumnya, Inter Milan dan Manchester United lebih dulu mengunci tempat di semifinal. 

Baca Juga
Baca Juga

Inter Milan sukses mengalahkan Bayer Leverkusen 2-1 berkat gol Nicolo Barella dan Romelu Lukaku yang hanya mampu dibalas Kai Havertz. Sementara Manchester United berhasil menyingkirkan wakil Denmark, yaitu Copenhagen, dengan susah payah. Skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer menang 1-0 lewat extratime.

Dua tim lain menyusul Inter Milan dan Manchester United. Tempat ketiga diraih oleh Shakhtar Donetsk yang berhasil membantai Basel dengan skor 4-1.

Di tempat lain, Sevilla bersusah payah untuk lolos ke semifinal Liga Europa. Wakil Spanyol itu menang tipis 1-0 atas Wolves berkat gol Lucas Ocampos pada menit-menit akhir. 

Di babak semifinal nanti, Inter Milan akan menghadapi lawan tangguh Shakhtar Donetsk yang bermain apik di turnamen Liga Europa. Sedangkan Manchester United harus menghadapi Sevilla.

Baca Juga
Baca Juga

Melihat bagan tersebut, Inter Milan dan Manchester United menjadi dua tim terkuat yang diprediksi bakal melaju ke babak final Liga Europa. Namun, melihat komposisi yang ada sekarang, seperti keseruan Liga Europa musim ini akan melebihi ekspektasi. 


1. Duel Para Mantan Juara

Senifinal Ideal Liga Europa, Ketika Para Mantan Juara Bernafsu Berebut Trofi.

Berbeda dengan Liga Champions yang berpotensi menghadirkan juara baru, Liga Europa kali ini diisi oleh tim-tim mantan juara alias yang pernah memegang titel Liga Europa. Semua peserta semifinal Liga Europa 2019-2020 merupakan tim-tim mantan juara. 

Sevilla dan Inter Milan menjadi yang paling fantastis. Sevilla adalah tim tersukses di ajang ini dengan raihan lima gelar. 

Sebanyak lima gelar tersebut diperoleh Sevilla pada musim 2005–06, 2006–07, 2013–14, 2014–15, 2015–16. Sementara Inter Milan merengkuh trofi yang dulunya bernama Piala UEFA ini sebanyak tiga kali, yakni pada 1990–91, 1993–94, 1997–98.

Sedangkan Manchester United dan Shakhtar Donetsk masing-masing memperoleh satu gelar di lemari trofi mereka. Man United meraihnya pada musim 2016-2017 kala masih dilatih Jose Mourinhoe dengan menumbangkan Ajax Amsterdam di final. 

Sementara Shakhtar Donetsk meraih gelar semata wayangnya di ajang Liga Europa/Piala UEFA itu pada musim 2008-2009. Maka dari itu, edisi kali ini pun terasa sangat spesial. 

Apalagi jika final nanti mempertemukan Inter Milan vs Sevilla, yang merupakan dua tim tersukses di turnamen ini. Meski kalah gelar Liga Champions dari AC Milan, Inter adalah merupakan wakil Italia paling sukses di Liga Europa (3) diikuti oleh Juventus (2), dan Parma (2).

Man United dan Shakhtar tentunya juga tidak mau kalah. Jika berhasil juara, maka ini jadi gelar kedua bagi Manchester United dan juga Shakhtar Donetsk. Maka dari itu, kita tunggu sama-sama keseruan Liga Europa musim ini yang digelar dengan sistem home tournament. 

Manchester UnitedLiga EuropaInter MilanSevillaBerita Liga Europa

Berita Terkini