x

Lionel Messi vs Robert Lewandowski, Komparasi Maha Dahsyat 2 Raja Gol Eropa

Jumat, 14 Agustus 2020 11:58 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Komparasi lengkap dua raja gol Eropa, Robert Lewandowski vs Lionel Messi, jelang pertemuan Bayern Munchen vs Barcelona di perempatfinal Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Komparasi lengkap dua raja gol Eropa, Robert Lewandowski vs Lionel Messi, jelang pertemuan Bayern Munchen vs Barcelona di perempatfinal Liga Champions 2019-2020. 

Duel akbar akan tersaji di perempatfinal Liga Champions 2019-2020 antara Bayern Munchen vs Barcelona di Stadion Da Luz, Portugal, Sabtu (15/08/20) pukul 02.00 WIB.

Pertemuan kedua tim menyedot perhatian tinggi lantaran keduanya memiliki nama besar di turnamen paling bergengsi di Eropa tersebut. Pertarungan para bintang juga dipastikan bakal tersaji. 

Baca Juga
Baca Juga

Salah satu yang ditunggu-tunggu tentu saja adalah penampilan dari mesin gol masing-masing tim, yakni Lionel Messi (Barcelona) dan Robert Lewandowski (Bayern Munchen). 

Dua pencetak gol ulung di generasi yang sama itu bakal head-to-head dalam laga sengit dini hari nanti. Sama-sama dijuluki Raja Gol Eropa, bagaimana membandingkan keduanya hingga mendapat yang terbaik?

Gol

Baik Lionel Messi dan Robert Lewandowski merupakan mesin gol mematikan di timnya masing-masing. Namun, hanya dengan Cristiano Ronaldo sosok Lionel Messi selama ini dibanding-bandingkan. 

Maklum, keduanya sering sekali bersaing dalam perebutan sepatu emas atau pun titel Raja Gol Eropa. Tepat di bawah kedua pemain tersebut, ada Robert Lewandowski yang jumlah torehan golnya juga tidak main-main.

Meski begitu, pencapaian gol semusim milikinya selama ini hanya bisa mendekati milik Messi. Namun, musim ini berbeda. Robert Lewandowski menunjukkan penampilan impresifnya dengan mampu mencetak lebih dari 50 gol di seluruh kompetisi melewati Messi maupun Ronaldo.

Di ajang Bundesliga ia menjadi top skor dengan catatan 34 gol dari 31 pertandingan. Jumlah ini adalah yang terbesar setelah era Gerd Muller pada tahun 60-an dan 70-an. 

Lewandowski resmi mencatatkan rekor sebagai pemain non-Jerman dengan jumlah gol terbanyak semusim di Bundesliga. Ia juga masuk ke peringkat ketiga pemain dengan jumlah gol terbanyak di Bundesliga Jerman. 

Di sisi lain, penurunan jumlah gol terjadi pada diri Lionel Messi. Meski mengklaim sebagai top skor LaLiga Spanyol, namun raihan keseluruhan gol Messi tahun ini "hanya" 31 gol menurun 20 gol dari musim lalu (51 gol). 

Jumlah ini tetaplah impresif. Namun, bagi ukuran Lionel Messi yang biasa mencetak 45-50 gol lebih dalam semusim, ini sebuah penurunan. Bahkan menjadi yang terendah baginya dalam 10 tahun terakhir. 

Dengan melibatkan seluruh kompetisi termasuk Liga Champions dan piala domestik, maka makin jelaslah dominasi Lewandowski atas Messi musim ini. 

Kapten Timnas Polandia itu musim ini total mencetak 53 gol dalam 44 pertandingan. Jika dikonversi, Lewandowski mencetak gol tiap 73 menit. 

Lewandowski saat ini telah menggenggam top skor Bundesliga kelimanya dan tengah memimpin perolehan top skor Liga Champions 2019-2020 dengan 13 gol hanya dari tujuh penampilan. 

Baca Juga
Baca Juga

Sementara Messi, dari 31 golnya dalam 43 pertandingan di seluruh kompetisi, hanya mencetak satu gol tiap 120 menit. Dengan kata lain, secara statistik, Lewandowski unggul 1.6 gol dari Messi musim ini. Tak cuma itu, gol Lewandowski juga memenangkan timnya 16 kali, unggul dari Messi sebanyak 11 kali. 


1. Bagaimana Mereka Mencetak Gol?

Komparasi lengkap lengkap dua raja gol Eropa, Robert Lewandowski vs Lionel Messi, jelang pertemuan Bayern Munchen vs Barcelona di perempatfinal Liga Champions.

Dari jumlah golnya yang besar, Lewandowski juga telah membuktikan dirinya lebih klinis dalam dua tahun terakhir ini. Di Bundesliga musim ini, dia melakukan 140 tembakan, yang berarti dia mengalahkan penjaga gawang rata-rata setiap 4,1 percobaan. 

Sementara rival utamanya musim ini, Lionel Messi, melakukan 115 tembakan di LaLiga yang artinya dia mencetak rata-rata gol setiap 4,6 percobaan. 

Tidak mengherankan, kedua pemain tersebut mencetak sebagian besar gol mereka menggunakan kaki yang lebih kuat, tetapi Lewandowski yang berusia 31 tahun membuktikan bahwa ia jauh lebih fleksibel dalam hal menempatkan bola ke gawang. 

Pemain nomor 9 bayern itu mencetak 36 dari 53 golnya menggunakan kaki kanan favoritnya (68%), sementara Messi mencetak 28 dari 31 golnya menggunakan kaki kiri (90%). Lewandowski mendapatkan 12 gol dari sundulan dan sisahnya dari kaki lemahnya, kanan (9 persen). 

Messi dengan tinggi badannya yang jauh di bawah Robert Lewandowski belum mencetak satu pun gol dari sundulan sepanjang musim ini.

Sementara itu, baik Messi maupun Lewandowski adalah pengambil pengeksekusi penalti masing-masing tim. Keduanya mempertahankan rekor 100 persen dari jarak 12 pas, di mana 7/7 untuk Lewandowski dan 5/5 untuk Messi.

Messi Unggul Assist

Kedua pemain mahir menyelesaikan peluang mereka sendiri, tetapi bagaimana dalam memberi assist? Di sinilah Messi unggul dengan memberikan 25 assist dalam 43 penampilannya. Dari jumlah tersebut, 21 di antaranya di La Liga, sementara tiga di Eropa dan satu di piala.

Posisi kedua pemain yang cenderung berbeda juga memengaruhi hal ini. Seperti diketahui, Messi tidak bermain sebagai striker tengah saja, ia juga biasa beroperasi sebagai second striker sampai penyerang sayap.

Sementara Lewandowski memiliki posisi asli sebagai striker tengah yang tugasnya hanya mencetak gol. Ia berada di tempat yang tepat di waktu yang tepat untuk memberikan sentuhan yang menentukan untuk menjadi gol. 

Oleh karena itu, tidak mengherankan ia mengoleksi sedikit assist, dengan hanya delapan assist yang tersebar merata di Bundesliga dan Liga Champions.

Angka-angka ini juga mencerminkan cara pasangan tersebut mengubah gaya permainan mereka musim ini. Gol Lewandowski meningkat tetapi assistnya berkurang dibanding pada 2018/19 karena musim ini ada Hansi Flick sebagai assister. 

Lewandowski lebih sering berkutat di kotak penalti, sementara Lionel Messi lebih sering beroperasi di area sekitar kotak penalti sebelah kanan. 

Jumlah gol Messi menurun, tetapi assist meningkat dibanding musim lalu. Messi juga adalah pengambil tendangan bebas dan pojok untuk timnya, sesuatu yang tak dilakukan oleh Robert Lewandowski. 

Baik Lionel Messi maupun Robert Lewandowski sama-sama memiliki insting berbahaya dalam mencetak gol. Musim ini Robert Lewandowski unggul jauh dalam perolehan gol. 

Gaya bermain Lionel Messi yang lebih sebagai assister turut berkontribusi terhadap hal tersebut. Satu hal yang jelas, pertandingan antara Bayern Munchen vs Barcelona di Liga Champions bisa sangat ditentukan oleh kedua pemain tersebut. 

BarcelonaLionel MessiLiga ChampionsBayern MunchenRobert LewandowskiBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini